--> Skip to main content

Ini Bahaya Makan Es Batu, Jangan Dilakukan Ya!!

Apa yang akan terjadi kalau es batu dikunyah lalu dimakan? Ini bahaya makan es batu yang perlu anda ketahui. Mungkin makan es batu menjadi sebuah hal yang dilakukan karena iseng atau karena diluar kesadaran. Namun adakalanya karena minuman sudah habis tinggal tersisa es batu di gelas, sehingga apa boleh buat karena masih terasa haus jadi sekalian saja es batunya di makan. Ternyata kebiasaan memakan es batu adalah suatu hal yang berbahaya dan jangan pernah lagi dilakukan ya.
ini bahaya makan mengunyah es batu
Apalagi pada suatu penelitian membuktikan kalau orang yang memakan sesuatu yang seharusnya tidak dimakan seperti es batu, itu berarti dia sedang mengidap yang disebut pica. Pica merupakan gejala atau tanda tersrang anemia. Berikut adalah bahaya makan es batu.

Bahaya Makan Es Batu, Hati Hati

1. Gigi Menjadi Rusak

Bahaya mengunyah es batu yang pertama tentu pada sesuatu yang langsung bersentuhan dengan es batu di mulut yaitu gigi. Bagi anda yang pernah merasakannya, gigi tersentuh oleh sesuatu yang dingin saja terasa ngilu apalagi kalau sambil digunakan untuk memotong dan mengunyah es batu yang dinginna amat sangat. Hal ini dapat dengan segera merusak lapisan enamel pada gigi. Dengan begitu, gigi akan lebih sensitif terhadap suhu dingin dan bisa mudah keropos..

2. Membuat Mual dan Diare

Ada kalanya es batu dibuat dengan cara yang tidak sehat. Beberapa pedagang nakal membuat es batu dengan air mentah, bukan air matang. Jika yang digunakan untuk membuat es batu adalah air mentah, tentu bakteri bakteri berbahaya menjadi tidak mati dan dapat terus berkembang biak. Apalagi kalau sampai termakan oleh manusia, bisa menjadi sangat berbahaya. Bakteri escheriacoli seringkali berada pada air yang tidak di masak dengan benar, kemungkinan ini akan terjadi pada es batu yang berasal dari air mentah. Hal ini bisa membuat anda diare dan mual serta mutah jika terinfeksi bakteri ecoli. 

3. Tubuh Kekurangan Nutrisi

Kalau anda hobi makan es batu, sebaiknya segera hentikan. Karena dapat memperbesar kemungkinan anda untuk berkurang nafsu makannya. Akibat nafsu makan berkurang, semakin lama tubuh juga akan kekurangan nutrisi sehingga tubuh menjadi tidak sehat.

4. Kekurangan Zat Besi

Bahaya makan es batu selanjutnya adalah bisa memicu kerungan zat besi. So, jangan pernah lakukan kebiasaan buruk ini ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar