Tips Hemat Air Di Rumah Saat Musim Kemarau

Musim kemaru tahun 2015 ini sepertinya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hingga akhir bulan Agustus hujan belum juga turun, padahal kalau dilihat disana sini kelihatan sekali kalau kekeringan sudah melanda dimana-mana termasuk di kawasan perumahan. Air merupakan kebutuhan pokok dalam rumah tangga. Tanpa air kehidupan dalam rumah tangga akan kesulitan. Mulai dari mandi, mencuci, membersihkan rumah, perabotan, menyiram tanaman akan kesulitan. Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan mengetengahkan mengenai cara menghemat air di rumah saat musim kemarau

1. Gunakan Kran Bertekanan Rendah

Kadang orang akan lebih merasa puas mandi dengan air yang memiliki tekanan lebih besar. Namun berbeda dengan air yang bertekanan tinggi, pada air yang bertekanan rendah akan ada ruang sedikit untuk udara sehingga air lebih lunak dan tidak menyakitkan badan. Dan kondisi ini sebenarnya biasa. Dan keuntungan lain dari pemakaian pancuran atau kran yang beraliran rendah adalah hematnya penggunaan air, apalagi saat musim kemarau, pasti keluarnya air sangat signifikan.

2. Matikan keran

Mematikan kran saat selesai menggunakan adalah cara yang sangat bijak, karena dengan mematikan kran segera setelah menggunakannya maka air yang terbuang menjadi lebih sedikit. Jika memang kran bocor anda bisa menambahkan ember dibawah kran sehingga tetesan air akan tertampung di ember atau penampungan lainnya.

3. Gunakan air kembali

Re-use atau menggunakan kembali. Anda tidak perlu membuang air sisa mencuci sayur atau buah. Karena air sisa cucian itu tidak terlalu kotor dan dapat digunakan untuk keperluan lain seperti membilas ataupun bisa untuk menyiram tanaman. Oleh karenanya gunakan ember atau tempat lain saat mencuci buah dan sayur saat berusaha menghemat air.

4. Gunakan "point of use" pemanas air

Berbeda dengan pemanas lain, pemanas kecil ini memberikan air panas langsung dan tanpa anda harus membuang air saat menunggunya hangat. Alat ini kecil sehingga tidak memerlukan ruang yang cukup besar dan akan menghemat selain air juga tempat..

5. Gunakan mesin dan selang bertekanan tinggi untuk mencuci kendaraan

Dengan menggunakan selang bertekanan tinggi, kotoran-kotoran yang menempel pada mobil atau motor anda akan segera hilang dengan sendirinya. Anda tidak perlu waktu lama untuk membersihkan kendaraan anda. Menurut pengalaman mesin tersebut dapat menghemat air hingga 80 persen. Sangat signifikan kan..

Demikian tips dan cara menghemat air saat musim kemarau datang dan persediaan air di rumah sedikit.
Sumber : Kompas
Facebook CommentsShowHide