Cara Menjaga dan Merawat Rumput Agar Tetap Hijau di Musim Kemarau

Cara menjaga dan merawat rumput agar tetap hijau ketika musim kemarau tiba bagaimana? Memiliki taman di depan rumah yang ditumbuhi rerumputan hijau pasti membuat siapapun yang melihatnya akan merasa senang dan betah untuk terus memandangnya. Namun sebaliknya ketika melihat rumput yang kering kecoklatan membuat siapapun yang melihatnya ingin segera membuangnya dan menggantinya dengan yang lebih hijau. Biasanya rumput yang hijau akan tumbuh subur jika banyak kebutuhan terpenuhi termasuk ketersediaan air. Air yang sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali akan membuat rumput menjadi kering dan akhirnya mati.
Cara merawat rumput pada musim kemarau agar tidak kering

Ketersediaan air di wilayah Indonesia sangat dipengaruhi oleh 2 musim yang berlaku yaitu musim hujan dan kemarau. Sehingga datangnya musim kemarau bagi negara Indonesia adalah suatu keniscayaan oleh karena itu siapapun harus siap untuk melewatinya termasuk bagi anda punya taman dengan rumput rumput yang sengaja dipelihara.

Tampaknya sepele ketika mengatakan cara memelihara rumput. Sebab rumput tidak dipelihara saja akan tumbuh dengan sendirinya, itulah rumput liar, rumput yang tidak dikehendaki kehadirannya sehingga sangat layak untuk dicabut dan dibuang. Berbeda dengan rumput hias yang sengaja ditanam dan dipelihara agar terlihat indah sehingga dapat dinikmati oleh siapa saja. Saat musim kemarau menjadi masalah tersendiri bagi anda yang memilihara rumput. Nah, bagaimana cara merawat rumput di musim kemarau saat ketersediaan air menipis?

Berikut Cara Memelihara dan Merawat Rumput Pada Musim Kemarau

1. Bersihkan Gulma

Gulma merupakan tanaman yang mengganggu karena dapat gulma membuat tanaman lain sulit tumbuh dengan baik termasuk rumput. Jangan menunggu sampai gulma tumbuh dimana  mana. Justru selagi masih sedikit, membersihkan gulma menjadi lebih mudah dan tidak membuatkan waktu dan tenaga yang banyak

2. Pupuk

Mungkin ada yang bertanya-tanya, masa ada sih pupuk untuk rumput, bukannya rumput akan tumbuh dengan sendirinya meskipun tidak dipupuk. Anggapan ini ada benarnya, tapi juga salah sebab tanaman lain pun tetap bisa tumbuh meskipun tidak dipupuk. Nah, rumput yang kita tanam kan rumput hias yang sengaja ditanam agar bisa diambil manfaatnya yaitu keindahannya. Pemberian pupuk akan membuat rumput tumbuh subur. Pupuk untuk rumput yang bisa anda berikan seperti kompos, NPK. Pemberian pupuk pada musim kemarau akan membuat rumput mendapatkan zat zat yang diperlukan dengan mudah.
Baca juga: Rekomendasi Tanaman Hias Daun di Taman Rumah

3. Air

Ketika musim kemarau hampir semua tanaman akan kehilangan jumlah air. Rumput merupakan tanaman yang sangat cepat kering ketika musim kemarau tiba. Sehingga penyiraman rutin perlu dilakukan untuk menghindari agar rumput tidak mengering. Untuk merawat rumput pada musim kemarau, anda bisa membuat jadwal menyiram rumput 2 kali sehari yaitu pagi dan sore.

4. Pemangkasan

Cara merawat dan memelihara rumput agar tidak kering pada saat musim kemarau adalah dengan tidak memangkas terlalu pendek namun juga tidak membiarkan rumput tumbuh terlalu panjang. Ukuran yang pas untuk rumput saat musim kemarau adalah sekitar 5 - 10 cm.
Facebook CommentsShowHide

0 comments