--> Skip to main content

Tanaman Hias Obat Paling Menarik dan Indah di Taman Depan Rumah

Tanaman Hias Obat Paling Menarik dan Indah di Taman Depan Rumah-Memiliki taman depan rumah memang sangat menyenangkan karena akan menghadirkan suasana nyaman dan segar bagi pemiliknya. Apalagi jika dipenuhi dengan berbagai tanaman hias yang memanjakan mata, maka makin betah saja berada di rumah. Jika anda berniat menjadi taman sekaligus mendapatkan tanaman obat kenapa tidak sekalian menanam tananam hias obat sehingga bisa mendapat dua manfaat sekaligus, tanaman hias dan tanaman obat.

Sebagai negara tropis, Indonesia ditumbuhi banyak sekali tanaman obat. Berbagai jenis tanaman obat tumbuh subur tanpa harus dilakukan perawatan ekstra. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi anda yang akan menanam tanaman hias obat di taman rumah anda. Apalagi saat ini sedang gencar-gencarnya penggunaan obat alami atau obat herbal untuk pengobatan penyakit. Sehingga menanam tanaman obat di taman bisa menjadi cara yang efektif memiliki obat alami tanpa harus membeli.

Kira-kira apa saja tanaman obat yang bisa anda tanam di taman rumah anda? Yuk disimak ulasannya berikut ini.

Tanaman Hias Obat Cocok di Taman Rumah 

1. Sirih

tanaman hias obat sirih

Sejak dulu sirih digunakan untuk mengobati berbagai macam gangguan pada tubuh. Seperti ketika seseorang mengalami pendarahan, sirih dapat digunakan sebagai obat pertolongan pertama pendarahan. Sirih juga bisa membantu menyembuhkan mereka yang mengalami mimisan. Selain itu sirih bermanfaat untuk mengeluarkan dahak, mengatasi gangguan pencernaan, dan manfaat penting lain bagi kesehatan. Khasiat sirih untuk kesehatan sangat banyak sebab sirih mengandung betlephenol atau minyak terbang, pati, seskuiterpen, diatase, kavikol (memiliki efek membunuh kuman), zat antioksidan, anti jamur.
baca juga: Tanaman Hias Tahan Panas Matahari
Sirih sangat pas untuk ditanam sebagai tanaman hias karena sirih memiliki bentuk yang menarik. Daunnya lebar, berwarna hijau terang sehingga sangat menarik. Apalagi sirih bukan merupakan parasit sehingga aman ditempelkan pada tanaman lain.

2. Kamboja

tanaman hias kamboja untuk obat herbal alami

Kamboja sangat lazim ditemukan di kuburan namun belakangan kamboja banyak ditanam di taman sekitar rumah. Bunga kamboja dulunya hanya berwarna putih, seiring dengan perkembangan dunia tanaman, bunga kamboja membaca beraneka warna. Ada bunga kamboja berwarna kuning, berwarna merah jambu ada juga warna lainnya. Selain untuk tanaman di kuburan dan tanaman hias di taman rumah, kamboja ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Bunga kamboja bermanfaat untuk menurunkan demam, meredakan sakit gigi, mengobati radang tenggorokan, mengatasi bibir pecah pecah dan bisa menambah nafsu makan alami.

3. Kumis Kucing

kumis kucing untuk tanaman hias dan tanaman obat

Siapa sangka dengan bentuknya yang unik dan menarik serta memiliki bunga yang sangat indah, kumis kucing memiliki banyak manfaat untuk kesehatan selain berfungsi sebagai tanaman hias. Manfaat Kumis kucing untuk memperlancar pengeluaran urin yang tersumbat. Daun kumis kucing memiliki khasiat untuk meredakan reumatik. Kalau anda batuk, bisa menggunakan obat alami batuk dengan kumis kucing. Bahkan kumis kucing bisa mengatasi masuk angin dan asam urat.
Baca juga: Tanaman Hias Palm Merah

4. Lidah Buaya

Lidah buaya memang tanaman yang memiliki banyak manfaat. Jika awalnya lidah buaya digunakan sebagai tanaman hias luar rumah, sekarang lidah buaya semakin dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari manusia. Tanaman asli gurun ini seringkali dimanfaatkan kesehatan kulit. Merawat kulit agar lebih halus dan putih. Manfaat lidah buaya untuk kesehata lainnya yaitu untuk menjaga kesuburan dan kesehatan rambut.
lidah buaya obat dan tanaman hias taman depan rumah

Selain untuk obat luar, lidah buaya juga bisa dikonsumsi baik dijadikan sebagai minuman ataupun makanan. Ternyata ketika dikonsumsi pun lidah buaya masih banyak memberikan manfaat. Diantaranya adalah untuk menjaga imunitas tubuh, mengurangi berat badan secara alami dan menjaga kesehatan jantung.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar