--> Skip to main content

Tempat Wisata di Purwokerto Paling Istimewa dan Super Keren

Ini dia tempat wisata di Purwokerto paling istimewa dan wajib dikunjungi. Purwokerto merupakan ibu kota dari Kabupaten Banyumas yang terletak di Jawa Tengah. Kota yang penduduknya berdialek Banyumasan atau biasa disebut Ngapak ini memiliki suasanya yang nyaman dan tenang. Tempat Wisata di Purwokerto cukup beragam dan menarik untuk dikunjungi. Tak heran jika banyak yang menjuluki Purwokerto sebagai kota wisata. Berikut beberapa tempat yang bisa Anda sambangi jika sedang berada di Purwokerto.

Tempat Wisata di Purwokerto Paling Keren dan Wajib Dikunjungi

1. Wisata Purwokerto Baturaden

Tempat wisata di purwokerto baturaden

Baturaden merupakan tempat wisata yang paling terkenal di Purwokerto. Tempat ini bisa dibilang merupakan komplek wisata karena menyediakan banyak wahana dan lokasi menarik. Tempatnya berada di lereng Gunung Slamet dengan pemandangan yang eksotis karena berada di ketinggian. Bahkan Anda bisa melihat pulau Nusa Kambangan dari sini.

Beberapa fasilitas yang terdapat di Wisata Purwokerto Baturaden yaitu kolam renang, kolam luncur, sepeda air, dan pemandian air panas. Suasananya yang tenang, sejuk serta bersih sangat cocok untuk mengobati kejenuhan setelah beraktivitas seminggu penuh.

Di Baturaden ini juga terdapat wisata Purwokerto terbaru berupa Kebun Raya Baturaden. Tempat wisata ini baru diresmikan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri pada 19 Desember 2015 lalu. Ibu Megawati merupakan pencetus ide didirikannya Kebun Raya ini, dan yang melaunching juga yayasan milik beliau. Harga tiket masuknya sebesar Rp. 10.000,00 sedangkan untuk parkir sepeda motor adalah Rp. 3.000,00.

2. Wisata Edukatif dan Wisata Husada di Purwokerto

Jika Anda mencari Wisata Purwokerto yang edukatif dan cocok dikunjungi bersama buah hati, Anda bisa memilih beberapa tempat. Seperti museum Bank Rakyat Indonesia yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Kedungwuluh, Banyumas dan buka pada pukul 08.00 -15.00 WIB. Selanjutnya Anda bisa mampir ke Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman di Jalan Soeparno No.24.
pancuran 7 baturaden

Selain itu, tempat wisata di Purwokerto juga ada yang berfungsi sebagai pengobatan alternatif. Seperti Objek Wisata Air Hangat Balerang di Pancuran 7 yang dipercaya dapat mengatasi permasalahan pada kulit. Pemandian Kalibacin di Kecamatan Rawalo juga kabarnya bisa digunakan sebagai alternatif terapi kesehatan. Bahkan konon mampu memberi kesembuhan pada penyakit saraf dan tulang.

3. Wisata alam Purwokerto

Curug Cipendok obyek wisata di Purwokerto

Ada banyak sekali Wisata alam Purwokerto yang bahkan sudah berskala nasional, seperti gua, air terjun, dan wana atau hutan wisata. Untuk air terjun ada Curug Gede, Curug Ceheng, Curug Belot, Curug Nangga, dan Curug Cipendok. Kemudian gua yang terdapat di Purwokerto adalah Gua Sarabadak dan Gua Maria Kaliori yang merupakan wisata religi bagi pemeluk Agama Nasrani. Sedangkan hutan wisata di Purwokerto juga sangat banyak, diantaranya Crossworld Paintball, Telaga Sunyi, wisata Batur Agung, Telaga Pucung, dll.

4. Wisata kuliner Purwokerto

Tempe Mendoan Purwokerto Wisata kuliner

Jalan-jalan tentu tidak akan lengkap jika tidak mencicipi makanan khas daerah tersebut, wisata kuliner Purwokerto tentunya menjadi salah satu agenda wajib. Beberapa panganan yang bisa Anda nikmati adalah mendoan, tahu brontak, keong kuah pedas, semayi, tegean, dan empal basah. Sedangkan untuk camilan antara lain themlek, dage, gethuk goreng, dan kripik tempe. Untuk mendapatkan makanan tersebut, Anda cukup datang ke Jalan Prof. Dr. Suharso (Kawasan GOR Satria Purwokerto). Daerah tersebut merupakan tempat berkumpulnya pedagang yang akan memusakan hasrat kuliner Anda, mulai dari warung kaki lima hingga restoran.

Itulah beberapa tempat wisata di Purwokerto yang sangat sayang jika Anda lewatkan. Sangat beragam sekali, bukan? Maka tidak ada salahnya memasukkan Purwokerto pada daftar kota yang harus dikunjungi selanjutnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar