--> Skip to main content

Bagaimana Cara Mengatasi Pipa Paralon Mampet dan Tersumbat di Rumah

Bagaimana cara mengatasi pipa paralon macetMeskipun rumah menjadi keinginan setiap orang untuk memilikinya, namun terkadang orang yang sudah punya rumah malah dibuat jengkel. Masalah yang seringkali timbul di rumah dan jarang sekali orang memperkirakan adalah saluran pipa mampet sehingga air tidak dapat mengalir sebagaimana mestinya. Kalau air bersih yang mampet mungkin tidak begitu mengganggu keseharian, tapi kalau saluran pembuangan dari dapur apalagi dari kamar mandi dipastikan akan sangat mengganggu karena aroma yang dihasilkan sangat bau. 

Saluran pipa yang macet atau mampet sekarang agak sulit diatasi sebab rata-rata bangunan menggunakan bangunan permanen. Sehingga kadang orang tanpa pikir panjang langsung membongkar saluran air yang ada di dalam rumah dan mengganti paralon. Padahal beberapa cara yang lebih mudah dan praktis untuk mengatasi pipa paralon yang macet bisa digunakan.

Namun sebelum itu ada baiknya tahu penyebab pipa paralon bisa tersumbat dan menyebabkan mampet.

Penyebab Saluran Air Tersumbat

1. Sampah
Sampah saja bisa menyumbat sungai yang secara fisik dapat terlihat dari luar apalagi untuk paralon yang letaknya di dalam pasti dapat dengan mudah menyumbat saluran pipa paralon. Sampah bisa dari sisa makanan yang dibuang sembarangan dan masuk ke dalam saluran air atau pun dari pembuangan barang yang tidak sengaja masuk ke dalam toilet seperti tisu dan plastik.

2. Endapan Sabun
Sabun sebenarnya tersusun dari senyawa basa yang dapat dengan mudah bergabung dengan senyawa lain yang ada di dalam air. Akibatnya sabun yang tadinya lunak dapat mengendap dan menempel di dalam saluran pipa dan semakin lama endapan semakin banyak dan akhirnya menyumbat saluran.

3. Endapan Lumpur dan Kotoran
Tidak dapat dipungkiri di dalam air yang kelihatan bersih dan jernih sekalipun ternyata jika dilihat menggunakan mikroskop bisa terlihat masih ada partikel-partikel kecil. Jika dalam waktu sekian hari, partikel tersebut tidak mempengaruhi kecepatan air di dalam saluran air, tapi lama kelamaan partikel tersebut bisa menempel dan bergabung dan dapat menjadi endapan yang bisa menghambat bahkan menyumbat saluran air.

Cara Mengatasi Pipa Paralon Mampet dan Tersumbat di Rumah

1. Gunakan Tali
Cara ini biasa digunakan untuk membuka saluran air yang ada dikolam yang mampet tapi setelah diaplikasikan pada saluran air di rumah yang mampet ternyata bisa juga. Caranya dengan membuat gulungan dengan plastik dengan ukuran yang tidak lebih besar dari diameter paralon. Karena paralon rumah rata-rata 3.5 inchi, berarti cukup membuat gulungan yang kecil saja. Kemudian ikatkan gulungan dengan tali yang kira-kira panjangnya bisa sampai ke ujung paralon. Jika sudah lalu alirkan air pada paralon dan masukan tali, bagian gulungan plastik di paling akhir/ ujungnya. Biarkan air mengalir dan lihat tunggu tali keluar dari ujung paralon lalu ditarik.

Jika anda mau menggunakan cara ini, anda harus memperhatikan kualitas tali. Cara ini juga hanya bisa digunakan pada paralon yang masih bisa mengalirkan air. Pada pipa yang berkelak kelok pun tidak kami sarankan. Rekomendasi untuk pipa yang lurus.

2. Soda Api
Soda api atau dalam bahasa kimia biasa disebut dengan natrium hidroksida memiliki sifat korosif dan menghancurkan benda-benda yang ada didepannya terutama benda yang mudah terurai. Soda api banyak dimanfaatkan untuk mengatasi saluran air yang mampet dan tersumbat.

  • Siapkan air panas, air panas akan digunakan agar reaksi soda api semakin baik.
  • Sebelum menuangkan soda api sebaiknya anda gunakan penutup muka atau dengan masker agar lebih aman karena sifatnya sedikit explosif jika terkena air.
  • Tuangkan soda api pada toren atau pangkal saluran air yang tersumbat
  • Setelah itu masukkan air panas secara perlahan, sedikit demi sedikit.
  • Gunakan cara ini beberapa kali hingga saluran air benar-benar lancara..

3. Pasir Kasar
Mungkin cara ini agak asing dan jarang didengar di telinga, namun ada juga yang sudah menggunakannya dan berhasil, apa salah kalau kami share. Gunakanlah pasir kasar. Matikan aliran air dari toren atau ujung saluran air lalu potong pipa setelah toren. Pada kran yang paling jauh misal di depan rumah, copot krannya untuk tempat keluarnya kotoran pipa. Masukkan pasir kasar bisa juga menggunakan pasir beton cukup 2 genggam saja. Lalu masukkan selang kompresor yang bertekanan tinggi dan tutup lubang dengan rapat. Selanjutnya buka aliran udara dari kompresor jika berhasil segala macam lumut dan kotoran yang menyumbat pipa akan hancur

Mungkin ini saja yang dapat kami bagikan cara mengatasi pipa yang mampet dan tersumbat di rumah. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar