--> Skip to main content

Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Alami, Pasti Ampuh dan Dapat Diandalkan

Rekomendasi tanaman hias pengusir nyamuk yang handal. Nyamuk akhir akhir ini menjadi momok yang cukup menakutkan. Pasalnya beberapa penyakit yang cukup ganas ditimbulkan oleh gigitan nyamuk seperti demam berdarah, malaria, cikungunya dan yang paling baru adalah zika. Keadaan yang seperti itu sudah sepantasnya kita berusaha menghindari dari gigitan nyamuk agar terhindar dari penyakit yang berbahaya itu.

Biasanya orang akan lebih suka menggunakan obat nyamuk bakar ataupun elektrik untuk mengusir nyamuk. Ada juga yang menggunakan lotion anti nyamuk agar nyamuk tidak menggigit mereka disaat mereka terjaga atau tertidur. Memang nyamuk menyerang tidak kenal waktu bisa siang apalagi kalau malam hari. Penggunaan obat nyamuk bakar dikhawatirkan dapat mengganggu pernafasan, begitupun dengan yang elektrik. Kalau memilih lotion, bagi yang tidak biasa dikulit akan terasa lengket dan itu sangat mengganggu. Makanya lebih baik menggunakan anti nyamuk alami yaitu tanaman hias pengusir nyamuk yang memang terbukti ampuh melawan serangan nyamuk.

Menanam tanaman hias anti nyamuk disamping membuat badan anda terlindungi dari gigitan nyamuk, suasana rumah akan segar dan indah alami karena adanya tanaman hias. Apa saja tanaman hias pengusir nyamuk yang paling efektif, berikut ulasannya

Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Yang Efektif

1. Lavender

bunga lavender tanaman hias pengusir nyamuk alami
Tanaman hias pengusir nyamuk yang pertama adalah tanaman bunga lavender. Pernah melihat iklan lotion anti nyamuk tidak? Kalau pernah ada salah satu yang menggunakan ekstrak bunga lavender. Daripada hanya menggunakan ekstraknya, mending menanam langsung saja tanaman lavender di sekitar rumah anda. Di dunia ini, tanaman lavender memiliki 30 spesies tanaman. Meskipun termasuk jenis rerumputan namun sangat indah jika dijadikan tanaman hias. Lavender efektif dan ampuh mengusir nyamuk secara alami karena mengandung zat linalool dan lynaly acetate. Zat tersebut sangat tidak sukai oleh nyamuk. Cara menggunakannya dengan menggosokkan bunga lavender ke seluruh bagian tubuh.

2. Serai

tanaman hias serai anti nyamuk alami
Biasanya serai dijadikan sebagai salah satu bumbu atau rempah untuk suatu olahan masakan di Indonesia. Pada rumah-rumah modern, serai juga biasa dijadikan sebagai tanaman hias yang melengkapi koleksi di rumah modern tersebut. Sereh atau serai memiliki nama latin Cymbopogon citratus yang merupakan anggota suku rerumputan juga. Selain sebagai bumbu masakan, serai juga dapat disuling untuk diambil minyak atsirinya sebagai bahan baku obat-obatan. Serai sebagai tanaman hias pengusir nyamuk alami karena mengandung sitronela yang dibenci nyamuk. Apalagi cara penggunaanya tanpa pengolahan lebih lanjut sehingga sangat mudah.

3. Zodia

tanaman hias zodia anti nyamuk ampuh
Tanaman hias pengusir nyamuk alami selanjutnya adalah zodia. Memiliki nama latin Evodia suaveolens, zodia merupakan anggota suku jeruk-jerukan. Tanaman hias zodia ternyata tanaman asli Indonesia loh tepatnya dari Papua. Memang Papua itu keren dan kaya. Bagi masyarakat Papua, mengusir nyamuk ya menggunakan zodia itu sudah biasa. Caranya dengan mengusapkannya keseluruh bagian tubuh. Tanaman zodia memiliki aroma yang sangat kuat, sehingga agar aromanya tersebuat, letakan di titik akses angin berhembus.

4. Kenanga

kenanga tanaman hias pengusir nyamuk yang handal
Selain untuk tanaman hias, bunga kenanga seringkali digunakan untuk upacara upacara seperti pernikahan, penyambutan bahkan untuk tabur bunga di kematian. Bunga kenanga merupakan tanaman hias pengusir nyamuk yang efektif. Dengan aroma yang sangat menyengat, nyamuk dibuat tidak berkutik akhirnya tidak berani mengigit manusia. Hal ini karena di dalam bunga kenanga terdpat senyawa linaloo, geraniol dan eugenol yang terbukti bisa mengusir nyamuk maupun serangga pengganggu lainnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar