Penataan Interior Rumah Minimalis

Rumah adalah salah satu hal yang paling diidam-idamkan sebuah keluarga terutama bagi keluarga baru. Akan tetapi terkadang lahan menjadi salah satu kendala sehingga banyak keluarga yang memilih membangun rumah minimalis sebagai solusi paling tepat. Untuk itulah, ide dan tips untuk penataan interior rumah minimalis akan dibutuhkan untuk menciptakan rumah idaman meskipun dibangun dengan gaya minimalis. Menata interior rumah yang memiliki model minimalis haruslah berhati-hati dan teliti. Setiap detail dari elemen interior harus benar-benar diperhatikan sehingga tidak terjadi suasana ruangan yang terkesan sempit dan juga penuh. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat penataan interior rumah model minimalis diantaranya adalah pemilihan skema warna yang pas untuk ruangan minimalis, pemilihan furniture yang sesuai dengan keadaan atau suasana ruangan serta penataan setiap elemen sehingga tidak menimbulkan kesan bertumpuk dan sesak.

Mendekorasi ruangan untuk rumah dengan model minimalis tidak begitu merepotkan dan rumit. Semuanya tergantung pada pemilihan elemen yang tepat. Salah satu hal yang penting diperhatikan untuk menentukan interior rumah minimalis adalah pemilihan dan permainan warna yang sesuai. Untuk menciptakan kesan minimalis tapi memperlihatkan aksen modern, warna yang cocok dipilih adalah warna-warna cerah yang akan memberikan kesan modern dan cerah. Selain itu, two tone color juga bisa diguanakan pada pemilihan warna minimalis seperti warna kalem dan netral dipadukan dengan warna cerah akan memberikan efek luas pada sebuah ruangan. Jika menginginkan rumah minimalis mengguankan ornament sebagai hiasan, usahakan untuk memilih ornamen-ornamen yang sederhana seperti bentuk geometris, vertical atau horsontal sederhana.

Pemilihan furniture juga akan memberikan efek yang besar terhadap interior rumah minimalis. Seperti namanay yaitu rumah minimalis, berbagai elemen yanga terdapat di dalam rumah tersebut pastinya adalah elemen minimalis terutama pemilihan dan penggunaan furniture yang ada. Pada saat memilih furniture seperti misalnya meja, kursi, dan furniture lainnya usahakan untuk memilih desain yang simple dan tidak memiliki detail atau ornament yang terlalu rumit. Furniture dengan ornament atau detail yang rumit justru akan membuat suasana ruangan menjadi sesak dan penuh. Jika di ruang tamu akan menggunakan sofa, pilih juga sofa dengan desain yang sesimple mungkin sebagai contoh sofa dengan bentuk kotak. Warna-warna gelap atau warna netral untuk furniture juga akan sangat mempengaruhi gaya minimalis pada interior. Seperti memilih warna coklat, hitam, putih atau abu-abu bisa menjadi sebuah pilihan tepat untuk membangun kesan minimalis.

Minimalis berarti simple dan sederhana, oleh karena itu penataan dan penempatan furniture juga bisa sangat berpengaruh. Karena model interior rumah yang digunakan adalah minimalis atau simple berarti penepatan furniture harus benar-benar diperhatikan. Pastikan untuk tidak meletakkan terlalu banyak furniture ke dalam ruangan karena akan mempersempit dan membuat suasana ruangan menjadi lebih sesak. Kalau bisa pilih furniture yang memiliki fungsi ganda sehingga tidak perlu membawa terlalu banyak furniture untuk berbagai keperluan. Untuk sentuhan akhir, sebagai pemanis bisa ditambahkan hiasan berupa lukisan yang sederhana dengan pilihan frame yang sederhana seperti bentuk kotak misalnya. Jangan lupa untuk menambahkan lighting yang akan memberikan kesan luas pada ruangan. Untuk lighting atau lampu bisa dipilih lampu dengan tipe down light dengan bentuk-bentuk modern dan simple. Untuk mempercantik dan mempermanis interior rumah minimalis bisa ditambahkan aksesoris dengan gaya modern sederhana.
Facebook CommentsShowHide

0 comments