Kuliner Khas Jogja Paling Terkenal dan Enak

Siapa yang pernah makan kuliner khas Jogja? Kalau saya sih ada beberapa yang sudah pernah mencicipi makanan khas Jogja. Jogja memang dari dulu terkenal bukan hanya karena tempat wisata yang menarik, tapi juga makanan asli Jogja yang memang menggoda lidah. Kalau anda mau membeli oleh oleh khas Jogja, anda tidak perlu bingung karena ada banyak sekali makanan tradisional Jogja yang bisa dijadikan sebagai oleh oleh kalau anda pulang ke kota anda masing-masing.

Bicara mengenai wisata yang ada di Kota Jogja memang tidak pernah habis ketika kita membicarakannya. Kota yang begitu romantis yang tertata dengan nyeni atau rapi ini selalu menjadi tempat spektakuliner untuk menikmati liburan. Tidak lengkap jika kita berbicara tentang wisata Jogja jika tidak membahas kuliner khas Jogja yang sangat nikmat ini. Berikut lima kuliner khas dari Kota Pelajar yang akan membuat Anda betah di Jogja :

Kuliner Khas Jogja Paling Enak dan Populer

1. Gudeg

Kuliner Khas Jogja gudeg
Source:wikipedia.org
Makanan khas Jogja ini terbuat dari nangka muda yang dikolaborasi dengan santan saat proses memasaknya. Siapa yang tidak mengenal Gudeg Jogja? Rasanya itu benar-benar sangat lezat, cobain deh sekarang kuliner khas jogja yang satu ini. Di Jogja ada tiga macam gudeg yang harus Anda rasakan. Yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Serta yang paling langkah adalah gudeg manggar. Pertama, Gudeg Basah merupakan gudeg dengan sajian kuah santan yang sangat gurih. Untuk Gudeg Kering terkenal dengan kuahnya yang kering dengan warna kecoklatan. Sedangkan Gudeg Manggar merupakan gudeg yang bahan dasarnya bunga dari pohon kelapa. Namun Gudeg Manggar sudah jarang untuk bisa kita temukan.
Baca juga: Kuliner Khas Semarang Paling Enak

2. Angkringan

Kuliner khas Jogja selanjutnya adalah angkringan. Jajan diangkringan sama saja dengan makan tapi biaya yang dikeluarkan tidak sebesar makan besar. Makannya angkringan sangat cocok bagi mahasiswa. Yah, memang di jogja gudangnya mahasiswa, makanya di jogja banyak tempat makan murah meriah lagi enak. Kalau bisa disebut selain sebagai kota pelajar, jogja bisa disebut juga sebagai kota angkringan.
tempat makan enak di jogja dan murah angkringan
Terdapat ratusan sampai ribuan angkringan yang ada di Kota Pelajar ini. Dahulu Angkringan didirikan oleh Mbah Pairo. Beliau adalah pendatang yang berasal dari Cawas, Kota Klaten sekitar tahun 1950. Mbah Pairo kemudian berkunjung ke Jogja. Pada tahun 1969, usaha pertama Mbah Pairo ini diwariskan kepada Lik Man. Beliau adalah putra dari Mbah Parto. Sehingga saat ini Angkringan yang paling terkenal adalah milik Lik Man. Menu andalan dari kuliner khas Jogja ini sangat bermacam-macam. Ada nasi kucing, berbagai jenis sate, serta tak kalah pentingnya gorengan yang harganya murah-meriah. Untuk minumannya sendiri yang paling popular adalah kopi joss. Kopi Joss adalah kopi panas dengan dicelupkan pada arang panas yang membara.

3. Soto Sulung dari Stasiun Tugu

makanan khas Jogja Soto-Sulung-Stasiun-Tugu
Source: jogja.semberani.com
Kita tahu bahwa Soto Sulung adalah makanan khas dari daerah Madura. Namun terdapat soto sulung terkenal dari Jogja. Soto itu bernama Soto Sulung Stasiun Tugu. Soto yang sangat melegenda dari Kota Jogja. Telah mulai dijual-belikan memasuki tahun 1968 dengan isi daging sapi serta jeroan sapi yang disiram dengan kuah pekat ditambah potongan kecil telur rebus. Soto Sulung Stasiun Tugu memiliki ciri khas daging yang empuk dan tidak bau amis. Warung soto ini terletak di kios dari area parkir selatan Stasiun Jogjakarta (Tugu).

4. Nasi Goreng Beringharjo

masakan khas jgja nasi goreng beringharjo
Kuliner khas Jogja yang satu ini memiliki kelezatan perpaduan kuliner dari Jawa dan Cina. Nasi goreng dengan dimasak dari daging ayam dan babi tersebut sudah mulai dijual-belikan pada tahun 1960 silam. Nasi Goreng ini memiliki rasa yang sangat lezat dengan bumbu khusus. Aroma dari bawang putih yang dimiliki Nasi Goreng ini tidak terlalu kuat sehingga mampu menciptakan citarasa yang sangat pas dilidah penikmatnya. Tidak asin dan juga terlalu terlalu manis. Nasi Goreng Beringharjo bisa Anda temui setiap malam antara pukul 19.00 di Jalan Pabringan Nomer 1, Kota Yogyakarta.

5. Oseng Mercon Bu Narti

wisata kuliner jogja oseng-oseng-mercon-bu-narti-jogja
Dengan mendengarnya saja Anda pasti sudah dapat merasakan sensasi pedasnya. Oseng-oseng ini terdiri dari daging sapi, irisan kikil, sedikit campuran gajih, dan ditambah dengan tulang muda. Untuk pencinta pedas, oseng mercon ini bisa menjadi daya tarik tersendiri saat berkunjung ke Kota Jogja. Rasanya pun sangat enak dengan disajikan bersama nasi putih yang masih panas. Kuliner Khas Jogja ini berada di Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan, Kota Yogyakarta.
Facebook CommentsShowHide

0 comments