Kuliner Khas Semarang Paling Enak dan Lezat, Jangan Dilewatkan

Mencari kuliner khas Semarang untuk dijadikan oleh oleh saat berkunjung ke Ibukota Jawa Tengah ini tidaklah sulit. Cukup banyak makanan khas Semarang yang bisa dibeli sebagai bawaan saat anda hendak pulang dari Semarang. Kalau anda sedang berada di luar negeri pun, kuliner asli Semarang tidak luput menjadi menu favorit yang dijadikan di restoran di luar negeri, apalagi kalau anda sedang berlibur di Semarang.

Kota Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kultur budaya dari berbagai etnis yang tinggal di Semarang, membuat kota ini kaya akan wisata kuliner. Berbagai kuliner khas sangat mudah ditemui di kota ini. Selengkapnya artikel ini akan membahas secara singkat andalan kuliner khas Semarang dibandingkan kuliner lainnya yang wajib dicoba saat berkunjung ke kota ini. 

Kuliner Khas Semarang Jawa Tengah Paling Enak dan Terkenal

1. Lumpia

Kuliner khas Semarang Lumpia Paling enak
Lumpia merupakan kuliner khas Semarang. Lumpia menjadi makanan khas Semarang paling banyak diminati. Lumpia dilapisi dengan lembaran gandum tipis yang digunakan untuk membungkus isian, ada beberapa perbedaan lumpia Semarang dan lumpia pada umumnya yang menjadikan makanan ini khas, berikut penjelasan singkatnya :

Isian

Kuliner khas semarang ini memiliki ciri khas yaitu pada isiannya. Isian Lumpia Semarang ini adalah rebung, udang, daging ayam, atau  telur. Sedikit berbeda pada lumpia pada umumnya yaitu hanya berisi rebung, wortel, atau kecambah.

Jenis

Lumpia semarang terbagi menjadi dua jenis yaitu lumpia basah dan kering. Lumpia basah tidak mengandung minyak dan teksturnya lembek karena dimasak dengan cara dikukus, sedangkan lumpia kering dimasak dengan cara digoreng dan tentunya crispy (renyah).

Saus pelengkap

Lumpia khas semarang disajikan dengan saus kental, daun bawang mentah dan potongan acar serta cabe rawit yang membuat rasa semakin nikmat.

2. Babat Gongso

Makanan khas Semarang babat gongso
Source: kitabmasakan.com

Babat Gongso merupakan menu kuliner  khas semarang dengan ramuan bumbu yang telah lintas generasi. Bahan dasarnya sendiri tentunya adalah babat yang telah dimasak hingga lunak terlebih dahulu. Apa sebenarnya yang membuat masakan khas Semarang ini enak? Yang  menjadikan Babat Gongso ini terkenal khas dan berbeda dengan babat yang lainnya adalah sebagai berikut :

Bahan bumbu rempah rempah dan campuran bahan

Campuran bahan selain babat atau jeroan adalah penambahan daging ayam. Rempah rempah untuk membuat bumbu masakan pada Babat Gongso adalah tumisan berupa bawang merah , bawang putih, jahe, daun salam, cabe merah dan rawit merah, dan ditambahkan kecap sehingga membuat sajian berwarna kecoklatan dan rasanya  pedas, manis, dan legit menjadi satu.

3. Tahu Gimbal

Masakan khas Semarang Tahu Gimbal
source: semarangkota.go.id

Kuliner khas Semarang selanjutnya adalah tahu gimbal. Dari tampilannya, tahu gimbal meripseperti Gado-gado atau sejenisnya yang menggunakan bumbu olahan kacang. Sajian tahu gimbal berisi tahu goreng, rajangan kol, lontong tauge, dan telur goreng . Salah satu yang membuat makanan ini unik dan khas adalah :

Gimbal atau udang yang digoreng dengan tepung (bakwan udang)

Gimbal ini disajikan dibagian atas dari bahan-bahan lainnya kemudian dicampur dengan bumbu kacang yang khas karena menggunakan petis udang. 

4. Tahu Pong

tahu pong oleh oleh khas semarang
Source: yukpiknik.com

Tahu Pong adalah tahu yang terkenal di kota Semarang. Sesuai namanya Tahu Pong berarti “tahu yang tidak memiliki isi”. Yang menjadikan makanan ini khas adalah :

Kuah sambal 

Untuk menambah rasa semakin nikmat, tahu ini disajikan panas dengan kuah sambal kecap petis dengan cara dicocol bersama tahu pong. Rasa kuah sambal ini manis dan gurih beserta bawang putih yang menjadikan aroma kuah sambal semakin kuat.

Penyajian dengan udang (gimbal), petis, dan acar mentimun

Tahu pong akan semakin nikmat dengan penambahan bakwan udang (gimbal), petis, dan acar timun yang membuat hidangan semakin segar dan nikmat.

5. Bandeng Presto

bandeng presto kuliner khas semarang paling enak
source:Pinterest.com

Bandeng Presto adalah andalan kuliner khas Semarang. Bandeng Presto adalah bandeng dengan duri lunak. Pengolahan bandeng ini dengan melumuri ikan dengan bumbu rempah-rempah dan dimasak dalam uap air tekanan tinggi dalam panci, sehingga terjamin kebersihan dan tentunya tanpa bahan pengawet.

Jenis

Bandeng otak-otak, Bandeng vakum kering dan basah, bandeng duri lunak, bandeng dalam sangkar, bandeng asap duri keras, dan bandeng tanpa vakum. Varian bandeng ini dapat dipilih sesuai selera oleh konsumen. Kemudian penyajian yang lebih nikmat yaitu  cukup dengan digoreng dan dicocol bersamaan dengan sambal yang tersedia di dalam box/kotak untuk rasa yang lebih nikmat.

Kira-kira mau membawa oleh oleh khas Semarang yang mana? Tidak usah bimbang dan bingung, karena semuanya kuliner khas Semarang itu enak enak dan pasti lezat. Demikian informasi makanan khas Semarang ini, semoga semakin tertarik dan penasaran untuk mencoba makan khas Semarang ini.. Terimakasih, salam.
Facebook CommentsShowHide

0 comments