--> Skip to main content

Tanaman Hias Merambat Untuk Peneduh Rumah, Mudah Didapat dan Menanamnya

Tanaman Hias Merambat Untuk Peneduh Rumah, Mudah Didapat, mudah juga menanamnya, ada tidak ya? Ketika rumah ditumbuhi tanaman merambat mungkin sebagian dari kita akan merasa ngeri untuk memasuki rumah tersebut. Kesan angker dan penuh misteri akan menjadi kesan yang pertama ketika anda melihat rumah dipenuhi oleh tanaman merambat. Namun ketika anda sudah berada ditengahnya ada pemandangan yang cukup indah ada gelap, kurang sinar matahari, basah, banyak air yang menetes. Ketika tanaman merambat diubah menjadi tanaman hias merambat untuk peneduh rumah, pasti pandangan anda akan berubah seketika. 

Di dunia ini pasti segala sesuatu mempunyai manfaat, termasuk tanaman merambat. Manfaat tanaman merambat yang bisa aplikasi disini adalah sebagai tanaman peneduh. Cara hidupnya yang dengan cara merambat sehingga memerlukan media lain untuk tumbuh dengan begitu dengan mudah kita bisa bentuk sebagai tanaman hias merambat peneduh rumah. Bentuk tergantung dari media rambat tanaman hias menjalar itu. Dari sulur-sulur yang panjang itu akan terus menutupi media rambatnya. Kalau mau membuat kanopi, bisa juga dengan menanam tanaman rambat penutup kanopi. Ada juga yang menjadikannya sebagai tanaman merambat untuk pagar dan dinding pembatas rumah.

Mungkin ada yang mencari jenis pohon dengan daun merambat? Kalau pohon kami pikir agak susah karena definisi pohon berarti memiliki akar, batang dan kayu. Sedangkan tanaman hias merambat sepertinya tidak memiliki kayu. Kalau tanaman bunga merambat ada cukup banyak dengan berbagai warna yang bisa dihasilkan. Apa saja dan bagaimana tanaman hias merambat peneduh rumah yang bisa anda tanam dirumah? Yuk disimak ulasannya berikut ini

Contoh Tanaman Hias Merambat Peneduh Rumah Yang Mudah Mendapatkanya dan Menanamnya

1. Sirih

pohon-sirih tanaman hias peneduh rumah

Kalau selama ini tanaman sirih dimanfaatkan hanya sebagai tanaman obat, tidak ada salahnya kalau anda memanfaatkannya sekaligus sebagai tanaman hias. Tanaman dengan daun hijau tua terang ini sangat mudah untuk ditanam. Cara menaman tanaman sirih bisa dengan menyetek yaitu memotong batang sirih yang sudah agak tua kemudian ditancapkan ke dalam tanah. Tanam pohon sirih di dekat media rambatnya. 

2. Air Mata Pengantin

bunga air mata pengantin keren

Bunga tanaman hias merambat selanjutnya adalah air mata pengantik. Air mata pengantin bisa dimaknai sebagai sebuah kebahagaiaan karena telah menemukan pasangan hidup didunianya. Sehingga siapapun yang menanam bunga air mata diharapkan dapat memperoleh kebahagiaan bersama pasanga. Air mata pengantin atau dalam bahasa latin disebut dengan antigonon bisa sangat membantu anda dalam mempercantik taman di rumah anda. Bunganya berwarna menarik seperti putih, pink, merah, ungu dengan mahkota yang besar membuat indah dipandang saat mekar. Tanaman hias menjalar ini mudah sekali untuk ditanam.

3. Bunga Passiflora

Bunga-Passiflora untuk meneduhkan ruangan luar

Tanaman merambat sebagai peneduh rumah lainnya yaitu tanaman bunga Passiflora. Pasti banyak yang baru dengar namanya ya? Memang sejatinya tanaman ini biasa digunakan untuk pengobatan alternatif. Karena bentuk dan warnanya yang indah, passiflora cocok juga digunakan sebagai penghias dan peneduh taman rumah.

4. Tanaman Lee Kwan Yew

tanaman lee kwan yew peneduh penyegar ruangan dinding luar

Ini nama tanaman kaya nama orang ya, seperti nama orang penting. Betul sekali. Tanaman Lee Kwan Yew merupakan nama mantan Perdana Menteri Singapura dan sekarang sudah meninggal. Nama lain dari tanaman ini adalah janda merana. Tanaman ini sangat terkenal sekarang ini dan sering menghiasi dinding dinding pembatas bangunan terkenal. Batangnya menjuntai kebawah, sehingga jika ditanaman ditempat yang tinggi, semakin lama akan semakin panjang ke bawah. Sangat mudah menanam tanaman Lee Kwan Yew, bisa dengan media Pot atau hanya di tempel dengan busa yang ditempel di dinding.

5. Tanaman Flame Vine

tanaman hias merambat peneduh ruangan flame vine

Kalau anda memiliki taman di depan rumah, tanaman flame vine sangat pas ditempat di taman depan rumah. Apalagi kalau dibuat semacam lorong ditaman tersebut, sehingga bisa ditutup dengan tanaman flame vine. Nama lain flame vine adalah orange trumpet atau di Indonesia lebih dikenal sebagai bunga jajaran api. Kenapa dinamakan dengan bunga api, karena bentuk bungannya mirip sekali dengan api berwarna orang dan menghadap ke atas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar