Rekomendasi Tanaman Hias Daun di Taman Depan Rumah

Tanaman hias ada banyak jenisnya, salah satunya yang akan kami bahas adalah tanaman hias daun. Bagi anda yang hobi menata tanaman sekaligus taman, pasti tertarik untuk menata taman depan rumah agar menjadi lebih indah. Berbagai jenis tanaman atau rerumputan bisa diaplikasikan di taman yang berada di depan rumah. Warna hijau dedaunan sekaligus dengan warna-warni bunga yang tumbuh ditaman akan membuat rumah terlihat sejuk.

Kombinasi antara tanaman hias daun dan tanaman hias bunga di taman depan rumah membuatnya semakin asri. Warna-warna daun dari zat klorofil yang saling berpadu satu sama lain membuat taman atau obyek lain di rumah menjadi makin indah. Rekomendasi kami mengenai tanaman hias daun dari sekian ribu jenis yang tumbuh di Indonesia bisa anda terapkan di taman milik anda. Indonesia kaya akan berbagai jenis tanaman hias, jadi tidak perlu pergi jauh keluar negeri hanya sekedar membeli tanaman hias. Tanaman hias bisa anda peroleh di toko-toko yang menjual tanaman ataupun dari Saudara yang memang memiliki hobi mengkoleksi tanaman hias. Apa saja rekomendasi tanaman hiasnya?  Yuk dimari

Alternatif Tanaman Hias Daun di Taman Depan Rumah

1. Kuping Gajah

tanaman hias daun kuping gajah
Tanaman hias daun yang pertama untuk melengkapi koleksi tanaman hias di taman depan rumah anda adalah Kuping Gajah. Tanaman yang memiliki daun lebar ini sangat pas ditempat di depan rumah. Apalagi dengan warna hijaunya yang menyala berikut dengan alur urat daunnya yang terlihat jelas menjadikan tanaman yang sangat unik dan menarik sebagai tanaman hias. Kenapa kami rekomendasikan kuping gajah untuk anda? Sebab tanaman kuping gajah memiliki bentuk daun yang istimewa lagi unik. Apalagi tanaman ini sangat mudah dirawat dan tidak berbahaya untuk anak-anak. Selain ditempatkan di taman, kuping gajah juga bisa ditempatkan di teras atau beranda rumah. Hal yang harus diperhatikan, tanaman hias daun kuping gajah hanya membutuhkan sinar matahari yang sedikit, jadi penempatannya jangan ditempat yang terlalu terbuka.

2. Aglaonema

tanaman hias daun untuk taman depan rumah
Aglonema menjadi rekomendasi tanaman hias daun yang selanjutnya. Apa yang istimewa dari tanaman aglonema? Warna daunnya begitu menggoda, kombinasi antara merah muda dan hijau sehingga sangat unik ketika berada di taman. Tanamannya juga tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil, pas ditempatkan di bagian pinggir taman. Begitupun dengan perawatannya terbilang mudah dan tidak ada perlakuan khusus tertentu. Seperti halnya kuping gajah, aglonema tidak membutuhkan cahaya yang terlalu banyak sehingga perlu tempat yang teduh agar tanaman hias daun ini bisa bertahan lama. Sebenarnya tanaman ini bisa ditempatkan didalam ruangan, namun karena sangat sensitif terhadap udara panas jadi mudah layu.

3 Keladi Red Star

daun keladi red star tanaman hias indah keren
Ada suatu pepatah yang biasa dikatakan orang pada orang laik-laki yang sudah tua namun masih suka menggoda, tua tua keladi, makin tua makin menjadi. Ternyata berbeda pepatah yang terdengar negatif, tanaman keladi merupakan tanaman hias daun yang sangat indah. Daunnya lebar berbentuk bintang dengan warna warni seperti hijau, merah muda pada bagian tulang daun serta bercak putihnya. Karena daunnya berbentuk bintang, tidak heran tanaman hias ini dinamakan dengan keladi red star. Tanaman keladi sangat mudah untuk ditanam dan tidak perlu perawatan yang sulit untuk menjaga tanaman ini tetap hidup. Syaratnya cuma satu, yaitu media tanamnya harus lembab tidak boleh kering. Berbeda dengan aglonema dan kuping gajah, keladi red star memerlukan sinar matahari yang banyak agar  warna merah daunnya lebih kuat sehingga akan tampak lebih indah.

4. Tanaman Suplir

suplir tanaman hias daun indah dan top
Tanaman hias daun ini tergolong tanaman hias yang murah meriah. Karena di daerah pegunungan atau perbukitan tanaman ini mudah sekali diperoleh. Namanya adalah suplir, daun berbentuk lancip dan kecil-kecil namun rimbun. Suplir bukan hanya satu seperti tampak pada gambar diatas, ada banyak jenis suplir yang bisa diterapkan di taman depan rumah. Sebenarnya suplir cukup mudah untuk dirawat namun perlu udara yang bersih dan media yang lembab. Habitat alami suplir berada di sekitar sungai dan pada daerah dengan intensitas cahaya matahari yang rendah.

5 Dieffenbachia

tanaman hias daun Dieffenbachia warna hijau
Apa tanaman yang membuat bahagia? Jawabanya adalah tanaman Dieffenbachia. Tanaman hias daun ini terbilang sangat mudah perawatannya atau tanpa perawatan pun bisa dengan mudah berkembang biak dengan sendirinya. Hanya dengan media tanaman air yang diletakan didalam botol, lalu dimasukan batang tanaman Dieffenbachia, maka semakin akan tumbuh akar, kemudian daunnya juga tumbuh. Selain cocok untuk diletakan di luar rumah, Dieffenbachia juga pas diletakan di dalam ruangan atau di meja kantor sekalipun. Daunnya berbentuk lonjong memanjang dengan warna hijau dengan kombinasi warna putih. Jangan ragu untuk menjadi tanaman Dieffenbachia sebagai koleksi tanaman hias anda.

6.Tanaman Saka Asparagus Plumosus

tanaman hias daun asparagus-plumosus
Source: kebunbibit.id
Tanaman hias daun terakhir yang kami rekomendasikan untuk anda adalah tanaman asparagus-plumosus. Meskipun kecil tapi memiliki bentuk yang sangat unik dan indah. Termasuk ke dalam kelas paku pakuan namun memiliki daun yang lebat dan memiliki warna hijau. Tanaman ini begitu mudah ditanam, hanya saja membutuhkan cahaya matahari tidak langsung. Sehingga jika mau meletakannya di taman depan rumah, anda bisa menempatkannya di tempat yang terlindung.
Facebook CommentsShowHide

0 comments