Persiapan Kabel Saat Membangun Rumah Baru Yang Harus Diperhatikan

Persiapan kabel saat membangun rumah Baru yang harus diperhatikan. Membangun rumah bukan hanya memasang batu bata atau batako menggunakan semen setelah itu menutup dengan atap dan memperindah dengan cat. Ada hal lain yang layak menjadi perhatian utama saat membangun rumah baru yaitu masalah pemasangan kabel. Kabel bukan hanya berhubungan dengan penyediaan listrik di rumah baru yang akan kita tempati. Pemasangan kabel di rumah baru juga erat kaitannya dengan masalah keamanan, kenyamanan dan kemudahan.
pemasangan kabel di rumah baru yang harus diperhatikan
Tidak mungkin kan memasang stop di lantai rumah sementara anak anak kita masih kecil. Atau tidak mungkin memasang lampu ditempat yang terlalu tinggi dan kita tidak mungkin menggantinya sendiri saat lampu putus atau rusak. Atau kita juga tidak menginginkan ketika di kamar berserakan banyak kabel karena tidak tersedia sumber daya untuk mengaliri listrik dikamar.

Untuk itu, persiapan kabel saat membangun rumah baru sangat diperlukan. Beberapa hal yang harus diperhatikan dan agar tidak lupa adalah sebagai berikut:

Persiapan Awal Sebelum Pemasangan Kabel

Denah Rumah

ilustrasi denah rumah untuk pemasangan kabel
Ilustrasi Denah Rumah
Denah rumah bukan hanya penting untuk merancang rencana desain dan bentuk rumah tapi juga rencana pengkabelan. Mengetahui denah rumah terlebih dapat mempermudah kita menentukan dimana titik titik yang akan dipasang stop kontak. Di tempat mana nanti akan diletakan peralatan listrik seperti televisi, komputer, lemari es, mesin cuci dan lain-lain.

Begitu pula dengan titik titik lampu akan lebih terlihat jelas dengan menggunakan denah rumah. Karena denah rumah merepresentasikan secara jelas bentuk rumah nantinya. Sehingga akan terlihat berapa jumlah ruangan, berapa jumlah lampu yang akan dipasang, berapa jumlah fitting lampu, saklar dan kabel yang perlu dipersiapkan. Begitupun dengan paralon untuk melindungi kabel yang akan dipasang.
Baca juga : Interior Rumah Sederhana dan Idenya
Apabali terjadi ketidaksesuaian atau kesulitan, pihak pemborong atau tukang bisa mendiskusikan lebih dengan pemilik rumah menggunakan denah yang ada. Setelah semuanya terdefinisikan dan dihitung dengan jelas, maka semua biaya pemasangan kabel bisa diketahui.

Persiapan Kabel Saat Membangun Rumah Baru

1. Titik Stop Kontak

Hal yang sering kali lupa dan tidak mendapat perhatian serius saat membangun rumah adalah perencanaan peletakan titik titik stop di rumah. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, titik stop kontak sangat erat kaitannya dengan faktor keamanan, keselamatan, kenyamanan dan kemudahan. Agar dikemudian hari saat rumah sudah jadi kita tidak repot melakukan penambahan titik baru, persiapkan titik stop kontak pada saat atau sebelum rumah dibangun. Gunakan denah yang sudah ada lalu beri tanda dimana akan diletakan stop kontak dan kira kira dimana yang bisa dilakukan penambahan percabangan.

2. Kabel Antena

Sering kali kabel antena luput dari perhatian kita saat membangun rumah. Padahal antena merupakan barang wajib yang harus ada didalam rumah karena televisi merupakan barang wajib yang harus ada sekarang ini. Paling penting tentu menyiapkan titik kabel untuk televisi utama. Dan bila ingin menambahkan televisi dikamar bisa dengan melalui percabangan yang ada di televisi utama. Pasti tidak ingin kan rumah menjadi kelihatan berserakan karena adanya kabel antena yang menggantung diatas. Cara paling mudah adalah dengan menambahkan bosster dan splitter jika anda memiliki jumlah unit televisi lebih dari satu. Sehingga saat akan menyambung ke televisi cukup dengan menggunakan outlet antena.

3. Kabel Data

Internet merupakan kebutuhan yang wajib ada sekarang ini. Segala informasi harus segera di ketahui sekarang ini. Apalagi dengan munculnya beragam perangkat gadjet android maupun iOS. Kebutuhan akan data internet menjadi semakin diperlukan. Nah, agar akses internet dirumah lebih mudah dan gampang tanpa perlu colok modem tentu dengan menggunakan kabel data. Persiapan kabel saat membangun rumah baru juga perlu menambahkan kabel data agar lebih mudah mengakses internet. Rencanakan berapa jumlah titik internet dan router wifi di rumah.

4. Kabel telefon

Meskipun penggunaan telefon rumah sekarang ini semakin jarang dan orang lebih suka dengan menggunakan handphone atau ponsel, namun apabila masih memerlukan pemasangan telefon rumah kami sarankan agar tetap mempersiapkan kabel telefon di rumah.

5. Kabel CCTV

Dulu CCTV hanya digunakan di kantor yang memerlukan pengamanan lebih. Saat ini penggunaan CCTV tidak terbatas pada kantor atau pabrik saja, di rumah-rumah pribadi pun sudah sangat lazim dengan pemasangan CCTV. Tujuannya tentu sebagai antisipasi bahaya di rumah dan untuk meningkatkan keamanan. Bagi yang belum tahu, CCTV memerlukan kabel yang cukup banyak dan apabila tidak diatur secara baik, maka akan terlihat berserakan. Kalau dirumah kan jadi kurang enak dilihat kan? Makanya persiapan kabel CCTV dirumah perlu sekali dilakukan. Rencanakan berapa jumlah CCTV yang akan dipasang dirumah dan dimana akan diletakan DVR.

6. Persiapan Lorong Turun Kabel Untuk Rumah 2 Lantai atau lebih.

Agar mempermudah ketika akan menambahkan kabel apapun dirumah, buatlan suatu lorong turun dirumah, terutama bagi yang membangun rumah berlantai 2 atau lebih.

7. Perhitungan MCB Grub

mcb_pengganti pasang kabel dirumah
Kalau di rumah rumah pribadi dengan ukuran kecil seperti rumah tipe 36 kebanyakan hanya dipasang sebuah MCB. Sementara jika pada rumah dengan ukuran lebih besar, untuk keamanan sebaiknya dipasang beberapa MCB dengan masing-masing tujuan dan dibagi menjadi grup atau kelompok MCB seperti berikut:
Diantaranya memisahkan mcb:
Mcb grup stop kontak
Mcb grup lampu
Mcb ac
Mcb pompa
Mcb lampu taman(penting)
MCB accecoris lain arus besar seperti pemanas .
Mcb baik dipisah stiap lantai dengan mcb lantai 1 sebagai pusat.

Demikian informasi mengenai persiapan kabel saat membangun rumah baru agar rumah yang akan kita tempati menjadi lebih nyaman, aman dan mudah serta terjamin keselamatannya. Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.
Facebook CommentsShowHide

0 comments