--> Skip to main content

Cara Mempercepat Pelunasan KPR BTN Dengan Cepat Dan Mudah

Bagaimana cara mempercepat pelunasan KPR BTN? Untuk memiliki sebuah rumah anda tidak harus menabung bertahun-tahun dan terkumpul sekian rumah sehingga pas untuk bisa membeli rumah. KPR atau kredit pemilikan rumah yang ditawarkan oleh Bank adalah salah satu strategi untuk memiliki rumah bagi yang belum cukup uang untuk membeli secara kas. Setiap Bank menawarkan beberapa syarat dalam mengajukan KPR dan setelah deal atau jadi pihak Bank dan Peminjam akan melakukan akad.
Cara Mempercepat pelunasan KPR di BTN

Secara normal KPR akan lunas jika periode KPR tersebut terpenuhi. Misalkan KPR selama 15 tahun, maka selama 15 tahun tersebut peminjam akan membayar kepada Bank pemberi pinjaman KPR berupa bunga dan pokok utang. Salah satu Bank milik pemerintah yang sangat getol memberikan bantuan berupa Kredit Pemilikan Rumah kepada nasabahnya adalah BTN.
Baca juga: Panduan dan Cara Ikut Lelang Rumah di Bank BTN
BTN tidak hanya memudahkan nasabahnya untuk mendapatkan pinjaman dalam rangka pemilikan rumah namun juga kemudahan bagi siapa saja yang ingin melukan percepatan pelunasan KPR.

Biasanya yang terbayang ketika akan melakukan pelunasan KPR adalah jumlah antara pokok utang dengan bunga utang yang harus dibayar sampai dengan akhir dari masa KPR. Ternyata tidak begitu, tergantung dari sistem KPR yang kita pilih dan Bank yang kita pilih.

Bagi anda yang sedang memiliki KPR di BTN dan ingin mempercepat pelunasan KPR tidak perlu khawatir karena bunga yang bayarkan adalah bunga bulan tersebut dan dihitung secara harian bukan bunga sampai dengan akhir masa peminjaman.

Syarat Mempercepat Pelunasan KPR BTN

Sebelum anda melakukan pelunasan dipercepat KPR pada BTN ada baiknya anda memperhatikan perjanjian yang sudah anda lakukan dengan pihak BTN. Jika ternyata setelah anda membaca perjanjian tersebut tidak ada hal yang disalahi jika anda melakukan pelunasan anda lakukanlah pelunasan segera. Misalkan dalam perjanjian mensyaratkan pelunasan dapat dilakukan setelah 2 tahun masa KPR. Berarti setelah 2 tahun KPR anda sudah bisa melakukan pelunasan.

Apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk bisa melakukan pelunasan di KPR BTN dengan segera, berikut dokumen atau berkas yang harus anda miliki.

1. KTP asli peminjam
2. Buku Tabungan BTN
3. Materai 6000
4. ATM BTN

Cara melakukan Percepetan Pelunasan KPR BTN

Setelah anda mempersiapkan persyaratan diatas, anda langsung datang ke BTN tempat anda melakukan peminjaman atau bisa dilakukan di BTN lain. Ketika kami melakukan pelunasan, BTN tempat peminjaman berada di luar Jakarta dan kami melakukan pelunasan di kantor pusat BTN di Harmoni.

Anda akan diarahkan ke bagian Loan, disitu anda akan ditanya keperluan anda. Segera anda sampaikan tujuan anda yaitu untuk mempercepat pelunasan KPR BTN. Selanjutnya akan diminta menunjukan buku tabungan BTN dan KTP anda. Petugas Loan akan mengecek jumlah sisa pokok utang anda dan membuatkan kwitansi dan slip pelunasan KPR BTN. Selanjutnya anda akan diminta materai 6000. Jika tidak membawa, biasanya di bank sudah disediakan. 

Setelah petugas loan menyiapkan kwitansi pelunasan dan menempelkan materai 6000, anda diarahkan ke teller dengan membawa kwitansi untuk melakukan debet pelunasan. Petugas akan meminta buku tabungan BTN, kwitansi dan ATM BTN. Anda jangan sampai lupa password atau PIN ATM BTN anda.

Setelah dilakukan debet, kwitanasi akan dibubuhi stempel lunas dari BTN dan anda diminta untuk menandatangi kwitansi pada materai. Akhirnya KPR anda telah lunas dan anda bisa mengambil berkas/ sertifikat rumah di BTN tempat anda melakukan peminjaman minimal 3 hari setelah melakukan pelunasan.

Untuk diketahui, waktu pelunasan KPR BTN adalah pada tanggal 9 sampai dengan 25 setiap bulannya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar