Kuliner Khas Solo Jawa Tengah Paling Enak dan Banyak Dicari

Selain dikenal sebagai kota Budaya, kuliner khas Solo juga cukup banyak dikenal dan diminati oleh banyak orang. Makanan khas Solo merupakan hasil dari cipta rasa dan karya yang bercampur menjadi satu dan menjadi sebuah produk khas dari kota asal Jawa Tengah ini. Solo juga dikenal sebagai kota Surakarta dan memiliki sebuah bandara internasional yang cukup besar yaitu Bandar Udara Adi Sumarmo. Di Solo juga terdapat beberapa Universitas yang cukup terkenal baik itu negeri maupun swasta seperti Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Muhammadiyah Solo dan lain-lain.

Menikmati kuliner khas Solo merupakan kenikmatan tersendiri, apalagi kalau anda menikmati langsung di kota Solo. Sebab selain rasa makanan khas Solo yang enak, juga karena keramahtamahan masyarakat yang sangat melekat jadi semakin enak deh rasanya. Solo bukanlah kota yang besar, kota Solo hanya sebuah Kota “ Kecil“ di Provinsi Jawa Tengah dengan luas hanya sekitar 44 kilometer persegi. Selain dikenal sebagai kota Budaya solo juga dikenal sebagai kota Batik. Pasalnya beragam motif batik diproduksi di Solo. Apalagi di Solo juga terdapat pabrik batik yang cukup besar di Indonesia.

Tampaknya kalau mencari oleh oleh khas Solo tidak akan sulit karena kuliner khas Solo cukup banyak tersebar. Agar saat anda mengunjungi memiliki cukup referensi makanan untuk dijadikan sebagai oleh oleh khas Solo, pada artikel ini kami akan membahas kuliner khas Solo. Berikut adalah ulasannya.

Kuliner Khas Solo Jawa Tengah Paling Enak dan Terkenal

1. WARUNG PECEL SOLO

Kuliner Khas Solo pecel solo
Source: indohoy.com
Wisata kuliner khas Solo yang satu ini sangat popular di Solo, karena menyajikan berbagai panganan tradisional. Warung Pecel Solo berlokasi di Jalan Soepomo Nomer 55, Mangkubumen, Kota Solo. Untuk jam operasional nya Warung Pecel Solo buka setiap jam 08.00 sampai dengan 16.00, dan disambung lagi pada jam 18.00 sampai dengan 22.00.
Baca juga: Kuliner Khas Semarang Paling Enak dan Terkenal
Warung ini memiliki makanan yang paling diincar oleh wisatawan. Makanan itu adalah pecel ndeso yang didalamnya ada nasi merah dengan tambahan daun bayam, daun kenikir, sedikit daun pepaya, bunga (kembang) turi, serta jantung pisang yang dicampurkan dengan sambel pecel dengan rasa manis-pedas yang menyatu. Warung ini juga menghadirkan minuman tradisional dari Solo. Seperti minuman Temu Lawak, Jamu Beras Kencur, dan berbagai minuman lainnya yang sangat segar walaupun disajikan panas sekalipun.

2. SRABI NOTOSUMAN

makanan khas Solo Srabi Notosuman
Source: solopos.com

Kuliner Khas dari Solo ini menjadi salah satu makanan khas Solo yang paling tua. Karena telah beroperasi sejak tahun 1923.Saat Anda berkunjung ke Solo, jangan pernah melewatkan kuliner khas ini. Karena inilah ciri khas dari kuliner Solo.
Srabi Notosuman merupakan perpaduan antara tepung beras dan juga santan. Adonan dari srabi ini dimasak dan diolah dalam cetakan yang berada di atas tungku kecil.
Tersedia berbagai variasi rasa yang ada pada Srabi Notosuman. Tercatat ada beberapa rasa original, strowberi dan juga coklat. Umumnya satu porsi dari srabi original berisikan dengan 10 buah dengan harga sekitar Rp 20.000, sedangkan untuk yang berasa hanya perlu membayar 25 ribu saja. Anda bisa membeli dan menemui berbagai gerai dari Srabi Notosuman yang berada di Jalan Mohammad Yamin Nomer 28, Kota Solo.

3. SOTO GADING

Kuliner Khas Solo ini berada di Jalan Brigadir Jenderal Sudiarto Nomer 75, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo. Atau berada di sekitaran daerah alun-alun selatan Kota Solo. Walaupun banyak penjual soto ini dibeberapa tempat di Kota Solo. Namun yang berada di Alun-Alun Solo ini memiliki rasa yang gurih dan berbeda dari soto lainnya.

Makanan khas Solo ini berisi nasi dan mie soon dengan suwiran atau potongan daging ayam yang kemudian disiram dengan menggunakan kuah bening dengan aroma rempah yang sangat gurih ini. Selain itu, biasanya di warung tempat jualan Soto Gading tersedia telur puyuh, aneka sosis, aneka tempe, jeroan dari daging sapi, dan berbagai aneka lauk-pauk. Namun sayangnya Soto Gading sudah banyak dikunjungi walaupun saat itu masih pukul 6 pagi. 

3. SAMBAL TUMPANG

olahan makanan khas solo sambal tumpang
Sambal Tumpang memiliki rasa yang sangat gurih dengan campuran rasa manis-sedikit pedas. Sambal ini bisa dinikmat dengan menggunakan nasi hangat dan juga bubur beras dengan tambahan bayam segar serta tauge. Umumnya untuk menghidangkan kuliner khas ini ada juga irisan tahu berwarna putih, tahu yang digoreng, aneka rempah-rempah serta tempe busuk’ yang menjadi bumbu pelengkap yang akan membuat hidangan ini semakin sedap saja. Warung “ Bu Kis “ yang menjual Sambal Tumbang ini mulai buka pada pukul 7 pagi sampai dengan 2 siang. Yang berlokasi di belakang gedung Pengadilan Negeri Solo atau dekat Rumah Sakit “ PKU Muhammadiyah “ Solo.

4. CABUK RAMBAK

cabuk rambak makanan khas solo oleh oleh
Makanan khas Solo yang terakhir yang wajib Anda nikmati adalah Cabuk rambak. Cabuk rambak adalah makanan yang menjadi cemilan dari masyarakat Solo. Cabuk rambak menjadi hidangan yang paling pas untuk dijadikan menu sarapan Anda, makan siang bahkan untuk mengisi perut saat malam hari tiba. Salah satu ciri khas dari kuliner Khas Solo ini adalah dihidangkan dengan pincuk atau tempat dari daun pisang. Cabuk rambak berisi dari irisan ketupat, sambal wijen dan juga kerupuk karak. Umumnya banyak tempat yang bisa Anda gunakan untuk menikmati makanan khas ini. Namun tempat kuliner yang terkenal dalam hal menjajakan makanan khas ini adalah Manahan, Kota Solo. Dengan citarasa yang lebih unggul dari tempat lainnya.

Facebook CommentsShowHide

0 comments