Makanan Khas Sumatera Utara Paling Lezat dan Digemari

Bagi anda yang gemar makan kuliner khas Indonesia sepertinya wajib mencoba makanan khas Sumatera Utara. Di Sumatera Utara banyak sekali macam dan jenis makanan yang bisa di konsumsi dan dijadikan oleh oleh. Tentu anda tahu kalau beberapa tempat wisata menarik terdapat di Sumatera Utara, salah satu yang paling terkenal adalah Danau Toba. Sembari berwisata, sembari menikmati kuliner khas Sumatera Utara pasti akan sangat menyenangkan.

Oya bagi yang belum tahu Sumatera Utara, pasti tahu kota Medan nah Sumatera Utara adalah provinsi yang beribukota Medan. Hal yang menarik lainnya adalah Sumatera Utara mayoritas dihuni oleh Suku Batak yang memiliki bahasa unik. Beberapa tokoh terkenal tanah air berasal dari Suku Batak. Daripada penasaran dengan berbagai macam makanan khas Sumatera Utara, yuk langsung saja disimak ulasannya berikut ini.

Makanan Khas Sumatera Utara Paling Digemari dan Enak

1. Bika Ambon

makanan khas sumatera utara bika ambon

Bika ambon adalah salah satu makanan khas Sumatera Utara paling terkenal dan digemari. Pasti banyak yang bertanya-tanya, kuliner khas Sumatera utara kok namanya ada Ambonnya, Ambon kan provinsi Maluku. Kalau diceritakan asal muasalnya akan panjang, ada yang bilang karena awal mula dijual oleh toko kue yang terletak di jalan ambon Medan. Cerita asal muasal bika ambon lain juga ada, pokoknya bika atau bikang ambon adalah makanan tradisional Sumatera Utara yang terus ada sampai sekarang.

Bentuk bika ambon sangat unik dimana bentuknya umumnya kotak dengan tekstur kenyal dan berongga. Bika ambon rasanya manis dengan aroma wangi yang sangat khas. Kalau mencari oleh oleh khas Sumatera Utara, bika ambon bisa jadi salah satu pilihan. Bika ambon banyak di jual di sentra outlet oleh oleh di Medan.

2. Pelleng

masakan khas sumatera utara pelleng

Masyarakat Sumatera Utara memang sangat menjunjung tinggi nilai adat istiadat san budaya dari leluhurnya. Berbagai upacara dan perayaan seringkali diadakan seperti ketika membuka lahan baru untuk pertanian, meminang pasangan, syukuran lulus ujian dan laib lain. Biasanya dalam perhelatan upacara dan perayaan tersebut selalu dilengkapi dengan makanan khas Sumatera Utara. Salah satu masakan khas Sumatera utara tersebut adalah pelleng.

Pelleng biasanya diolah sebagai masakan tradisional oleh masyarakat Pakpak. Bahan utama untuk membuat Pelleng adalah daging ayam yang selanjutnya dibumbui dengan beragam rempah khas Sumatera Utara seperti kunyit, cabe,bawang merah dan putih, sere, daun asam jawa, jahe, santan, beras, jeruk nipis dan rempah lainnya. Pasti maknyos mencoba kuliner khas Sumatera Utara ini.

3. Dengke Mas na Niura

kuliner khas Sumatera Utara  dengke mas na naura

Makanan khas Sumatera Utara lainnya adalah dengke mas na niura. Kuliner khas Sumatera utara ini asalnya dari Tapanuli. Masakan ini sebelumnya hanya diberikan khusus untuk raja raja, yang pasti lezat dan enak. Sekarang dengke mas na niura bebas dinikmati oleh siapa saja. Kalau kita punya kesempatan makan menu ini pasti bangga dong, makanan para raja. Dengke mas na niura dibuat dari apa sih sampai menjadi makanan yang sangat istimewa.

Dengke mas na niura ternyata dibuat dari ikan dan tanpa dimasak terlebih dahulu, alias dimakan dalam keadaan mentah. Pasti mantab dan istimewa banget nih. Namun penyajiannya tetap dengan bumbu rempah khas Sumatera Utara sehingga menjadi makanan yang super istimewa.


4. Kue Pohulpohul

kue pohul pohul kue khas sumut
Selain bika ambon, ada kue khas Sumatera Utara lain yang enak dan patut untuk dinikmati. Namanya adalah kue pohul pohul. Makanan khas SUmatera ini juga berasal dari Tapanuli dan sangat enak tetntunya.Karena bentuknya yang mirip dengan kepalan jari makanya disebut dengan pohul pohul atau artinya kepalan.

Kuliner khas Sumatera Utara ini dibuat dari tepung beras, gula merah, tepung beras ketan gula pasir, garam, vanili bubuk, daun pandan dan air. Sangat gampang kan yang mendapatkan bahan bahannya.Kue pohulpohul ini biasa dijadikan sebagai oleh oleh khas Sumatera Utara

5. Sambal Tuktuk

sambal tuktuk khas sumatera utara

Makanan khas Sumatera Utara terakhir adalah sambal tuktuk yang merupakan sambal khas orang Batak Toba. Sambal tuktuk menggunakan andaliman yang merupakan bumbu atau rempah khas Sumut. Kalau mau mencari andaliman diluar Sumatera Utara sepertinya agak susah, makanya orang luar sumut sering menamakan andaliman sebagai merica batak.

Wangi andaliman membuat sambal tuktuk memiliki aroma yang sangat nikmat. Sambal tuktuk biasa dinikmati bersama dengan ikan aso aso yaitu ikan kembung kering.

Kira kira mau mencoba makanan khas Sumatera Utara yang mana? Tidak usah bingung tidak usah risau karena semua kuliner khas Sumatera Utara enak dan lezat.
Facebook CommentsShowHide

0 comments