Makanan Khas Jombang Paling Enak

Makanan khas Jombang apa yang paling terkenal? Kalau mendengar kota Jombang pasti yang paling diingat oleh banyak orang adalah mantan Presiden Indonesia yang ke 4 yaitu K.H. Abdurrahman Wahid atau yang lebih kondang dengan Gusdur. Sementara untuk kuliner khas Jombang, sepertinya belum banyak yang tahu.

Jombang Jawa Timur memang sebuat Kota dengan sebutan kota santri. Disebut kota santri karena disana banyak berdiri pondok pesantren dan santrinya juga mencapai ribuan orang, itulah mengapa disebut dengan kota Santri. Tapi ternyata bukan hanya para santri saja lho yang banyak kita temui di kota ini, melainkan kita juga bisa menemui banyak makanan khas Jombang yang mak nyus dan harus kamu coba kalau kamu sedang ada di Jombang.

Apa saja sih makanan khas yang mak nyus itu? Penarasan kan? Mari kita ulas disini.

Makanan Khas Jombang Paling Rekomended

1. KETAN MERDEKA

ketan merdeka makanan khas jombang
Source: flickr.com (gus jui)
Makanan khas Jombang yang pertama adalah ketan merdeka. Kok bisa ya namanya ketan merdeka? Apa ketan ini makanan para pejuang kemerdekaan sehingga dinamakan ketan merdeka? Hhmmm.. mungkin juga sih, tapi yang jelas menyantap seporsi ketan merdeka bakal bikin perut kamu merdeka dari rasa lapar. 

Ketan merdeka ini terletak di Jl, Gus Dur, Jombang. Usut punya usut ternyata Jl. Gus Dur ini dulunya bernama Jl. Merdeka. Jadi, mungkin karena dulu ketan ini dijual di jalan merdeka, jadi ketannya dinamakan ketan merdeka. Namanya saja unik, pasti rasanya juga unik.
Baca juga: Kuliner Khas Solo Jawa Tengah
Nahh, bagi kamu lagi ada Jombang dan pagi-pagi butuh asupan karbohidrat yang ringan, enak, dan khas kota Jombang, jangan lupa mampir ke Ketan merdeka. Tapi ingat jangan sampai sini lebih dari jam 07.00 ya sob, dijamin kamu bakal gigit jari karena cuma kebagian sisa aromanya saja alias sudah habis. Silahkan menikmati kuliner asli Jombang selagi ada kesempatan di Jombang.

2. SOP BUNTUT BAKAR

sop-buntut-bakar masakan khas jombang
Source: maemyuk.com
Sop kok dibakar? Apa gak mati apinya kena kuah sop? Hhe. Ya begitulah makanan khas Jombang, selalu membuat kita penasaran akan rasanya. Kalau kamu penasaran sama yang namanya sop buntut bakar, kamu bisa mampir ke Rumah Makan Henny yang berlokasi di Jl. Gatot Subroto No.46, Jombang.

Rumah makan ini menyediakan aneka menu makanan seperti sup merah (sup yang dicampur dengan saus tomat), sup putih (original), nasi goreng dan ayam bakar kecap, tapi yang paling favorit ya sop buntut  bakarnya dong. Sop buntut bakar ini adalah sop buntut yang dibakar, haha.. ya iyalah, hhe bercanda guys. Kalau kamu memesan sop buntut bakar di rumah makan Henny ini, maka yang akan tampak di meja makan kamu adalah potongan dari buntut sapi bakar yummy yang sudah diolah sedemikian rupa dengan bumbu khasnya, kemudian didampingi dengan kuah sop yang disajikan terpisah dilengkapi dengan potongan wortel, kentang dan buncis serta taburan daun seledri iris. Hmmm...mantap..!! gimana guys? Masih ragu buat nyobain makanan khas Jombang yang satu ini? Percaya deh, sekali icip-icip kesini besoknya kamu bakal balik lagi.

3. PECEL PINCUK BU DJIAH

kuliner khas Jombang pecel pincul bu djiah
Source: jombangcityguide.blogspot.com
Cari yang tradisional di Jombang emang gak susah, satu lagi nih yang bakal bikin kamu keinget terus sama Jombang. Pecel pincuk bu Djiah. Buka pukul 07.00 pagi sampai pukul 23.00 malam, pecel bu Djiah ini siap memanjakan lidah kamu dengan bumbu pecelnya yang orang bilang punya karakteristik tersendiri. Bumbu pecel bu Djiah ini halus dan manis, serta tidak pedas. Iya guys, halus jadi gak akan nyangkut di leher hehe. 
Baca juga: Kuliner Khas Jogja Paling Terkenal
Untuk menemani seporsi nasi pecel kamu, disini juga terdapat banyak lauk pauk yang disediakan lho. Ada sate telur burung puyuh, sate rempelo ati, kebuk, telur ceplok, empal, ayam, dan masih banyak lagi. Manteb kan..!! pecel pincuk bu Djiah ini akan melengkapi perjalanan kuliner kamu mencicipi makanan khas Jombang guys, jadi jangan lupa dicoba ya. 

Oke.. fix kamu gak boleh pergi dari jombang sebelum mencicipi makanan khas Jombang yang udah dibahas tadi ya guys, takutnya ntar nyesel hhee. selamat makan.
Facebook CommentsShowHide

0 comments