Ini Penyebab Gigi Berlubang Yang Harus Dihindari

Kenali apa penyebab gigi berlubang? Sakit gigi memang menyiksa, mau diam salah, apalagi tidak diam, makin salah. Sakit gigi bisa disebabkan oleh bermacam-macam sebab, bisa karena makanan yang terlalu dingin atau gigi yang terlalu sensitif dengan suhu sehingga pas cuaca dingin, langsung muncul sakit gigi. Ada juga sakit gigi yang disebabkan oleh gigi berlubang. Kebanyakan sakit gigi memang disebabkan oleh gigi yang berlubang.

Seringkali orang abai dengan kondisi ketika gigi berlubang. Padahal lambat laun jika dibiarkan akan timbul sakit gigi. Begitupun dengan penyebab gigi berlubang, kebanyakan tidak peduli apa saja perilaku atau makanan yang menyebabkan gigi berlubang. Mungkin sebabnya karena menganggap remeh dengan sakit gigi apalagi dengan gigi berlubang. Padahal gigi adalah sesuatu yang harus disentuh ketika makanan mulai masuk ke dalam tubuh. 
penyebab gigi berlubang yang harus dihindari
Source: Dakwatuna.com
Menurut survey yang dilakukan oleh WHO pada tahun 2000 mengemukakan bahwa 60-90% anak anak di negara industri memiliki masalah dengan gigi berlubang. Sementara di Indonesia berdasarkan riset pada tahun 2007 karies pada anak-anak mencapai 72,1%. Karies atau gigi berlubang adalah sebuah masalah kesehatan yang terdapat di rongga mulut. Tentu bukan masalah yang sepele dan harus menjadi perhatian para orang tua dan juga anak anak itu sendiri agar jangan sampai terkena karies atau gigi berlubang. Oleh karena pada artikel ini kami mengetengahkan apa saja penyebab gigi berlubang yang harus dihindari agar lebih waspada.

Ini Dia Penyebab Gigi Berlubang

1. Konsumsi Makanan Panas

Menikmati makanan atau minuman yang panas kadang menjadi suatu kenikmatan tersendiri misal bakso, soto, atau mie ayam. Begitupun dengan minuman, paling enak kalau disajikan dalam keadaan panas-panas. Namun anda perlu memperhatikan ini, mengkonsumsi makanan yang terlalu panas maka saat bersentuhan dengan gigi akan membuat lapisan enamel gigi menipis. Oleh karena itu, agar gigi tetap sehat dan tidak berlubang kurangi atau bahkan hindari minum dan makan makanan yang panas

2. Cara menyikat gigi yang salah

Sudah menjadi rahasia umum kalau menyikat gigi adalah suatu cara menjaga gigi agar tidak sakit. Namun jika menyikat gigi dilakukan secara salah bukannya menjadikan gigi sehat malah akan membuat gigi menjadi berlubang. Sepertinya kegiatan menyikat gigi adalah kegiatan yang sepele dan sangat mudah dilakukan, Namun sedikit yang memperhatikan kalau menyikat gigi tidak boleh terlalu lama, paling baik adalah antara 1 hingga 2 menit saja. Agar lebih baik hasilnya, menyikat gigi dengan melihat di cermin sehingga tahu dibagian gigi mana yang masih kotor. Menyikat gigi juga tidak boleh terlalu keras. Itulah penyebab gigi berlubang karena cara menyikat gigi yang salah.

3. Soda dan Asam

Banyak yang tidak mengira kalau kebiasaan menyikat gigi setelah mengkonumsi minuman berikut sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak gigi. Bagi anda yang suka sekali dengan minuman bersoda atau berenergi dan minuman yang mengandung asam, sebaiknya hindari untuk tidak minum sebelum menyikat gigi. Sebab setelah makan atau minum yang mengandung asam dengan menyikat gigi malah membuat zat asam menjadi menyebar rata ke seluruh bagian gigi dimulut. Hal ini bisa memicu gigi menjadi berlubang. Sebaiknya berkumurlah dulu sebelum menyikat gigi.
Baca juga: Bahaya Makan Es Batu

4. Frekuensi yang jarang

Memiliki kebiasaan menyikat gigi merupakan perilaku yang baik untuk menjaga kesehatan gigi. Bagi anda yang jarang menyikat gigi, hati hati karena perilaku yang tidak sehat dapat mengakibatkan dampak yang tidak sehat termasuk gigi. waktu menyikat gigi yang adalah pada 15 menit setelah anda makan dan 15 menit sebelum anda tidur.

5.Alat yang digunakan

Bagian gigi yang paling sulit dijangkau ketika menyikat gigi adalah bagian gigi paling ujung yaitu gigi geraham. Makanya gigi geraham ini yang paling rentang berlubang. Apalagi fungsi gigi geraham adalah untuk mengunyah dan menghaluskan makanan. Kalau sudah berlubang, pasti kegiatan makan menjadi lebih sulit untuk dilakukan. Agar gigi geraham tetap sehat dan tidak berlubang, cobalah untuk membeli sikat khusus gigi geraham. Sesekali bersihkan gigi geraham menggunakan sikat khusus tersebut.

6. Makanan terlalu manis

Penyebab gigi berlubang yang terakhir adalah makanan yang terlalu manis. Paling sering menimpa anak kecil karena memang anak kecil sulit sekali berhenti kalau sudah makan makanan manis. Orang dewasa pun tidak sedikit yang mengalami masalah dengan makanan manis. Sisa gula di mulut dapat menjadi pemicu munculnya bakteri penyebab gigi keropos dan berlubang dimulut. Agar gigi tidak berlubang, kurangi makanan yang terlalu manis dan bersihkan gigi setelah makan makanan manis.
Facebook CommentsShowHide

0 comments