--> Skip to main content

Pengumuman Penerimaan CPNS Kementerian Keuangan 2017 Tingkat Sarjana dan Diploma 3 Umum

Berita yang sudah ditunggu-ditunggu sebagian besar masyarakat Indonesia. Dibukanya lowongan penerimaan CPNS Sarjana dan Diploma Umum Kementerian Keuangan Tahun 2017 membuka peluang bagi siapapaun yang memenuhi syarat untuk dapat mengisi formasi yang tersedia. Jika dalam beberapa tahun terakhir, formasi Calon Pegawai Negeri Sipil yang terisi hanya berasal dari Lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN), di tahun 2017 ini Kementerian Keuangan membuka bagi lulusan tingkat Sarjana baik S1 atau S2 serta Diploma 3 untuk mengisi sejumlah lowongan formasi.
Pengumuman Penerimaan CPNS Kementerian Keuangan 2017

Tercatat ada 11 Unit Eselon I di Kementerian Keuangan yang membutuhkan sejumlah tenaga baru dari lowongan CPNS yang dibuka tahun anggaran 2017 ini. Unit tersebut adalah:
  1. Sekretariat Jenderal (Setjen)
  2. Inspektorat Jenderal (Itjen)
  3. Direktorat Jenderal Anggaran (DJA)
  4. Direktorat Jenderal Pajak (DJP)
  5. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC)
  6. Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB)
  7. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)
  8. Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK)
  9. Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR)
  10. Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK)
  11. Badan Kebijakan Fiskal (BKF)

Unit Eselon I Kementerian Keuangan ada yang hanya memiliki kantor pusat saja di Jakarta, ada juga yang memiliki kantor vertikal di seluruh Indonesia. Unit yang memiliki kantor vertikal seperti Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Sementara Setjen dan BPPK hanya ada di beberapa kota saja di daerah, dan mayoritas berada di Jakarta.

Syarat Untuk Mendaftar CPNS di Kementerian Keuangan Tahun 2017

Bagi anda yang berniat melamar menjadi CPNS di Kemenkeu, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi selain kesesuain dengan pendidikan yang tersedia dalam formasi yang dilamar. Syarat tersebut adalah:
  1. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan YME, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan NKRI
  2. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap disebabkan melakukan suatu tindak pidana kejahatan
  3. tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/ Polri, Pegawai BUMN/ BUMD atau tidak pernah diberhentikan karena pelanggaran/ hukuman bagi pegawai swasta
  4. tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS, Prajurit TNI, anggota Polri dan siswa sekolah kedinasan pemerintah
  5. tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis
  6. memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan
  7. sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar
  8. tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika, dan obat obatan terlarang atau sejenisnya
  9. bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh pemerintah
  10. Pelamar dari jenis formasi disabilitas, putra/ putri Papua dan Papua Barat dan umum merupakan lulusan Magister S2 dari perguruan tinggi terakreditasi A/ unggul dan Program studi terakreditasi A/ Unggul pada saat lulus dengan IPK minimal 3,00 (skala 4), Lulusan Sarjana S1 dari perguruan tinggi terakreditasi dengan IPK minimal 2,75 (skala 4), Diploma III dari perguruan tinggi terakreditasi dengan IPK minimal 2,75 (skala 4)
  11. Usia Per 1 September 2017 untuk Magister S2 minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun, Usia S1 minimal 18 dan maksimal 28 tahun, usia D III minimal 18 tahun dan maksimal 23 tahun.

Langkah-Langkah Pendaftaran CPNS Kementerian Keuangan


Informasi mengenai pembukaan lowongan CPNS dimulai sejak tanggal 5 sampai dengan 19 September 2017. 

Sedangkan pendaftaran dilakukan secara online dengan mengakses halaman http://sscn.bkn.go.id/ dimulai pada tanggal 11 September 2017 sampai dengan 25 September 2017 dengan menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang terdapat KTP (kartu tanda penduduk). Atau bisa menggunakan NIK yang terdapat pada Kartu Keluarga (KK) dan nomor KK/ NIK kepala keluarga.

Jika anda sudah mendapatkan notifikasi untuk aktivasi melalui email yang anda miliki dari portal pendaftaran CPNS Nasional, anda harus sesegara mungkin mengaktivasi dari email anda, kemudian melakukan pendaftaran lagi pada halaman: http://rekrutmen.kemenkeu.go.id minimal 24 jam setelah anda melakukan aktivasi. Pendaftaran di aplikasi pendaftaran CPNS Online Kemenkeu dilakukan pada tanggal 11 sampai dengan 25 September 2017

Saat anda mendaftar, baca baik baik petunjuk yang ada pada halaman pendaftaran dan jangan lupa untuk menyediakan file softcopy scan ijazah, scan transkrip nilai, scan ijazah SD, SMP/ SLTP, SMU/ SLTA atau surat akta kelahiran, fotokopi ktp ayah kandung. Khusus untuk pelamar dari Papua dan Papua Barat agar melampirkan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/ kepala desa.

Selanjutnya adalah pengambilan Tanda Peserta Ujian (TPU). Pengambilan TPU tidak bisa diwakilkan dan pelamar wajib membawa Ijazah Asli (bukan legalisir), Transkrip Nilai Asli, Ijazah SD, SMP/ SLTP, SMU/ SLTA Asli. dan bagi pelamar dari Papua dan Papua Barat wajib membawa surat keterangan Keturunan dari Papua yang diterbitkan oleh kelurahan.

Tanda Bukti Pendaftaran pada aplikasi pendaftaran CPNS Online Kementerian Keuangan dapat dicetak melalaui laman rekrutmen.kemenkeu.go.id

Tahapan Seleksi Penerimaan CPNS Kemenkeu

Agar anda lebih siap untuk mengikuti semua proses rekrutmen CPNS Kemenkeu 2017, sebaiknya cermati tahapan proses seleksi penerimaan CPNS Keuangan Keuangan berikuti ini.

Untuk Jenjang S1 dan S2, tahapannya adalah

  • Seleksi Administrasi
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan CAT (Compuer Assissted Test)
  • Psikotes Online
  • Tes Kesehatan (bobot 70%) dan Wawancara (30%)
  • Untuk Formasi tertentu : Tes Kesehatan dan Kebugaran (bobot 70%) dan Wawancara (30%)

Untuk Jenjang D III, tahapannya adalah



  • Seleksi Administrasi
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan CAT (Compuer Assissted Test)
  • Psikotes Online
  • Tes Kesehatan (bobot 100%)
  • Untuk Formasi tertentu : Tes Kesehatan (bobot 40%) dan Kebugaran (bobot 60%)
Lokasi Pelaksanaan Rekrutmen Tes Penerimaan CPNS Kementerian Keuangan akan diselenggarakan di 6 kota, yaitu:
  • Medan
  • Jakarta
  • Yogyakarta
  • Balikpapan
  • Makassar
  • Jayapura
Informasi secara lengkap mengenai pengumuman penerimaan CPNS Kementerian Keuangan 2017 tingkat Sarjana dan Diploma 3 dapat di download pada link ini


Untuk menjadi perhatian bahwa, penerimaan CPNS Kementerian Keuangan gratis tanpa biaya dan tanpa pungutan apapun. Dan Jika ternyata ada yang meminta pungutan atau menjanjikan kelulusan atau penipuan terkait penerimaan cpns di Kemenkeu agar melaporkan nya ke www.wise.kemenkeu.go.id
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar