Tips dan Cara Agar Rumah Sempit Terlihat Luas

Efek visual dan pandangan dapat mengubah rumah sempit menjadi terlihat lebih luas, berikut kami berikan tips dan cara agar rumah sempit terlihat lebih luas. Berapa ukuran rumah yang dikategorikan sebagai rumah sempit? Sebenarnya tidak ada batasan, rumah sempit tergantung penilaian anda sebagai pemilik rumah ataupun yang memperhatikan kondisi suatu rumah. Bisa saja rumah yang sebenarnya ukurannya cukup luas, namun karena terdapat barang dirumah sehingga rumah terasa sempit.
cara agar rumah sempit terlihat lebih luas

Untuk itu pada artikel kali ini kami berikan tips dan cara menata rumah dengan ukuran sempit dan kecil agar terlihat lebih luas.
Baca juga: Interior Rumah Sederhana

Berikut Tips dan Cara Agar Rumah Sempit dan Ukuran Kecil Agar Terlihat Luas

1. Pemilihan Warna Dinding

Jika anda menginginkan rumah sempit menjadi lebih luas, sebaiknya anda pilih warna dinding atau tembok yang lebih soft dan terang. Namun jika peneragngan dirumah anda kurang atau rumah terlihat redup di bagian dalam ruma, ada baiknya hindari warna putih. Sebab warna putih pada cahaya yang kurang malah akan membuat rumah jadi suram dan lebih sempit. Hal ini karena dinding putih di cahaya redup akan menimbulkan efek bayangan yang suram. Jika memang suka dengan warna putih, pertahankan agar ruangan tetap dalam keadaan terang dan cahaya cukup.

2. Penambahan Cermin

Kalau pada umumnya cermin dipasang di kamar, desain interior modern telah memodifikasi penggunaan cermin bukan hanya untuk bercermin namun untuk kelengkapan interior dan aksesoris rumah. Jika di ruang tamu rumah anda dirasa sempit, anda bisa menambahkan cermin dengan ukuran yang tidak terlalu besar pada salah satu atau dua sisinya. Efek cermin akan menambah visualisasi sehingga ruangan akan terlihat lebih besar.

3. Menyingkirkan barang tidak terpakai

Kalau dirumah anda banyak sekali tumpukan barang, cobalah anda pilah mana barang yang masih digunakan dan mana barang yang sudah tidak digunakan dan layak dibuang. Barang yang kira-kira masih digunakan namun berserakan bisa ditempatkan di kotak seperti mainan anak. Dengan begitu ruang dirumah anda menjadi lebih lapang dan bisa anda gunakan sisa ruangan untuk hal lain yang lebih bermanfaat.

4. Furnitur Ukuran Besar

Demi untuk menghemat, biasanya orang malah menempatkan furnitur dengan ukuran kecil, namun karena kapasitasnya yang terbatas membuatnya harus membeli lagi furnitur lain namun dengan ukuran kecil. Jika berlangsung terus, lama-lama rumah akan penuh dengan furnitur. Ada baiknya anda memilih furnitur yang lebih besar dan memiliki kapasitas yang lebih banyak sehingga bisa menampung lebih banyak barang. Dengan demikian, rumah akan terlihat lebih luas dengan hanya sedikit sekali furnitur besar, daripada dengan banyak furnitur kecil.

5. Warna Plafon Rumah

Bukan hanya warna dinding yang perlu anda perhatikan agar rumah sempit terlihat luas, warna plafon turut berperan. Coba anda bayangkan atau simulasikan terlebih dahulu sebelum anda mulai mengecat plafon rumah. Pertama sesuaikan dengan warna dinding. Jangan mengambil warna yang kontras karena akan membuat ruangan seolah terbelah. Paling oke memang warna soft dan lembut.

6. Menempatkan Lukisan Besar

Bagi anda yang suka seni terutama lukisan, cara agar rumah sempit terlihat luas bisa dengan menempatkan lukisan besar pada salah satu ruangan yang menjadi obyeknya. Misalkan ditempatkan di ruang tamu sebagai sentral perhatian jika ada tamu yang datang ke rumah. Pilihlah lukisan dengan ukuran besar yang menurut anda menarik dan unik.
Facebook CommentsShowHide

0 comments