Bagaimana Cara Menanam Hidroponik Di Rumah Yang Mudah dan Praktis?

Tidak banyak yang tahu cara menanam hidroponik di rumah dengan mudah dan praktis. Dan pada tulisan kali ini kami akan mengetengahkan bagaimana menanam hidroponik di pekarangan rumah dengan mudah tanpa peralatan yang sulit. Kalau dulu menanam tanaman diharuskan memiliki lahan yang luas dengan pengairan dan penyinaran yang cukup. Belum lagi dengan berbagai hal terkait dengan pemupukan, perawatannya baik dari gulma yang mengganggu ataupun dari hama, juga dengan tenaga/ orang yang akan memelihara hingga tanaman menjadi menghasilkan. Itulah mengapa hobi tanaman atau tanaman menanam atau gardening atau berkebun menjadi hobi yang kurang diminati.

Saat ini menanam merupakan kegiatan yang menyenangkan. Selain sebagai hobi yang menarik, menanam juga dapat menghasilkan uang. Menanam juga bukan hanya terbatas bagi mereka yang tinggal di pedesaan dimana lahan masih tersedia luas, bercocok tanam ternyata bisa juga dilakukan mereka yang tinggal diperkotaan, bahkan ditempat yang padat penduduk sekalipun dengan lahan yang sangat sempit. Hidroponik menjadi cara menanam tanaman yang solutif di tengah lahan yang sempit dan tanah yang terbatas. Hidroponik dapat dilakukan tidak hanya di lahan terbuka, tapi juga di rumah. Nah lantas seperti apakah cara menanam hidroponik di rumah.
Baca juga: Cara Menjaga Agar Rumput Tetap Hijau di Musim Kemarau
Menanam dengan model hidroponik anda tidak perlu bingung dengan ketersediaan lahan, karena dengan media yang tersedia, anda bisa dengan mudah menanam tanaman baik secara horizontal ataupun secara vertikal. Kalau di rumah anda terdapat barang-barang yang sudah tidak terpakai, seperti kaleng bekas, botol bekas, paralon bahkan kain bekas, bisa memanfaatkannya untuk menanam tanaman menggunakan sistem hidroponik. Menanam tanaman secara hidroponik diyakini memiliki tingkat hasil yang tinggi dan waktu yang lebih cepat.

Cara menanam tanaman dengan hidroponik tidak hanya dapat dilakukan oleh mereka yang sudah ahli, tapi juga dapat dilakukan oleh pemula sekalipun. Berikut kita simak ulasannya.

Ini Cara menanam hidroponik di rumah

1. Hidroponik Menggunakan Nutrient Film Technique (NFT)

Pertama yang akan kami bagikan untuk adalah cara menanam hidroponik di rumah menggunakan NFT atau nutrient film technique. Jika dibandingkan dengan cara menanam tanaman secara hidroponik lainnya, dengan NFT nyatanya menjadi paling populer. Cara ini merupakan cara paling populer yang digunakan oleh banyak orang dalam mengaplikasikan cara menanam hidroponik.
cara hidroponik dengan teknik NFT

Cara menanam hidroponik di rumah dengan NFT ini tidak memerlukan media tanah. Bahan yang diperlukan hanya beberapa potong pipa atau talang dan pompa. Pompa yang digunakan adalah pompa yang biasa untuk aquarium. Pipa yang digunakan bisa berupa pipa paralon dengan ukuran baik panjang ataupun diameternya menyesuaikan. Caranya sebagai berikut:

  1. Siapkan paralon atau pipa atau talang dengan ukuran yang agak besar atau menyesuaikan dan pompa. Siapkan juga sambungan pipanya.
  2. Beri tanda pada pipa paralon untuk dibuat lubang, kemudian lubangi dengan bor pira. Berhati-hati lah dalam melubangi agar pipa tidak pecah. Buat beberapa lubang pada satu pipa dengan jarak antar masing-masing lubang tidak terlalu dekat.
  3. Susun pipa-pipa yang sudah dilubangi menjadi satu dengan menggunakan sambungan paralon. Susunan pipa harus memperkirakan aliran air di dalam pipa tidak terhambat.
  4. Susun pipa atau talang yang dipersiapkan untuk menjadi tempat menanam tanaman.
  5. Jika sudah terpasang, maka pada bagian ujungnya siapkan penampung.
  6. Pompa listrik digunakan untuk mengalirkan air dan campuran nutrisi yang berguna bagi tanaman.
Menanam hidroponik dengan menggunakan NFT ini memanfaatkan sifat tanaman yang menyerap makanan dan nutrisi melalui akarnya. Cara ini bisa digunakan untuk menanam sayuran hijau.

2. Hidroponik Menggunakan Teknik WICK

Cara menanam tanaman dengan cara hidroponik di rumah selanjutnya adalah dengan menggunakan teknik WICK. WICK artinya menggunakan sumbu untuk mengalirkan air dan nutrisi yang dibutuhkan ke dalam media tanam. Cara kerjanya mirip dengan kompor minyak yang menggunakan sumbu untuk mengalirkan minyak tanah.
cara menanam hidroponik di rumah dengan teknik sumbu wick

Bahan-bahan yang digunakan adalah

  1. Alat untuk memotong, bisa gunting atau cutter
  2. Botol bekas air mineral
  3. Sumbu bisa menggunakan sumbu kompor atau dengan kain flanel
  4. Alat untuk membuat lubang di botol bekas
  5. Air kaya nutrisi

Cara membuat :

  1. Botol bekas yang sudah disiapkan potong menjadi 2 bagian, kemudian tutup botol dilubangi dengan paku atau solder.
  2. Setelah itu, gabungkan antara bagian atas botol dan bawah. Namun bagian atas botol diletakan terbalik
  3. Lubangi tutup botol.
  4. Gabungkan ke dua bagian botol. Caranya adalah dengan membalik bagian moncong botol menghadap ke bawah.
  5. Setelah pas, pasanglah sumbu kompor atau kain flanel di tutup botol. Pada bagian bawah harus terendam air agar bisa mengalirkan air ke atas.
  6. Pada bagain atas isi dengan tanah secukupnya dan bisa ditanami dengan berbagai tanaman seperti cabai, tomat, dan lain-lain.
  7. Terakhir, pada bagian bawahnya diisi dengan air yang kaya nutrisi. 
Cara menanam hidroponik di rumah ini sangat mudah dilakukan dan praktis. Dan pastinya akan menyenangkan jika dilakukan bersama dengan keluarga anda.
Facebook CommentsShowHide

0 comments