Pilih Rumah Dulu atau Pergi Haji Dulu, Ini Jawabannya

Bingung antara pilih rumah dulu atau pergi haji dulu. Menunaikan ibadah haji adalah satu kewajiban bagi umat muslim di seluruh dunia. Dan memang menjadi kewajiban yang kelima setiap sahadat, sholat, puasa, zakat dan haji. Namun ada ketentuan yang jika kewajiban ibadah haji diberikan bagi yang mampu. Mampu bukan hanya soal biaya haji saja, tapi juga hal hal lainnya seperti kesehatan.

Memilih rumah atau bayar biaya haji, keduanya sama-sama membutuhkan dana yang tidak sedikit. Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji pasti perlu dana hingga puluh juta. Begitupun dengan membangun rumah atau membeli rumah yang DP nya saja bisa puluh juta. Nah bagaimana solusinya apakah rumah dulu atau pergi haju dulu ya?
beli rumah atau pergi haji dulu pujiku

Memilih Antara Rumah atau Haji?

Menurut Mike Rini Sutikno yang dilansir dari liputan6.com, beliau memberikan alternatif jawaban untuk menjawab kegalauan anda yang sedang bingung memilih apakah membeli rumah baru terlebih dahulu atau membayar dan melunasi ongkos naik haji. Ada dua pilihan jawaban. Yang pertama adalah memilih rumah dulu jika yang menjadi patokan kebutuhan dasar manusia adalah berdasarkan sandang, pangan dan papan. Sementara jika lebih mengedepankan pada keyakinan tentu ibadah haji yang lebih utama.

Kembali lagi jawabannya sebenarnya terdapat pada diri anda sebagai penentu keputusan. Atau ketika melihat dari sisi perencanaan keuangan sebaiknya dilakukan satu demi satu tidak sekaligus. Dahulukan mana kebutuhan yang lebih penting. Memenuhi kebutuhan fisik tentu lebih utama. Kebutuhan fisik berhubungan erat dengan keamanan dan kenyamanan seseorang. Jadi tidak mungkin seseorang akan merasa tenang dalam beribadah jika ada kebutuhan dasar yang kurang atau belum terpenuhi.

Saat kebutuhan dasar yaitu rumah belum terpenuhi, alangkah baiknya jika mendahulukan memiliki rumah dahulu daripada yang lainnya. Apalagi harga rumah semakin hari semakin mahal saja, jadi sekaligus berinvestasi. Disamping itu ketika saat ini rumah harganya masih dalam jangkauan kita, mungkin dalam waktu beberapa tahun saja, rumah yang sama dapat memiliki harga berkali lipat dari sebelumnya. Jadi menurut Mike sebagai seorang Perencana Keuangan, sebaiknya penuhi dulu untuk DP rumah dulu baru kemudian mengumpulkan biaya untuk melaksanakan haji.

Menurut Mike, setiap orang memiliki kebutuhan sense of achievement, yaitu menyusun prioritas prioritas kebutuhan yang menurut anda akan membuat anda menjadi aman dan nyaman. Tentu dengan mengetahui prioritas hidup akan lebih tahu jawaban pilih rumah dulu atau haji dulu.
Facebook CommentsShowHide

0 comments