Cara Membersihkan Furnitur di Beranda Rumah Paling Mudah

Bagian rumah yang terletak diluar seperti taman, halaman, dan beranda. Beranda rumah merupakan bagian rumah yang terletak diluar dan biasanya diletakan berbagai macam furniture seperti kursi tamu, kursi santai, meja, pot bunga, lukisan, lampu gantung dan lain sebagainya. Keberadaan furniture tersebut memang diperlukan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan di rumah namun juga untuk menambah keindahan rumah. Namun apa jadinya jika karena letaknya diluar dan langsung bersentuhan dengan udara di luar dan sangat rentan terkena debu maupun kotoran lain. Apalagi jika letak rumah anda berada di dekat jalan raya yang mudah sekali terkena asap kendaraan bermotor maupun dari debu-debu yang beterbangan.

Barang-barang seperti kursi dan temannya tentu akan menjadi kotor, berdebu dan akan mengurangi keindahan rumah anda. Oleh karena pada artikel kali ini kami akan membagikan kepada anda cara membersihkan furniture di di teras atau beranda rumah agar tetap terlihat indah dan elegan. Untuk rumah minimalis dengan desain modern keberadaan barang-barang di beranda rumah seperti wajib ada untuk menambah keindahan rumah
Cara Membersihkan Furnitur di Beranda Rumah Paling Mudah

1. Furnitur kayu

Kayu bukan hanya menjadi bahan utama untuk pembuatan kusen dan pintu rumah. Furniture seperti meja dan kursi juga banyak terbuat dari kayu. Cara membersihkan furniture kayu di beranda rumah dengan menggunakan sabun ringan dan spons yang halus agar warna kayu tidak mudah memudar. 

Jika bahannya terbuat dari kayu jati, pastikan agar Anda mengeringkannya dengan menyeluruh. Jika diperlukan teteskan minyak jati agar warna kayu semakin berkilau.


2. Furnitur plastik

Untuk membersihkan furniture dengan bahan plastik cukup mudah dilakukan, bahan-bahan seperti sabun cuci baik diterjen atau sabun colek juga bisa digunakan. Agar furniture plastik lebih mudah dicuci maka anda bisa menambahkan car wax untuk menutup furnitur plastik. Pastikan Anda sudah mengelap dan mengeringkan sebelumnya tamu anda duduk di atasnya.

Untuk noda yang masih membandel anda bisa menggunakan cat semprot untuk plastik, dengan menggunakan cat semprot maka noda-noda yang membandel akan segera tertutup, warna furniture pun menjadi cerah kembali. Agar furniture plastik tetap tahan lama, usahakan agar tidak terkena sinar matahari langsung.


3. Furniture/ Aksesoris dari Kain

Untuk membersihkan furniture atau aksesoris dari kain memang gampang-gampang susah. Gampang jika noda yang ada di kain belum membandel. Seperti debu atau kotoran yang baru menempel tentu lebih gampang dan mudah dibersihkan daripada debu yang sudah berbulan-bulan tidak dibersihkan. Oleh karena itu furniture atau aksesoris yang terbuat dari kayu agar dibersihkan secara konsisten setiap minggu atau dua seminggu sekali dengan menepuk-nepuk agar debu yang menempel terbang. Atau jika memungkinkan anda bisa membersihkan dengan mencucinya. Untuk noda yang sudah membandel membersihkannya dengan cara mencampur larutan satu sendok teh deterjen pencuci piring dengan satu liter air hangat dan satu sendok makan boraks. Olesi noda yang membandel dengan campuran larutan tadi, tunggu hingga campurannya meresap pada kain selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air mengalir dari selang atau kran dan selanjutnya biarkan kain mengering di bawah sinar matahari. Setelah kering, cobalah untuk menyemprotkan spray scotchgard untuk melindunginya dari sengatan matahari langsung.


4. Furnitur aluminium

Alumunium memang sangat tahan terhadap korosi dan bisa digunakan pada cuaca yang sangat ekstrim baik panas maupun dingin. Namun goresan-goresan kecil kadang membuat furniture dari alumunium berkurang keindahannya. Oleh karena itu gunakan bahan-bahan halus untuk membersihkannya dari debu.

5. Furnitur besi

Jelas furnitur ini bisa karat. Jika sudah telanjur berkarat, Anda benar-benar harus mengampelas dan melapisinya dengan sentuhan cat atau lilin. Untuk membersihkannya, gunakan sabun pencuci piring yang telah dilarutkan dengan air dan pastikan kering dengan baik.

Baca juga : Tampak Depan Rumah Minimalis Modern Terbaru
Facebook CommentsShowHide

0 comments