--> Skip to main content

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Cat Dinding

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Cat Dinding - Setelah rumah selesai dibangun, belumlah selesai proses pembangunan sebuah rumah. Langkah selanjutnya untuk menjadikan rumah menjadi semakin menarik dan indah adalah dengan memberikan warna pada dinding dan bagian-bagian rumah yang lain. Pengecatan akan membuat rumah menjadi berwarna dan berkarakter. Dan pertimbangkanlah apakah akan menggunakan satu macam warna atau dengan kombinasi warna. Kedua hal tersebut akan menghasilkan dua hasil yang berbeda. Seperti apa tampak depan sebuah rumah akan dilihat dari kesesuaian warnanya. Agar hasil pengecatan baik dan mengesankan anda, maka anda perlu mengetahui bagaimana pencampuran antara air dan cat yang baik. Berapa kadar yang dibutuhkan agar cat yang menempel di dinding tidak terlalu pekat dan tidak terlalu cair. Jika anda mencampur tanpa mempedulikan takaran yang pas akan membuat hasil pengecatan menjadi tidak baik bahkan menghasilkan warna yang jelek. Menurut kami perbandingannya adalah dengan memperhatikan untuk apa tujuan pengecatan dan pada lapisa keberapa cat akan di tempelkan. 

Pada postingan kali ini kami tidak membicarakan lebih lanjut mengenai teknis pengecatan rumah, namun lebih ke Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Cat Dinding

Dengan menghitung kebutuhan cat dinding secara tepat, anda akan mengetahui berapa literkah kebutuhan cat yang anda butuhkan dalam mengecat rumah anda.

Cat Yang dibutuhkan = Luas Bagian Dinding / Luas 1 liter
Standard pemakaian cat (10 - 12) m2/liter, tiap pelapisan.

Dapat dicontohkan dengan ruangan yang berukuran 3m x 4m dan tinggi 3m.

Berapa cat yang dibutuhkan adalah:
= (2 x (3m + 4m)) x 3m / (12 m2/liter)
= 14 m x 3m / (12 m2/liter)
= 42 m2 / (12 m2/liter)
= 3.5 liter

Sesuai dengan perhitungan di atas, kebutuhan Cat untuk ruangan dengan ukuran 3m x 4m.
Dengan 1x pelapisan butuh 3,5 liter
Dengan 2x pelapisan butuh 7 liter atau 3 kaleng cat @ 2,5 liter

Catatan :

  • 1 Kaleng Cat berisi 2,5 liter, ada juga yang 5 liter.
  • 1 Pail (= ember) Cat berisi 20 liter.
  • Pelarutan atau pengenceran cat dapat dilakukan dengan cara menambahkan air bersih 5%-25% dari jumlah cat yang ada. Aduk-aduk hingga rata dan larut seluruhnya.
  • Jika dalam 1 kali pengecatan tidak mendapatkan hasil yang maksimal, maka lakukanlah lagi hingga mendapatkan warna yang pas dan sesuai.
Berbeda dengan pembelian dalam satuan liter, apabila anda membeli dengan satuan kilogram, rumus diatas tetap dapat digunakan namun dengan mengalikan pada koefisien 1.4

Mungkin itu saja yang dapat kami bagikan kali ini, coba anda lakukan perhitungan sendiri dirumah sebelum melakukan pengecatan. Lakukan survey kecil-kecilan juga berapa harga cat dengan kualitas yang berbeda dan dengan ukuran yang berbeda-beda. Mudah-mudahan postingan bagaimana cara menghitung kebutuhan cat dinding ini menambah wawasan anda. Baca juga desain rumah minimalis
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar