Rekomendasi Tanaman Hias Tahan Panas Matahari

Apa ya tanaman hias tahan panas matahari? Karena kita tahu kalau di Indonesia memiliki iklim tropis dimana matahari bersinar sepanjang tahun. Sehingga sangat mungkin panas matahari terus menerpa tanaman hias yang ada di taman. Apalagi saat musim kemarau dengan intensitas cahaya matahari yang sangat tinggi tentu dibutuhkan tanaman hias yang tahan terhadap panas matahari. Begitupun dengan lokasi taman, bila berada di dalam rumah mungkin tidak masalah dengan, mau cahaya matahari terang atau tertutup awan tentu tidak menjadi masalah. Nah beda kondisinya jika taman atau lokasi tanaman hias berada di luar rumah, cahaya matahari menjadi lebih sensitif.

Jika anda salah memilih tanaman hias yang tidak tahan terhadap panas matahari pasti suatu saat akan menjadi masalah karena tanaman hias menjadi cepat layu. Kalau anda memilih tanaman hias tahan panas matahari pasti akan lebih awet dan tahan ketika terus menerus terkena paparan cahaya matahari.

Tanaman Hias Tahan Panas Matahari

1. Kaktus

kaktus tanaman hias yang tahan panas cahaya matahari
Bila anda sedang mencari tanaman hias yang tahan panas matahari, rekomendasi kami yang pertama adalah tanaman kaktus. Kaktus adalah tanaman hias asli dari Afrika dengan habitat asli di gurun yang kering dan panas. Kalau kaktus diterapkan di taman rumah anda pasti cocok. Kaktus tidak hanya bisa dijadikan salah satu koleksi di taman, namun bisa dijadikan sebagai pajangan sekaligus sebagai penghias ruangan. Memelihara tanaman kaktus sangat mudah karena membutuhkan air dengan kadar sedikit. Sebaba cadangan air sudah disimpan pada batang tanaman kaktus. Anda hanya perlu menyiram tanaman kaktus paling tidak 2 kali dalam sebulan. Bahkan ada yang bilang cukup 2 bulan sekali saja disiramnya.

2. Lidah mertua

tanaman hias tahan panas matahari pohon kamboja
Tanaman lidah mertua sudah pernah kami singgu sebelumnya pada artikel tanaman hias pembersih udara. Selain berfungsi sebagai pembersih udara, Lidah mertua juga sangat tahan terhadap sinar matahari. Lidah mertua bisa hidup pada kisaran suhu antara 5 derajat celcius sampai dengan 37 derajat celcius. Anda bisa menanam langsung ditanah ataupun di dalam pot.

3. Palem

tanaman hias-pohon-palem-merah
Pohon palem sangat mudah diperoleh di Indonesia dengan aneka warna ada yag merah dan hijau. Palem merupakan tanaman hias yang tahan terhadap terpaan sinar matahari. Jika pada tanah yang gersang dan kering dengan cuaca yang panas, jangan ragu untuk menaman tanaman hias Palem. Selain palem sebagai tanaman hias tahan panas matahari juga bisa membuat lingkungan disekitarnya menjadi rindang dan lebih sejuk.

4. Kamboja

tanaman hias pohon kamboja kuning
Tidak sedikit orang yang sangat menganggap mistis keberadaan pohon kamboja. Sebab pohon kamboja identik dengan suasana kuburan yang katanya mistis. Padahal pohon kamboja sangat indah jika ditanam di depan rumah. Apalagi sekarang, bunga kamboja memiliki bermacam varian dengan warna yang bermacam-macam pula, ada merah, putih dan kuning. Selain indah, tanaman hias ini juga merupakan tanaman hias yang tahan terhadap sinar matahari

5. Cemara

cemara tanaman hias tahan panas matahari
Pohon cemara adalah tanaman hias yang kami rekomendasikan untuk anda yang sedang mencari tanaman hias tahan panas matahari. Biasanya cemara tumbuh atau sengaja ditanam di daerah dataran tinggi, pegunungan dan hutan. Pohon ini bila berada di hutan bisa tumbuh sangat tinggi. Meskipun begitu, pohon cemara juga pantas dijadikan sebagai koleksi tanaman hias anda.

6. Beringin

contoh tanaman tahan cahaya matahari
Pohon beringin identik dengan alun-alun kota atau kabupaten terutama di pulau Jawa. Pohon beringin memiliki daun yang kecil kecil yang rimbun dan lebat. Kalau sudah tumbuh besar pohon beringin akan terlihat kokoh dan kuat dengan rimbunnya daun. Selain itu, pohon beringin juga bisa di bonsai dengan bentuk yang sangat menarik.

Facebook CommentsShowHide

0 comments