--> Skip to main content

Rekomendasi Tanaman Hias Pembersih Udara Untuk Koleksi Taman Depan Rumah

Tanaman hias memiliki fungsi yang beraneka ragam, bukan hanya sebagai penghias taman depan rumah semata, namun banyak fungsi yang bisa diambil dari tanaman hias. Seperti yang akan kita bahas pada artikel kali ini yaitu Tanaman Hias Pembersih Udara. Kehadiran tanaman penghias di rumah anda bukan sekedar hiasan semata, namun sekaligus untuk membersihkan udara yang ada disekitar rumah anda. Apalagi bagi hunian yang ada diperkotaan, adanya tanaman dapat membantu menurunkan tingkat polusi udara.

Tanaman hias pembersih udara baik berupa tanaman hias bunga atau tanaman hias daun memiliki kegunaan yang sama untuk menyaring udara yang ada disekitarnya. Karena kita tahu, keberadaan oksigen bagi manusia sangat-sangatlah esensial dan penting bagi kelangsungan hidup manusia. Oksigen dapat terus ada di bumi karena salah satunya oleh respirasi tanaman. Seperti penelitian yang dilakukan oleh ALCA (Associated Landscape Contractors of America) dan NASA (National Aeronautics and Space Administration), mengungkapkan bahwa tanaman hias yang berada di dalam ruangan ternyata mampu membersihkan polutan dan gas berbahaya diantaranya xylene, benzena, formaldehida, nitrogen oksida dan gas lain yang berbahaya.

Tentu saja bagi yang hobi menanam tanaman hias akan memiliki banyak keuntungan, selain rumahnya menjadi cantik karena adanya tanaman, udara pun menjadi bersih. Apa saja tanaman hias pembersih udara yang terbukti mampu membuat udara menjadi bersih dan segar, yuk disimak ulasannya.

Rekomendasi Tanaman Hias Pembersih Udara

1. Bunga Krisan

bunga krisan tanaman hias pembersih udara
Source: Flickr.com
Tanaman hias pembersih udara pertama yang kami rekomendasikan adalah bunga krisan. Bunga ini populer juga dengan nama bunga seruni. Memiliki bentuk yang indah dan warna bunganya pun bervariasi. Selain itu, tanaman hias bunga ini memili aroma wangi. Bunga krisan terbukti mampu menyerap zat berbahaya yang ada di udara seperti benzena yang terdapat pada lem, plastik, cat dan deterjen.

2. Aloe Vera – Lidah Buaya

lidah buaya tanaman pembersih udara tercepat
Source: Flickriver.com
Lidah buaya biasanya difungsikan sebagai bahan untuk produk kecantikan alami seperti untuk merawat rambut atau pun kulit. Ternyata pada saat masih hidup sebagai tanaman, lidah buaya atau aloe vera bisa menyerap polutan berbahaya di udara. Menurut penelitian, aloe vera bisa menyerap racun seperti benzena dan formalin. Sehingga udara akan bersih dengan kehadiran tanaman hias pembersih udara satu ini.

3. Florist’s Chrysanthemum (Chrysanthemum morifolium)

tanaman hias bunga pembersih udara Florist’s Chrysanthemum
Source: Flickriver.com
Jenis tanaman hias pembersih udara lainnya yaitu tanaman mum atau nama resminya adalah Chryanthemum Morifolium (Florist's Chrysanthemum). Tanaman ini tidak berbunga sepanjang waktu, atau tanaman hias bunga musiman. Memiliki bentuk yang sangat indah dan perpaduan warna yang mengagumkan. Jika sudah mekar, daya tahan bunganya sangat panjang, bisa lebih dari satu bulan lamanya. Meskipun tergolong tanaman hias luar ruangan, tapi tidak cocok jika terkena cahaya langsung. Zat-zat berbahaya yang bisa diserap Florist's Chrysanthemum adalah Xylene, Ammonia, Formaldehyda dan benzena.
Baca juga: Rekomendasi Tanaman Hias Daun

4. Sirih Gading

sirih gading tanaman hias bunga pembersih udara
Ternyata sirih gading berbeda dengan tanaman sirih yang biasa digunakan untuk pengobatan. Sirih gading tergolong tanaman hias daun, karena hal yang menonjol dari tanaman ini adalah daunnya yang lebar dan indah serta warna hijaunya yang terang. Nama lain dari sirih gading adalah Devil’s Ivy atau Golden Pothos. Dinamakan dengan sirih gading karena warnanya adalah warna gading. Karena tanaman ini memiliki batang yang tidak bisa tegak dan arah tumbuhnya lebih banyak ke samping daripada ke atas, sirih gading paling pas jika digantung. Jika diletakan di dalam ruangan juga akan semakin indah ruangan tersebut. Tanaman hias ini berfungsi juga sebagai tanaman hias pembersih udara.

5. Dragon Tree

Source: dillonsdragons.com
Namanya sangat keren dan kelihatannya sangat gagah. Dan memang tanaman hias pembersih udara ini pada ukuran besar memiliki bentuk yang sangat keren dan indah. Untuk pembibitan dragon tree bisa dilakukan di poliback. Dragon Tree adalah tanaman hias yang berbatang tinggi dan keras, sedangkan daunnya panjang dengan warna hijau. Kalau mau menanam dragon tree sebaiknya diluar rumah karena dapat tumbuh tinggi. Dragon tree terbukti dapat menyerap zat zat berbahaya di udara seperti residu pernis dan bensin.

6. Spider Plants

tanaman hias daun spider-plant untuk pembersih udara
source: gardeningknowhow.com
Kenapa jenis tanaman hias pembersih udara ini dinamakan dengan spider plants? Ternyata karena bentuk daunnya yang panjang panjang serta bergaris yang jika dilihat akan menyerupai sarang laba-laba. Spider Plants diketahui mampu membersihkan karbon monoksida dan nitrogen dioksida yang terdapat di dalam ruangan. Selain itu spider plants juga dapat membersihkan formalid, benzena dan zat lain yang terdapat di udara.

7. English Ivy (Hedera helix)

English Ivy adalah salah satu jenis tanaman hias gantung atau tanaman hias rambat. Tumbuh secara merambat secara cepat dan arahnya kemana-mana. Jika diletakan ditanah, tanaman ini akan dengan mudah merambat kemana-mana. Sehingga jika akan diletakan sebagai tanaman hias,sebaiknya diletakan secara vertikal atau digantung. Tanaman hias pembersih udara ini juga termasuk tanaman hias indoor atau dalam ruanga. English Ivy bisa membersihkan udara yang kotor pada suatu ruangan.

8. Peace Lily (Spathiphyllum)

peace-lily bunga lili putih tanaman hias bunga pembersih udara
source: mnn.com
Bunga Peace Lily atau Lili Perdamaian adalah tanaman hias bunga yang sangat indah dengan warnanya yang putih bresih. apalagi warna ini sangat kontras dengan warna daunnya yang hijau pekat. Peace Lily merupakan tanaman hias pembersih udara yang lebih menyerupai bunga tulip tapi ketika kuncup. Tanaman ini terbukti bisa menambah kualitas dan kuantitas oksigen di suatu ruangan.

9. Lidah mertua (Sansevieria trifasciata)

Mertua memang bermacam macam sifatnya, ada yang peduli dengan menantu ada yang cuek dengan menantu. Tapi ini bukan mertua beneran, tapi tanaman hias lidah mertua atau nama latinnya Sasevieria Trifasciata atau dalam bahasa inggris namanya Snake Plants or Mother of Law Tongue. Perawatan tanaman hias pembersih udara ini cukup mudah sebab bisa hidup dimana saja, walau ditempat gelap sekalipun.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar