--> Skip to main content

Makanan Khas Tuban Paling Enak, Silahkan Dicoba

Makanan khas Tuban yang paling enak? Tuban dari dulu sudah terkenal dan menjadi kawasan yang memiliki pelabuhan cukup terpandang pada masa Majapahit. Sekarang pun Tuban menjadi daerah tujuan wisata di Jawa Timur karena memiliki cukup banyak tempat wisata yang menarik. Sambil berwisata tentu paling enak kalau mencari kuliner khas Tuban. Beberapan makanan asli Tuban juga ada yang bisa dijadikan sebagai oleh oleh khas Tuban kalau anda berkunjung kesana.

Tuban adalah sebuah kabupaten yang terletak di Pantai Utara Jawa Timur. Tuban memiliki pendukuk yang cukup banyak, ada sekitar 1,2 juta jiwa yang menghuni 20 kecamatan. Salah satu yang menarik saat berbicara mengenai berbagai daerah di Indonesia tentu adalah tentang kulinernya. Berikut ini adalah makanan khas Tuban yang layak anda coba

Makanan Khas Tuban Paling Enak, Silahkan Dicoba

BECEK MENTHOK

Bagi pecinta kuliner yang sedang berada di Tuban, langkahkan kaki anda menuju tempat makan yang akan menghidangkan salah satu makanan khas tuban yang mengesankan. Warung Sor Sawo milik mak Sutiah. Warung sederhana yang terbuat dari bambu di atas tanah 10 meterx20 meter ini akan menyajikan salah satu kuliner yang paling dicari di tanah Tuban, becek Menthok.
BECEK MENTHOK makanan khas tuban
Makanan khas Tuban ini berbahan dasar daging menthok yang dibumbui dengan bumbu rempah khas sehingga menghasilkan cita rasa yang sempurna. Untuk mencari warung Sor Sawo milik Mak Sutiah ini tidak sulit, anda bisa mencarinya melalui internet dengan google earth, atau bertanya kepada abang becak yang ada di jalan Wahidin Sudiro, warung Sor Sawo mak Sutiah ini sudah dikenal oleh masyarakat Tuban.
Baca juga: Makanan Khas Malang

KARE RAJUNGAN

Mungkin bagi anda yang bukan orang tuban sedikit asing dengan nama makanan ini. Tapi tidak bagi masyarakat Tuban, karena Kare Rajungan adalah salah satu makanan khas Tuban yang menggoyang lidah para pecinta kuliner, terutama kuliner pedas. Apa sih rajungan itu? Rajungan adalah sejenis kepiting tapi memiliki supit yang agak panjang dibanding kepiting biasa dan warnanaya juga agak merah kecoklat-coklatan, dagingnya juga lebih manis, empuk dan gurih dibanding kepiting biasa.
kuliner khas Tuban Kare-Rajungan
Kalau anda ingin menicipi kare rajungan yang khas ini maka tempat terbaik untuk anda adalah Kare Rajungan “Manunggal Jaya”. Asal nama depot ini diambil dari nama jalan. Depot ini terletak di jalan Manunggal, tepatnya di samping kantor Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Tuban dan persisi di depan SMA Negeri 3 Tuban. Bagi anda pecinta kuliner pedas, silahkan mampir mencicipi Kare Rajungan di Tuban.
Baca juga: Makanan Khas Jombang

SATE BEKICOT TUBAN

Yang satu ini cocok banget untuk anda pecinta kuliner ekstream. Bekicot atau siput adalah hewan yang biasanya berkembang biak secara liar dimusim penghujan. Di Tuban, bekicot menjadi salah satu makanan khas yang terbilang agak langka, mungkin disebabkan bekicot yang tidak setiap saat mudah dicari. Jika anda sedang ada di kota Tuban dan ingin mencoba kuliner yang lain dari biasanya, silahkan anda coba untuk merasakan sate bekicot khsa Tuban. Tempat yang direkomendasikan untuk mencicipi sate bekicot ini adalah warung ibu Zulaikha yang ada di jalan Diponegoro. Warung yang buka dari pukul 16.00 hingga 22.00 malam ini setiap harinya bisa menghabiskan 6 kilogram bekicot yang di dapat dari pasokan warga sekitar.
sate bekicot masakan khas tuban
Yang istimewa dari sate bekicot ini, selain memang rasanya yang gurih, sate bekicot dipercaya dapat menambah vitalitas dan menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti asma dan gatal-gatal. Cukup menantang bukan mencicipi makanan khas Tuban yang satu ini. Kalau anda merasa tertantang, silahkan coba sendiri sate bekicot khas Tuban yang pasti bergizi tinggi ini.    

BELUT PEDAS TUBAN

belut pedas makanan khas tradisional Tuban
Bagi yang suka dengan belut, sepertinya harus mencoba makanan khas Tuban yang satu ini, namanya adalah belut pedas. Sesuai namanya rasanya juga pedas. Belut diolah dengan digoreng terlebih dahulu sebelum dipenyel dengan sambal khas Tuban yang pedas. Menikmati belut pedas, kuliner khas Tuban paling mantab kalau disantap bersama legen atau tuak ataupun minuman khas Tuban lainnya. Kalau anda pengin mencoba menu belut pedas Tuban yang enak dan terkenal, bisa datang ke warung Mbah Woto.

Silahkan tentukan makanan khas Tuban mana yang akan terlebih dulu anda rasakan kenikmatanya. Akan tetapi jangan lewatkan kesempatan mencicipi semua kuliner di atas, sebab yang akan anda ceritakan tentang suatu daerah salah satunya adalah kulinernya, jangan lewatkan pengalaman makan enak yang ada di depan mata, selamat makan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar