Cara Menanam Tanaman Hias di Pot Secara Mudah dan Lengkap

Mengetahui Cara Menanam Tanaman Hias di Pot merupakan solusi terbaik agar anda yang memiliki lahan sempit di rumah tetap bisa mempunyai taman yang indah. Sebagaimana kita tahu, memiliki rumah di kawasan perumahan sudah umum dengan lahan yang tidak begitu luas sehingga upaya untuk tetap bisa menanam tanaman hias perlu disiasati. Karena lahan sempit, tidak memungkinkan untuk menanam pada lahan yang tersedia. Kalaupun bisa, pasti dengan jumlah yang sedikit.
cara menanam tanaman hias di dalam pot yang baik
Menanam tanaman hias di Pot bisa jadi sebuah cara yang tepat agar bisa tetap memiliki tanaman hias yang banyak di lahan yang sempit. Pot sendiri memiliki bermacam-macam ukuran yang bisa disesuaikan dengan ukuran tanaman hias. Begitupun dengan jenisnya yang bisa apakah mau ditaruh saja di bawah, ditempel di dinding ataupun dengan pot gantung. Makanya pada kesempatan kali ini kami berikan ulasan bagaimana cara menanam tanaman hias di pot yang baik

Cara menaman tanaman hias di pot yang baik

Sebelum anda mulai menanam ada hal hal yang harus dipersiapkan seperti pot dan media tanam. Pot bisa disesuaikan dengan jenis dan ukuran tanaman. Apakah pot gantung atau tempel atau pot di tanah. Kalau tanaman hias kecil pilih pot dengan ukuran kecil, kalau besar sebaliknya. Jika ingin tampil lebih elegan, bisa menggunakan pot yang berbahan keramik atau batu alam.

Media Tanam Yang Digunakan

Setelah anda menyiapkan pot, sekarang anda harus mempersiapkan media tanamnya.

  1. Bersihkan terlebih dahulu pot yang akan digunakan, yakinkan kalau pada bagian bawah pot terdapat lubang sebagai tempat untuk keluarnya air.
  2. Letakan pecahan batu merah pada bagian dasar pot.
  3. Selanjutnya dibagian atasnya isi dengan campuran tanah humus yang bersih dari sampah. Rekomendasi kami, gunakan tanah yang telah dicampur dengan pasir, tanah dan pupuk kandang. Berikut perbandingan campuran tanah, pasir dan pupuk kandang.

  • Campuran umum: tanah 1/3 bagian, pasir1/3 bagian dan 1/3 bagian pupuk kandang
  • Campuran untuk tanaman jenis suka kering yaitu hanya pasir dan pupuk kandang saja tanpa menggunakan tanah, perbandingannya: pasir ½ bagian dan 1/2 bagian pupuk kandang ta
  • Campuran untuk tanaman jenis suka lembab, tanpa menggunakan pasir, hanya tanah dan pupuk kandang saja, perbandingannya: tanah ½ bagian dan 1/2 bagian pupuk kandang

Pengepotan

cara menanam tanaman hias di pot yang baik dan lengkap
Source:flowerian.com
Jika media tanam sudah tersedia selanjutnya adalah penanaman atau pengepotan. Isi pot dengan 1/3 media tanam yaitu campuran tanah, pasir dan pupuk kandang. Selanjutnya masukan tanaman, paling baik kalau tanah yang masih menempel pada tanaman hias tidak dibuang, biarkan menempel. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tingkat stress tanaman pada lingkungan yang baru.
Baca juga: Tanaman Hias Palem Merah
Setelah tanaman masuk dipot, tambahkan kembali media tanam untuk menutupnya dengan tangan. Tekan tekan perlahan dan jangan terlalu keras, usahakan agar tanaman bisa berdiri kokoh dan tidak goyang goyang. Usahakan agar media tanam tidak menutup seluruh pot, sisakan 2 centimeter dari bibir pot agar ketika melakukan penyiraman menjadi lebih mudah. Setelah selasai, siram tanaman hias dan medianya dengan air secukupnya. Tempatkan tanaman pada tempat yang tidak terlalu banyak sinar matahari.

Cara Pengairan Pot yang Tepat

Pengairan pot menjadi hal yang penting untuk menjaga tanaman agar tetap baik dan bisa bertahan hidup lebih lama. Pengairan tanaman di dalam pot bisa dilakukan melalui alas pot ataupun langsung diberikan ke media tanam. Beberapa pot tanaman hias, terdapat alas pada bagian bawahnya, terutama pada pot gantung. Anda bisa memberikan air pada alas tersebut sebagai penyediaan air untuk pot. Kalau langsung, anda bisa langsung menyiramkan air pada media tanam. Jam berapa waktu penyiraman terbaik? Waktu penyiraman tanaman terbaik adalah jam 7 hingga jam 10 pagi, kemudian di sore hari.

Cara menanam tanaman hias di pot diatas bisa juga dimodifikasi tergantung kebutuhan ketersediaan alat dan bahan. Mudah-mudahan bermanfaat.
Facebook CommentsShowHide

0 comments