--> Skip to main content

Jenis Sapi Asli Indonesia Tidak Kalah dengan Luar Negeri

Mungkin banyak yang belum tahu jenis sapi di Indonesia karena penyebaran sapi biasanya sesuai dengan daerahnya. Meskipun hanya dari lokal, namun sapi asal Indonesia tetap bisa bersaing dengan sapi sapi lain di dunia. Bagi anda yang berkecimpung di dunia peternakan dan penjualan binatang ternak seperti sapi, mengetahui segala semua jenis sapi pasti menjadi hal yang harus anda kuasai. Atau bagi anda yang akan membeli sapi untuk disembelih seperti ketika akan menjalankan ibadah kurban saat idul adha, menjadi penting mengetahui tentang sapi.
Indonesia sebagai negara pertanian sudah sejak lama memiliki sapi yang hidup di Indonesia. Meskipun begitu, banyak sapi dari luar Indonesia yang memiliki kualitas lebih baik karena bisa memiliki daging yang lebih banyak, tahan penyakit dan mudah digemukan. Berikut adalah beberapa jenis sapi yang ada di Indonesia.

Jenis Sapi di Indonesia dan Dunia

1. Sapi Aceh

Jenis sapi asal Indonesia salah satunya adalah sapi Aceh. Jika dibandingkan dengan sapi jawa maupu sapi madura, sapi aceh kurang begitu dikenal. Meskipun begitu, sapi aceh banyak keunggulannya seperti tahan dengan berbagai cuaca dan penyakit, tidak pilih pilih makanan meskipun dengan pakan yang kurang baik, serat daging yang bagus, padat dan halus dan reproduksi yang bagus.
jenis sapi asal Indonesia sapi Aceh

Ciri ciri sapi aceh seperti warna kulit dominan merah bata, terdapat punuk, tanduknya ke atas, telinganya tidak besar, agak runcing dan tidak jatuh, tingginya rata2 110 cm pada umur 3 tahun.

2. Sapi Jawa

jenis sapi di Indonesia sapi jawa

Jenis sapi jawa mungkin yang paling populer di Indonesia. Ciri sapi jawa paling bisa dikenal adalah warna kulitnya yang putih. Jika musim idul adha tiba, banyak sekali permintaan akan sapi jawa. Penyebutan lain untuk sapi jawa adalah sapi peranakan ongole.

3. Sapi Madura

Jenis sapi asal Indonesia selanjutnya adalah sapi madura. Sapi madura adalah sapi asli Indonesia. Sapi madura adalah hasil kawin silang antara banteng ddengan sapi zebu. Pendapat lainnya sebagai hasil persilangan antara bos sondaicus dengan sapi zebu.
gambar sapi madura sapi asli indonesia

Kalau anda pernah melihat karapan sapi, nah seperti itulah sapi madura. Ciri ciri sapi madura adalah warna kulitnya cokelat kemerahan, Disekitar kaki baik kaki depan ataupun kaki belakangnya maupun pada abdomen terdapat corak keputihan dibatasi oleh garis warna yang kurang jelas. Tanduknya lebih pendek dari sapi jenis lainnya serta pada bagian punuk agak tidak terlihat karena kecil.

4. Sapi Bali

sapi bali sapi asli Indonesia

Jenis sapi asli Indonesia terakhir yang kami infokan untuk anda adalah sapi bali. Sesuai namanya sapi bali berasal dari Bali. Sapi berasal dari banteng dengan sapi liar. Biasanya sapi bali digunakan untuk pertanian seperti untuk membajak sawah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar