Tips Membangun Rumah Minimalis Paling Seru

Rumah bukan hanya sekedar sebagai tempat melepas lelah dan hanya untuk tidur. Rumahku surgaku, rumahku istanaku beberapa kalimat yang sering diungkapkan oleh seseorang untuk menggambarkan betapa rumah menjadi tempat paling indah dan nyaman bagi penghuninya. Mungkin bisa diibaratkan mereka adalah raja dirumahnya. Sebagai raja tentu saja tinggalnya di istana, dan apakah anda pernah membayangkan bagaimana seorang raja hidup bersama permaisurinya di istana dan membagi kebahagian untuk anak-anaknya. Mereka senang berada di istana karena segalanya tersedia. Sebuah rumah minimalis, berbanding terbalik dengan kata-kata minimalis. Rumah minimalis justru akan memberikan penghuninya maupun orang disekitarnya kepuasan tiada batas. Rumah minimalis juga siap memberikan kepada anda sebuah bangunan minimal, murah, sederhana namun tetap menyediakan berbagai kebutuhan anda. 
tips membangun rumah minimalis

Rumah, satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap orang, itu dia tempat tinggal. Walaupun tempat tinggal tidak selalu berbentuk rumah, bisa saja apartemen atau satu buah kamar kos. Namun rumah adalah tempat tinggal pada umumnya. Rumah minimalis saat ini menjadi pilihan hampir setiap orang di abad ke 21 ini. Untuk mewujudkannya, sebuah bangunan rumah minimalis diperlukan perencanaan yang matang, pelaksanaan pembangunan yang memenuhi standar, pengawasan yang baik dan pemeliharaan serta perawatan yang dilakukan secara teratur. Namun sebelum itu semua dipenuhi dan dilakukan ada hal yang lebih krusial dan menjadi bagian fundamental/ dasar dalam pembuatan rumah minimalis. Hal tersebut adalah aspek material bahan bangunan, teknis pekerjaan, dan biaya yang diperlukan. Tiga aspek penting yang sangat mempengaruhi hasil dan kualitas rumah yang dibangun. Bagus tidaknya rumah tergantung dari tiga hal tersebut. Bagusnya rumah artinya adanya rasa aman dan nyaman yang diperoleh penghuni rumah.

Aspek material sepertinya perlu mendapat sorotan lebih dalam proses persiapan dan pembangunan rumah. Untuk membangun rumah minimalis idaman diperlukan berbagai material dengan kualitas terbaik. Dengan mengusahakan menggunakan material dengan mutu yang baik, rumah yang dibangun pun akan menjadi baik. Pasti tidak mau kan ketika rumah baru saja selesai dibangun, ternyata temboknya disana sini sudah retak-retak. Walaupun harga perolehan material lebih murah, namun diperlukan pemeliharaan dan perawatan yang lebih banyak sehingga malah akan memerlukan biaya lebih banyak. Apalagi saat ini di Indonesia sering sekali terjadi bencana seperti gempa bumi dan banjir. Rumah yang kuat pasti akan lebih tahan terhadap berbagai kemungkinan bencana seperti yang sudah kami sebutkan tadi. Rumah yang kuat didapatkan dari pemilihan bahan material yang berkualitas.

Selain material, pengetahuan tentang teknis pembangunan rumah juga harus diketahui oleh pemilik rumah. Pengetahuan yang memadai tentang pembangunan rumah menjadikan anda bisa secara langsung mengawasi pembangunan rumah. Anda menjadi tahu apa kekurangan dalam proses pembangunan rumah sehingga antisipasi bisa dilakukan lebih dini. Selain itu pengetahuan itu menjadikan anda lebih berhati-hati dalam melakukan pengeluaran anggaran.

Mungkin pengetahuan tentang material / bahan dalam pembangunan rumah sudah anda ketahui, teknis pembangunannya juga sudah anda kuasai maka hal penting selanjutnya adalah mengetahui bagaimana penghitungan pembiayaan dalam pembangunan rumah. Jangan khawatir jika anda tidak suka hitung menghitung, karena saat ini sudah banyak alat dan tools yang bisa digunakan untuk menghitung.  Kenapa biaya pembangunan perlu anda ketahui? Uang adalah hal yang sangat krusial. Apalagi untuk membeli material bahan bangunan, bisa habis sampai jutaan. Kebutuhan biaya yang cukup besar pasti memerlukan kehati-hatian dalam penggunaannnya. Jangan sampai biaya yang sudah dikeluarkan menjadi sia-sia. Mulailah dengan mencari informasi tentang harga bahan bangunan baik melalui internet maupun berkunjung secara langsung ke toko bangunan. Anda bisa membandingkannya antara satu tempat dengan tempat lainnya. Ketahui juga biaya untuk tukangnya, karena biaya untuk tukang juga memiliki porsi yang cukup besar dalam pembangunan rumah. Anda bisa mempertimbangkan biaya secara harian atau secara borongan. Pilih yang menurut anda lebih efisien dan efektif. Baca juga: cara menghitung biaya pembangunan rumah.

Mungkin sedikit penjelasan diatas dapat membantu anda dalam mewujudkan rumah impian anda.
Facebook CommentsShowHide

0 comments