Ini Kota Di Kalimantan Yang Cocok Sebagai Ibukota Negara Indonesia

Wacana pemindahan pusat pemerintahan dari Jakarta semakin santer di beritakan. Kalimantan menjadi pulau yang pasti menjadi lokasi Ibukota Negara Indonesia yang baru. Namun belum ada yang membeberkan secara pasti kota di Kalimantan mana yang akan menjadi Ibukota negara RI.

Pemindahan Ibukota Negara ini menjadi sebuah solusi terbaik yang dikeluarkan oleh pemerintah di era Presiden Joko Widodo agar pembangunan ekonomi diseluruh pulau di Indonesia menjadi merata. Selama ini terkesan yang maju hanya di Pulau Jawa dan Pulau lainnya masih perlu dikembangkan kembali.
Ibukota Baru Negara Indonesia di Kalimantan

Rencana pemindahan Ibukota Negara tersebut bukan asal saja, namun dari hasil kajian mendalam yang dilakukan oleh para ahli. Di Ibu kota yang baru akan menjadi pusat pemerintahan sedangkan di Jakarta menjadi pusat bisnis dan keuangan.

Tentu rencana pemerintah akan disambut baik oleh masyarakat sebab saat ini Jakarta sudah sangat padat dengan berbagai macam aktivitas yang terkumpul menjadi satu di kota Jakarta. Andai saja pemindahan Ibu kota negara tersebut terwujud, pasti lah akan terjadi pemerataan pembangunan seperti yang diharapkan.

Ini  Dia Kota Di Kalimantan Sebagai Ibukota RI

Seperti dikutip dari tribunnews, Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro menyampaikan bahwa kemungkinan besar Ibu Kota akan pindah ke Kalimantan. Namun secara spesifik di kota mana masih belum final. Untuk menuntaskan pemindahan Ibu kota negara diperlukan waktu sekitar tiga tahun. Rencananya pemerintah akan mulai melakukannnya pada tahun 2018.

Hal ini lah yang membuat banyak orang penasaran dan bertanya sebenarnya dimana Ibu Kota RI akan dipindah di Kalimantan. Berikut kami berikan beberapa kota di Kalimantan yang sangat layak menjadi destinasi pemindahan Ibu Kota Pemerintahan Republik Indonesia.

1. Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Di zamannya Soekarno saja Palangkaraya sudah direncanakan menjadi Ibu Kota Indonesia untuk masa depan. Apa salahnya kalau Palangkaraya masuk list daftar kota di Kalimantan sebagai Ibu Kota negara. Kalau pindah ke Palangkaraya memiliki beberapa keuntungan seperti kota yang lebih luas dan merupakan kota terluas di Indonesia. Palangkaraya juga memiliki alam yang cukup aman baik dari gempa bumi maupun gunung berapi. Tempat wisata di Palangkaraya juga cukup banyak dan jangan dikesampingkan juga potensi alamnya.

2. Kotabaru, Kalimantan Selatan

Bukan Banjarmasin, tapi Kotabaru yang merupakan sebuah kota di Kalimantan Selatan. Dalam satu kabupaten memiliki luas wilayah sekitar 9.442 km² dengan penduduk hanya sekitar 290,142 jiwa berdasarkan sensus tahun 2010. Jarak kotabaru dari Banjarmasin cukup jauh, sekitar 242 km. Kotabaru bisa masuk list daftar Ibukota negara RI karena disana infrastruktur sudah cukup lengkap mulai dari Bandara, Pelabuhan dan Terminal sehingga akses ke Kotabaru cukup mudah, apalagi jika terus dikembangkan.

3. Pangkalan Bun (Kotawaringin Barat)

Dulunya Pangkalan Bun merupakan sebuah pelabuhan yang berada di tepi Sungai Buun. Pada zaman Kerajaan Kotawaringin masih berkuasa, Raja berada di kota Pangkalan Bun. Saat ini pun Pangkalan Bun menjadi kota yang sangat penting di Kalimantan. Kota ini sangat strategis di Kalimantan, apalagi berbagai insfratruktur telah tersedia dengan lengkap. Akankah Pangkalan Bun menjadi Ibu Kota Negara RI Selanjutnya?

Menurut anda, adakah kota lain yang patut dan cocok untuk dijadikan sebagai Ibukota negara Republik Indonesia?
Facebook CommentsShowHide

0 comments