Tips Agar Rumah Lebih Nyaman, Mudah dan Biaya Murah

Bagaimana cara agar rumah lebih nyaman? Rumah yang nyaman pasti menjadi dambaan setiap orang. Memiliki rumah yang nyaman akan membuat penghuni betah untuk berlama-lama tinggal di rumah. Berbeda dengan rumah yang kesannya membosankan, penghuni akan senang berada di luar rumah daripada di rumah snediri. Namun tidak mungkin kondisi rumah nyaman akan tercipta dengan sendirinya. Rumah yang nyaman ternyata perlu di desain dan diciptakan oleh penghuninya sendiri.

Memanfaatkan waktu luang pada akhir pekan adalah salah satu cara untuk menciptakan rumah yang nyaman. Atau kalaupun tidak sempat dan tidak punya waktu untuk mengagendakan kegiatan seperti itu, bisa meminta orang lain untuk melakukannya. Berikut kami berikan cara dan tips agar rumah lebih nyaman dan enak untuk ditinggali yang dilansir dari kompas.com
tips agar rumah nyaman dihuni

Tips Agar Rumah Lebih Nyaman dan Enak Untuk Ditinggali

1. Bersihkan saluran air di atap

membersihkan saluran air atap agar rumah lebih nyaman
Rumah yang bocor ketika hujan pasti akan membuat penghuninya tidak tenang. Takut airnya menjadi banyak atau masuk ke aliran listrik. Atap yang bocor seringnya disebabkan karena saluran air yang tersumbat. Cobalah untuk naik ke atap genteng dan bersihkan saluran air genteng. Bisa jadi di saluran tersebut terdapat banyak sampah seperti daun busuk, tanah, sisa adukan bangunan bahkan bangkai tikus juga bisa anda temukan di saluran genteng. 

Agar lebih mudah untuk membersihkan saluran air diatap, sebaiknya bawa kantung plastik yang agak besar untuk menampung sampah yang sudah ditemukan. Jika saluran air di atap sudah bersih kemungkinan untuk bocor menjadi lebih kecil dan perasaan cemas kalau bocor ketika hujan akan berkurang dan rumah pun lebih nyaman untuk ditinggali.

2. Bersihkan karpet

Karpet biasanya diletakan di ruang keluarga atau di ruang tamu. Karpet yang bersih pasti akan membuat siapapun nyaman untuk duduk atau berdiri diatas karpet. Sebaliknya karpet yang kotor dan bau akan membuat siapapun jijik untuk untuk atau bahkan untuk berdiri takut terkena gatal. Bersihkan karpet secara rutin menggunakan sikat atau penyedot debu sehingga debu-debu atau kotoran yang ada dikarpet akan hilang. Biasanya karpet bau karena lembab sehingga kandungan airnya banyak, untuk mengatasi karpet yang bau bisa dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Sambil dipukul-pukul dengan sapu atau tongkat sehingga debu hilang.

JIka ada kotoran yang membandel seperti bekas makanan yang lengket bisa dengan menyikatnya dengan terlebih dahulu ditetesi atau disiram air, kemudian baru dijemur. Jika kotorannya sangat membandel dan tidak mungkin kita bersihkan sendiri, bisa dengan membawa ke tempat loundri. Dibersihkan di loundry malah hasilnya lebih bersih dan wangi. Pasti akan menjadi rumah yang nyaman jika karpet bersih dan wangi.

3. Mengelap jendela

Hal yang sepele namun sering orang melupakannya akibatnya rumah menjadi tidak nyaman. Membersihkan jendela sebenarnya menjadi hal rutin yang harus dilakukan baik seminggu sekali atau dua minggu sekali. Terutama untuk jendela luar yang langsung bersinggungan dengan udara luar. Sebab debu akan mudah sekali menempel di jendela meskipun baru saja dibersihkan. Bagi yang memiliki rumah tingkat, juga harus lebih semangat lagi untuk membersihkan jendela, sebab jendela yang berada di lantai 2 pasti akan lebih sulit untuk dibersihkan. Jika jendela sudah dibersihkan maka rumah akan terlihat lebih bersih dan kinclong.

4. Kosongkan laci

Fungsi laci didalam rumah baik itu dilemari atau dimeja adalah untuk menyimpan benda-benda berharga. Namun seringnya, benda-benda yang tidak dipakai dan lebih tepatnya tidak berguna masih saja tersimpan di dalam laci. Pasti akan tidak nyaman kalau di dalam laci ternyata penuh dengan sampah, makanya segera bongkar isi laci dan pilah barang yang penting dan yang tidak penting. Barang yang tidak penting dan layak untuk dibuang, ya segera dibuang. Jika laci sudah rapi pasti mencari apapun lebih mudah.

5. Memangkas pohon

Setelah semua hal didalam rumah sudah beres, kita beralih ke luar rumah. Meskipun keberadaan pohon akan menambah kesejukan dan kerindangan di rumah, namun pada saat dahan sudah sangat tinggi dan dahan sudah lebar sebaiknya pohon dipangkas. Apalagi kalau dahan sampai melewati pekarangan rumah tetangga pasti daun-daun akan mengotori halaman rumah tetangga. Agar anda nyaman dan tetangga tetangga juga nyaman, sebaiknya pangkas dahan dahan pohon yang sudah sangat panjang.

6. Jadwalkan pembasmi hama

Nyamuk akhir akhir menjadi hewan yang cukup berbabaya dan tidak diinginkan keberadaan. Timbulnya beberapa penyakit seperti demam berdarah sebabnya. Meskipun hanya nyamuk jenis tertentu namun keberadaanya tidak bisa ditanggulangi satu per satu. cara terbaik adalah dengan melakukan pembasmian. Begitu juga dengan hewan-hewan lain seperti kecoa dan tikus, adalah hewan yang hampir selalu ada di dalam rumah, apalagi rumah yang jarang dibersihkan.
Facebook CommentsShowHide

0 comments