Ini Dia Nama Ikan Hias di Aquarium Yang Tidak Gampang Mati

Apa sih nama ikan hias di aquarium yang tidak gampang mati? Memiliki ikan hias merupakan suatu hal yang menyenangkan dan menjadi hobi yang digemari oleh banyak orang. Namun, memelihara ikan hias di aquarium tidak semudah membalikan telapak tangan. Seorang penghobi ikan hias aquarium mesti belajar sabar karena harus selalu merawat bukan hanya ikan hiasnya saja, tapi juga aquariumnya. Seringkali ketika kita melihat ikan hias di pasar ikan dan tertarik untuk membeli. Tapi setelah dibeli dan baru beberapa hari dipelihara, ikan hias sudah menunjukan tanda tanda kematiannya dan akhirnya pun mati. Kalau harga ikan hias yang kita beli murah sih tidak masalah, kita membeli ikan hias yang sama atau yang lain di kesempatan berikutnya. Tapi kalau ikan hias yang kita beli ternyata mahal, sayang sekali dengan uang yang sudah kita keluarkan.

Meskipun kematian ikan hias bisa disebabkan oleh banyak hal seperti air yang kotor sehingga muncul jamur air, bakteri di air, banyak plankton yang menutupi air sehingga ikan kesulitan bernafas, bisa juga karena faktor manusia yang memilihara. Namun apabila yang dipelihara adalah ikan hias yang tahan dan tidak gampang mati tentu menjadi lebih awet dan bertahan lama di aquarium. Bagi anda yang masih pemula dalam memelihara ikan hias dan masih mencari cari ikan hias aquarium yang tidak gampang mati, akan kami bocorkan beberapa. Berikut ulasannya.

Ikan Hias Aquarium Yang Tidak Gampang Mati

1. Ikan Guppy

ikan guppy ikan hias air tawar tahan lama awet 
Rekomendasi ikan hias yang tidak gampang mati yang pertama adalah ikan guppy. Ikan ini pernah kami bahas sebelumnya di artikel ini. Ikan guppy termasuk golongan ikan hias air tawar yang memiliki tubuh kecil dengan bagian ekor lebar. Ikan hias ini memiliki warna yang menarik dengan satu ikan memiliki beberapa warna dengan kombinasi yang pas. Meskipun ditempatkan di aquarium yang minim peralatan udara seperti pompa oksigen, ikan guppy masih bisa hidup dengan baik. Kalau anda hanya punya ruang yang sedikit untuk aquarium di rumah, ikan hias guppy bisa menjadi pilihan. Cukup sediakan aquarium kecil dengan volume hanya 1 liter, ikan hias ini bisa hidup.

2. Ikan Cupang

Walaupun terkenal sebagai ikan aduan, tapi ikan cupang tetap eksotis dan menarik. Dengan tubuhnya yang mungil serta warna warni tubuhnya yang bermacam-macam membuat ikan cupang sangat layak dipelihara di aquarium anda. Ikan cupang adalah ikan hias aquarium yang tidak gampang mati. Coba saja kalau anda hanya menggunakan sebuat botol kecil, ikan cupang tetap bisa hidup. Yang penting anda tetap menjaga kebersihan medianya dengan mengganti air beberapa hari sekali.
ikan hias cupang untuk aquarium
Perlu diingat, ikan cupang kurang suka dengan cahaya terang, cupang lebih suka dengan tempat gelap. Usahakan kalau memilihara cupang, gunakan cahaya dengan intensitas rendah atau tidak ada cahaya sama sekali. Jenis dan varian ikan hias cupang sendiri ada banyak, silahkan pilih sendiri varian dan jenis ikan cupang yang menurun anda sukai.

3. Ikan Molly

ikan hias tidak gampang mati ikan molly 
Ikan hias yang tidak gampang mati selanjutnya adalah ikan molly. Lucu banget nama ikannya mirip dengan nama manusia yang memiliki paras cantik dan energik. Ya ikan molly memang ikan yang lucu dengan tubuh pendek serta bulat. Matanya agak melotot dan ikan ini senang untuk berenang dipermukaan. Jadi sangat pas kalau dipelihara di aquarium rumah. Paling menarik adalah ikan ini bisa dengan mudah berkembang biak, bahkan dalam sebuah aquarium sekalipun. Menarik bukan?

4. Ikan Platis

ikan platis atau platy untuk hias di aquarium rumah 
Ikan hias terakhir yang kami rekomendasikan untuk anda yang mencari ikan yang tidak gampang mati adalah ikan platis. Ikan platis terdiri atas bermacam macam jenis ikan, seperti halnya ikan molly, ikan platis juga mudah untuk berkembang biak walaupun hidup di dalam aquarium. Ikan ini dapat hidup lama di aquarium dan suka berenang di atas permukaan air. Jika merasa terancam, ikan ini juga bisa meloncat. Daya tahan ikan platis sungguh luar biasa, meskipun dalam aquarium yang tidak dilengkapi alat bantu oksigen.

Kira kira anda mau memelihara ikan hias yang mana? Tidak usah bingung, karena di Indonesia merupakan penghasil ikan hias ternama di dunia, jadi banyak pilihan.
Facebook CommentsShowHide

0 comments