Cara Menanam Palem Merah Untuk Budidaya Di Rumah

Bagaimana cara menanam palem merah untuk usaha budidaya di rumah? Tanaman hias sangat bermacam-macam. Ada yang tanaman hias bunga yang memang bisa dinikmati ketika berbunga. Ada tanaman hias peneduh ruangan yang berfungsi sebagai peneduh suatu ruangan atau taman. Ada lagi tanaman hias pohon-pohonan yang memang memiliki keindahan dari bentuk atau warna pohonnya. Seperti halnya tanaman hias palem merah, memiliki keunggulan sebagai tanaman hias karena punya batang yang berwarna merah. Batang merah ini bukan berasal dari hasil cat tapi memang alami berwarna merah.
cara menanam palem merah secara mudah di rumah

Harga palem merah yang cukup lumayan sekarang ini, membuat orang-orang mulai mencari tahu cara menanam palem merah. Tujuan mereka bisa menjualnya kembali setelah besar dan bisa mendapatkan uang lebih. Tanaman hias palem merah merupakan tanaman yang masuk dalam famili palem-paleman. Pohon palem merah bisa dijadikan sebagai tanaman sejak masih kecil, ukuran 1 meter atau 2 meter sudah bisa ditanam di taman rumah. Media tanam ketika kecil pun cukup mudah, bisa dengan menggunakan pot-pot kecil. Dan nanti jika sudah semakin besar dan dewasa bisa dipindahkan ke lahan yang lebih luas.

Menanam dan Budidaya palem merah sangat mudah tidak repot dalam perawatannya. Hanya saja anda perlu menyiapkan lahan untuk membesarkan dan cukup dengan sinar matahari. Menanam dan budidaya palem merah di rumah sangat mungkin dilakukan. Anda bisa menyediakan tempat disekitar rumah anda untuk menempatkan anakan palem merah. Secara lebih lengkap cara menanam tanaman hias palem merah sebagai berikut.

Langkah-langkah cara menanam Palem Merah

Cara Pembibitan Palem Merah

Pembibitan ini dilakukan untuk menghasilkan anakan palem merah kecil. Menurut mereka yang sudah berkecimpung dalam usaha budidaya palem merah, pembibitan ini cukup menjadi kendala karena sulit dan lama. Agar palem merah bisa menghasilkan anakan bisa dengan irisan bertahap ataupun irisan langsung. 
Pembibitan dengan irisan bertahap dengan mengiris bagian rimpangan anak (palem yang menggerombol  seperti pada gambar di atas). Pengirisan ini dilakukan bertahap seperempat bagian dahulu tiap 10 hari. Jadi akan selesai kurang lebih 40 hari. Pembibitan dengan irisan langsung dengan langsung mengiris anakan sampai putus namun masih tetap dalam rumpunnya. Setelah itu biarkan saja irisan berkembang dengan sendirinya. Dan jika sudah kua dan besar, anakna bisa diangkat dengan memutarnya.
Baca juga: Tanaman Hias Obat Di Taman Depan Rumah

Media Tanam Palem Merah

Setelah bibit palem merah tersedia, selanjutnya adalah menyediakan media tanam atau media tumbuh bagi palem merah. Anda bisa menumbuhkan palem merah di pot ataupun di polybag. Pot yang digunakan tidak sembarang pot, namun pot yang terbuat dari tanah liat. Jika dengan polybag tentu dengan polybag yang memiliki standar polybag pada umumnya. Ukuran pot ataupun polybag menyesuaikan dengan ukuran anakan palem merah.

Setelah pot atau polybag tersedia, selanjutnya anda perlu menyediakan tanahnya. Tanah yang baik untuk tanaman palem merah anakan adalah yang memiliki pH 6,5. Tanah ini bisa dicampur dengan pasir dan pupuk untuk menyediakan berbagai mineral dan nutrisi yang diperlukan oleh tumbuhan palem merah. Campuran ini baik pada perbandingan 1:1:1. Media lain yang bisa digunakan adalah sekam padi, sabut kelapa dan pasir yang dicampur. Campuran ini bisa berfungsi baik pada perbandingan 1:2:1.

Sebagai catatan, jika anda sulit menemukan tanah dengan kondisi terlalu asam dan tidak netral, anda bisa menambahkan kapur dolomite untuk menetralkan.

Penanaman Palem Merah

Selain ditanam menggunakan pot atau polybag, tanaman palem merah juga bisa dibudidayakan dengan menanam langsung di tanah. Dengan cara ini, anda harus menyediakan lahan yang lebih luas. Selain untuk menjaga agar tidak terlalu rapat sehingga matahari menyinari secara merata pada seluruh tanaman palem merah, juga untuk menjaga pertumbuhan akar agar merata. Jaga jarak antara tiap tanaman sejauh 3 meter. Sebelum mulai ditanam, siapkan lubang terlebih dahulu 2 minggu sebelum waktu tanam. Ukurannya sekitar 30 x 30 x 30 atau menyesuaikan dengan ukuran tanaman palem merah.

Perawatan

Setelah anda menanam tanaman palem merah, anda tinggal merawatnya agar palem merah bisa tumbuh dengan baik dan tidak layu atau mati. Perawatan yang perlu dilakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan air. Dalam keadaan kering, pohon palem merah harus tetap mendapatkan air yang cukup. Namun ketika musim hujan, anda tidak perlu menyiramnya terlalu sering.

Untuk mendapatkan nutrisi yang diperlukan oleh palem merah, anda bisa menambahkan pupuk pada palem merah. Anda bisa melingkari disekitar tanaman kemudian membubuhkan pupuknya. Pupuk yang baik tentu pupuk alami seperti pupuk kandang. Namun ada kalanya pupuk kandang saja tidak cukup, anda bisa menambahkan pupuk kimia pada tanaman palem merah.

Untuk mengetahui secara pasti dan detail cara menanam palem merah di rumah memang diperlukan praktek langsung, sehingga anda bisa mengetahui sendiri berbagai kendala yang terjadi dilapangan. Jika anda berhasil maka anda siap membuka budidaya palem merah di rumah. Selamat mencoba.
Facebook CommentsShowHide

0 comments