Kuliner Khas Purworejo Jawa Tengah Paling Enak dan Mantab

Meskipun bertetangga, kuliner khas Purworejo ternyata tidak sama dengan kuliner khas Jogja. Makanan khas Purworejo punya ciri khas tersendiri yang berbeda dengan daerah lain. Masakan asli Purworejo ternyata enak enak dan sayang sekali kalau sampai terlewatkan begitu saja. Sebelum berbicara mengenai kuliner Purworejo, ada baiknya tahu dulu tentang Purworejo. Salah Kabupaten di Jawa Tengah ini berbatasan langsung dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain berbatasan dengan Jogja, batas lainnya adalah Kabupaten Wonosobo, Magelang di sebelah utara, dan Kebumen di sebelah barat. Purworejo memiliki wilayah lautan sehingga beberapa tempat wisata di Purworejo adalah berupa wisata pantai.

Mencari kuliner khas Purworejo tidaklah sulit. Kabupaten yang terkenal dengan Pramuka nya ini memiliki banyak makanan khas yang membuat wisatawan yang berkunjung akan merasa sangat menikmati kulinernya. Berikut kami coba ulaskan beberapa kuliner khas dari Kabupaten yang terkenal dengan Pramuka-nya ini :

Kuliner Khas Purworejo Paling Enak dan Lezat

1. Clorot

kuliner khas Purworejo paling enak dan lezat
Source: KSMTour.com
Clorot merupakan kue khas dari Purworejo dengan bahan dasar dari tepung beras dan juga gula merah. Kuliner Clorot dibungkus dengan menggunakan daun dari kelapa muda atau janur lalu digulung menyerupai terompet. Karena memiliki bahan dasar dari gula jawa tidak heran bila clorot sangat manis , enak serta lezat dan gurih. Clorot bisa kita temui di berbagai pasar yang ada di Kabupaten Purworejo.

2. Dawet Hitam

makanan khas Purworejo dawet hitam paling enak lezat
Adalah minuman khas dari Purworejo yang begitu fenomenal namanya. Minuman yang pas jika dinikmati pada cuaca panas ini umumnya digunakan sebagai minuman pamungkas dari acara pernikahan dan perhelatan resmi yang lainnya. Nama dari dawet hitam ini muncul karena cendol dari minuman ini memiliki warna hitam. Yang mana sangat berbeda dengan cendol lainnya dengan warna hijaunya. Cendol hitam adalah makanan khas dari tepung beras serta tepung tapioka. Lalu diberi sedikit campuran cairan berwarna hitam. Cairan ini berasal dari jerami padi yang dibakar. Lalu dilarutkan dengan menggunakan air bersih hingga jerami ini berwarna hitam kemudian disaring. 

3. Sate Winong

sate winong masakan enak khas purworejo
Kuliner khas Purworejo yang akan membuat siapapun kangen dan rindu dengan Purworejo adalah Sate Winong. Sate yang memiliki rasa khas dan juga enak ini memiliki banyak penggemar dari luar Kabupaten Purworejo. Sate dari Winong ini mulai ada sekitar tahun 1960-an denagn banyak penggemar yang menikmatinya. Sate Winong berasal dari daging kambing yang masih muda dengan dicampurkan dengan kecap khas dari Purworejo. Sate ini semakin terasa enak dan wangi dengan tambahan irisan dari daun jeruk. Makanan khas ini sangat banyak dijual di Purworejoitam 

4. Kue Lompong

kue lompong kue khas purworejo
Selain memiliki Kue Clorot, Purworejo juga memiliki kuliner khas yang banyak dijadikan sebagai oleh-oleh. Kuliner khas Purworejo ini bernama kue lompong. Kue Lompong  saat proses pemasakannya menggunakan batang dari pohon talas. Atau bahasa jawanya disebut wit lompong atau tanaman lompong. Karena hal inilah mengapa makanan khas ini dinamakan Kue Lompong. Kue yang memiliki tekstur kenyal dan rasa yang manis ini biasa dibuat menggunakan campuran dari tepung merang, tepung ketan serta beberapa sendok gula pasir. Untuk isi dari Kue Lompong biasanya berisi kacang tanah halus karena sudah ditumbuk sebelumnya. Alasan mengapa makanan ini terbuat dari tepung merang adalah konon agar adonan dari kue ini berwarna hitam gelap (pekat) pekat. Tepung merang merupakan salah satu pewarna alami yang sangat tidak berbahaya bagi kesehatan Anda.

5. Geblek

geblek makanan ringan khas purworejo
Untuk masyarakat dari Ibu Kota Jakarta pasti akan merasa konyol dan sedikit senyum setelah mendengar kuliner khas Purworejo. Makanan itu bernama Geblek. Jika kita melihat dari bentuknya, geblek merupakan makanan yang berbentuk bulat yang hampir menyerupai donat. Namun Geblek menggunakan tepung singkong sebagai bahan dasarnya. Geblek merupakan makanan yang sangat pas jika dijadikan oleh-oleh dari Purworejo. Sehingga Anda bisa menikmatinya walaupun tidak sedang berlibur dan berkunjung di Purworejo. Makanan ringan dari Purworejo tersebut sangat enaknya jika Anda menyantapnya saat masih panas. Karena akan lebih terasa gurih dan enak. Anda bisa memburu Geblek di pasar Baledono. Yang terletak tidak jauh dari Alun-alun Purworejo. Atau Anda bisa membelinya di sekitar pasar Jenar, Kabupaten Purworejo.
Facebook CommentsShowHide

0 comments