Hati Hati Dengan Efek Buruk Minum Kopi, Perhatikan dan Jangan Sampai Lupa

Ini efek buruk minum kopi yang harus anda ketahui. Minum kopi bagi kebanyakan orang merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan sebelum melakukan sesuatu. Minum kopi menjadi kebiasaan yang sulit sekali ditinggalkan bagi banyak orang. Menurut beberapa penelitian, kopi memiliki manfaat bagi mereka yang suka mengkonsumsinya, seperti menjadi lebih bersemangat dalam bekerja, tidak mengantuk dan untuk pencegahan beberapa penyakit. Namun begitu, tetap ada akibat buruk bagi anda yang mengkonsumsi kopi. 
efek buruk minum kopi adalah

Apa saja efek buruk minum kopi? Nanti akan kami jelaskan satu persatu. Kopi memang minuman favorit bagi banyak orang. Meskipun rasa asalnya pahit, namun kopi bisa dipadukan dengan berbagai macam bahan makanan lain seperti susu, moca bahkan buah bisa dipadukan dengan secangkir kopi. Orang seringkali menjadikan kopi sebagai minuman yang harus ada, bahkan sebelum makanan. Mungkin itulah efek zat kafein yang terdapat dalam kopi.

Ini Efek Buruk Minum Kopi Yang Harus Anda Ketahui

1. Meningkatkan Detak Jantung

Efek buruk minum kopi yang pertama adalah peningkatan detak jantung sekaligus dengan pembuluh darah yang tiba-tiba. Zat kafein yang terdapat dalam kopi akan menstimulus kerja jantung agar bekerja lebih cepat. Hal ini akan mempengaruhi tekanan darah. Itulah mengapa setelah orang minum kopi kantuk akan segera hilang dan tubuh akan terasa lebih berenergi.
Baca juga: Penyebab Penyakit Diabetes Yang Harus Diwaspadai
Peningkatan detak jantung sebagai dampak buruk minum kopi tentu tidak serta merta terjadi begitu saja. Efek buruk minum kopi tersebut akan tidak jika anda minum kopi secara berlebihan. Oleh karena itu sebaiknya perhatikan jumlah takaran saat akan minum kopi. Bagi pemula, cukup 1 cangkir per hari. Sangat tidak dianjurkan bagi anda yang kekurangan tidur kemudian minum kopi dalam satu waktu agar tidak mengantuk.

Jika anda sebagai penderita penyakit tertentu yang dilarang mengkonsumsi kopi seperti penyakit jantung, ada baiknya ada tetap mengindahkan larangan dokter agar kopi tidak berefek buruk terhadap kondisi jantung anda.

2. Susah Buang Air Besar

Konsumsi kopi sering dikaitkan dengan efek buruk berupa susah buang air besar atau konstipasi. Bagi anda yang sedang susah buang air besar sebaiknya hindari terlebih dahulu minum kopi dan konsumsi lebih banyak makanan berserat seperti buah dan sayuran.
Baca juga: Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan

3. Peningkatan Asam Lambung

Efek buruk minum kopi selanjutnya adalah meningkatnya asam lambung. Kalau anda belum tahu gejala asam lambung kenali tandanya seperti susah menelan, muncul rasa asam dan pahit dimulut dan ada rasa terbakar di dada dan ulu hati. Kalau setelah minum kopi mengalami tanda-tanda seperti itu, bisa jadi anda mengalami gangguan asam lambung setelah minum kopi. Kondisi asam lambung yang tidak terkontrol juga sering terjadi pada mereka yang punya penyakit magh.

4. Membahayakan Gangguan Mata

Kalau anda memiliki gangguan mata glukoma ada baiknya tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi kopi. Efek buruk minum kopi bagi mata glaukoma adalah bisa meningkatkan gangguan glaukoma. Efek buruk tersebut akan lebih terasa jika anda mengkonsumsi kopi minimal 3 cangkir sehari. Gejala glaukoma mata adalah terdapat penekanan di dalam bola mata. Gangguan ini juga bisa membuat kerusakan syaraf optik di sekitar mata. Gangguan paling membahayakan adalah bisa menyebabkan kebutaan.

5. Timbul Karang Gigi

Jika anda suka minum kopi bisa jadi suatu saat timbul karang gigi dan warna gigi berubah menjadi kuning. Efek buruk minum kopi tersebut timbul karena pada kopi terdapat zat tannin yang bisa membuat noda pada gigi. Walaupun menurut penjelasan pakar gigi dari London Center Mervyn Druian, teh memiliki efek yang lebih hebat untuk membuat noda pada gigi karena zat tanninnya.
Facebook CommentsShowHide

0 comments