Jenis Ikan Hias Air Tawar, Cocok Dipelihara di Aquarium Atau Kolam

Jenis ikan air tawar sangat banyak sekali, beberapa diantaranya merupakan jenis ikan hias air tawar yang cocok dipelihara di aquarium atau kolam. Memelihara ikan hias air tawar di aquarium sangat menyenangkan dan mudah dibandingkan dengan ikan hias air laut. Begitupun dengan nilai jualnya yang bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Pun begitu masih banyak jenis ikan hias yang hidup di air tawar yang memiliki harga murah.

Beruntung sekali kita sebagai orang Indonesia yang memiliki kekayaan alam melimpah termasuk melimpahnya beragam jenis ikan. Dari seluruh jenis ikan hias air tawar yang ada di dunia, Indonesia memberikan sumbangan hingga 70 persen. Kurang lebih ada 363 jenis ikan yang berasal dari Indonesia dan diekspor ke luar negeri. Angka yang sangat melimpah dan menggiurkan dari segi nilai ekonominya, ada yang berminat mengembangbiakan ikan hias?

Kenapa memelihara ikan hias begitu diminati? Menurut orang yang percaya, memelihara ikan dapat menjadi magnet rezeki. Seperti bagi orang Tiongkok kalau di dalam rumah terdapat ikan Lou Han, dipercaya akan mudah mendapatkan kekayaan. Begitu juga memelihara ikan arwana dipercaya akan mendatangkan kesehatan, kegembiraan, kemakmuran dan kekuasaan serta harta.
ikan hias air tawar keren banget gan
Selain itu, peminat ikan hias tidak terbatas kalangannya, mulai dari masyarakat biasa sampai para bangsawan, semuanya suka memelihara ikan hias. Fungsi ikan hias yang bisa memperindah ruangan dan memcantik suasana lingkungan membuatnya begitu diburu. Aquarium yang telah diisi ikan hias, bisa ditempatkan di sudut ruangan mulai dari ruangan dengan ukuran besar hingga ruangan yang hanya sebuah kamar saja. Atau untuk luar ruangan, sudah umum sekarang dibangun kolam ikan dengan desain alami yang didalamnya ditaruh beberapa ekor ikan hias air tawar. Ikan hias memang penting dalam urusan memperindah ruang baik ruang terbuka atau di dalam ruangan.

Manfaat lain dari memelihara ikan hias adalah dapat membantu relaksasi pikiran dan otak. Anda yang sudah bekerja seharian dan memperoleh beragam tekanan dari atasan sehingga membutuhkan penyegaran kembali otak dan pikiran, dengan melihat jernihnya aquarium sambil mengamati pergerakan ikan, dapat membantu otak kembali fresh dan jernih. Atau dengan keluar sebentar dan berdiri atau duduk disamping kolam ikan yang dipenuhi ikan ikan hias air tawar akan membuat suasana hati menjadi kembali bahagia.
Baca juga: Ciri Ciri Kucing Anggora Asli
Sangat rugi kalau kita sebagai orang Indonesia yang menghasilkan banyak jenis ikan hias air tawar untuk dikirim ke luar negeri tapi kita tidak mengetahuinya. Nah, beberapa ikan hias air tawar yang kami rekomendasikan untuk dipelihara di rumah atau di kantor baik di aquarium atau kolam ikan adalah sebagai berikut

Ini Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Pas dan Cocok Dipelihara di Aquarium atau Kolam

1. Ikan Koi (Cyprinus carpio L)

Ikan koi adalah ikan yang sangat indah dan menawan dengan warnanya yang sangat mencolok, merah, orange, putih, hitam, nila semua bercampur menjadi satu. Ikan koi adalah jenis ikan hias air tawar yang asalnya dari negeri sakura Jepang. Ikan koi ini mulai populer di Jepang tahun 1820 an. Ikan koi berhasil dikawinsilangkan oleh penangkar ikan dari Jepang sehingga sekarang ikan koi ini memiliki banyak varian warna yang sangat indah. Ikan koi sendiri merupakan istilah di Jepang untuk menamai ikan hasil kawin silang tadi.
koi ikan hias pengisi kolam
Source: itphot.shdongliang.net
Bagi anda yang ingin memelihara ikan koi di aquarium, saran kami sebaiknya jangan dilakukan sebab ikan koi tergolong ikan senang bergerak jadi ikan hias air tawar ini cocoknya dipelihara di kolam ikan. Bagi yang belum tahu, ikan koi sebenarnya merupakan hasil kawin silang dari ikan mas (karper). Tahu sendiri kan, ikan mas memiliki banyak warna, ada yang hitam, ada putih, nila ada juga yang merah. Ikan koi memiliki kombinasi dari beberapa warna tadi dalam satu ekor ikan, inilah uniknya ikan koi.

Meskipun awalnya dari ikan mas, tapi tidak membuat ikan koi sebagai ikan untuk konsumsi. Ikan koi lebih utama dijadikan sebagai ikan hias karena kekhasan warna sisiknya. Kalau untuk konsumsi biasanya karena ikan koi yang sudah mau mati atau karena baru saja mati. Tapi siapa sih mau mau makan jasad ikan hias peliharaan apalagi kalau itu adalah ikan hias kesayangan.

Jenis ikan koi sendiri ada banyak, ikan ikan koi dikategorikan dan diklasifikasi untuk mengidentifikasi harga dan kualitasnya. Umumnya pengklasifikasian ikan koi adalah ikan koi Gosanke, Kohaku, Utsurimono, Shiro, Asagi, Hikarimono, Tancho, Hikarimoyo, Goromo, Matsuba dan Kawarimono.

2. Ikan Koki (Carrasius auratus)

Meskipun nama ikan hias air tawar ini koki tapi jangan mengira ikan ini seperti koki yang bisa masak atau malah enak dimakan. Ada yang menamakan ikan koki dengan ikan mas koki, mungkin karena warnanya mirip dengan warna emas yang merah keemasan. Tapi ada juga koq warna ikan koki yang putih atau warna warni putih dan merah. Ikan koki adalah ikan yang sangat unik, kecil, mungil, gendut perutnya, mata melotot tapi tetap terlihat lucu dan indah.
ikan koki ikan hias pengisi aquarium
Source: crazygallery.info
Ada yang tahu ikan hias koki berasal dari mana? Ikan koki kabarnya berasal dari China dan berkembang baik di Negara Jepang. Ikan koki memang mirip dengan ikan mas karena masih satu famili dengan ikan mas. Berarti tidak salah kalau ada yang menamakannya dengan ikan mas koki. Kalau anda mau membeli ikan koki, jangan heran kalau menemukan ikan koki dengan harga mahal. Tapi, masih ada banyak koq ikan koki yang murah.

Jenis ikan hias air tawar mas koki ada banyak seperti Koki Oranda, Koki Rancu, Koki Bubble Eye, Koki Ryukin, Koki Komet, Koki Black Moor, Koki Calico, Koki Butterfly Tail, Koki Choten Gan, Koki Mutiara, Koki Fantail, Koki Lionhead, Koki Hanafusa, Koki Telescope Eye, Panda Moor, Koki Shubunkin, Koki Tosakin, Koki Sakura, Koki Watonoi dan Koki Wakin. Meskipun sama sama ikan mas koki, namun masing masing memiliki ciri ciri sendiri yang unik dan berbeda.

3. Ikan Arwana Scleropages sp.

Ikan arwana adalah jenis ikan hias air tawar asli Indonesia yang populer di dunia. Ikan arwana memiliki daya tarik bagi setiap orang untuk memilikinya. Tidak heran harga untuk satu ekor ikan arwana mencapai jutaan rupiah bahkan untuk jenis tertentu seperti Super Red Albino laku terjual dengan harga fantastis yaitu 1 Milyar Rupiah, di tahun 2010. 
ikan arwana hias keren bagus banget
Di beberapa tempat ikan arwana memiliki nama berbeda, sebut saja ikan naga, ikan siluk atau silok, ikan payang, ikan kalikasa, ikan khayangan. Bagi yang belum tahu ikan purba, mungkin bisa melihat bentuk ikan arwana karena ikan arwana tergolong ikan purba yang masih ada hingga saat ini. Ikan hias arwana bisa mencapai ukuran yang fantastis jika sudah dewasa, telurnya saja seperti telur burung puyuh.

Meskipun asli Indonesia, tapi arwana termasuk salah satu hewan yang dilindungi, jadi jangan pernah sembarangan menangkap apalagi sampai membunuhnya. Makanan ikan arwana adalah ikan kecil lain, serangga bahkan kadal dan hewan ampibi juga tak luput jadi makanan ikan arwana. Meskipun hidup sebagai ikan predator, tapi karena tubuhnya yang menawan dengan warna sisiknya yang menyala ramping sekaligus gagah membuat ikan hias ini tidak selayaknya predator. 

Beberapa jenis ikan arwana seperti ikan arwana emas, arwana hijau, arwana irian dan lain lain. Anda bisa memelihara ikan arwana di aquarium jika usia arwana masih muda dan ukurannya kecil. Tapi kalau ukurannya sudah besar sepertinya harus dipelihara dikolam khusus.

Ciri-ciri Ikan Arwana:

Sekarang marak sekali dengan kasus penipuan, ada beras palsu, telur palsu, bedak palsu, obat palsu. Jangan sampai ikan arwana yang akan beli ternyata palsu, untuk itu simak ciri ciri ikan arwana berikut ini:
Ikan hias air tawar ikan arwana ciri ciri
Source: citraarowana.com
Pertama lihat dulu bentuk tubuhnya, kalau anda perhatikan pada gambar diatas, akan terlihat bentuk tubuh pipih dengan punggung datar, jika ditarik garis lurus dari mulut ke punggung akan hampir hampir lurus. Mulutnya mengarah keatas dan pada bagian bawah mulut terdapat 2 sungut. Giginya mencapai 15-17 buah yang cukup tajam untuk mengoyak mangsanya.

Ikan hias air tawar arwana sendiri umumnya memiliki panjang 30 cm sampai dengan 80 cm dengan ukuran sisik yang cukup besar dan mengkilap. Sisiknya meliknya dengan warna yang bervariasi antara satu ikan arwana dengan ikan arwana yang lain. Beberapa orang juga menamakan ikan arwana sesuai dengan warna sisiknya seperti Arwana merah (Red Arowana), Arwana kuning (Golden Arowana), Arwana hijau (Green Arowana), merah kuning (Arwana Golden Red) dan lain lain.

Ada juga yang menamakan ikan arwana dengan ikan kimliong atau ikan naga emas karena ketika berenang, ikan arwana mirip dengan liong atau naga.

4. Ikan Cupang (Betta sp)

Ikan cupang bukan saja dimanfaatkan sebagai ikan aduan saja tetapi bisa menjadi salah satu koleksi ikan hias air tawar anda di aquarium. Ikan ini memiliki bentuk yang indah dengan warna yang bervariasi sehingga cocok sebagai ikan hias. Ikan cupang sangat mudah beradaptasi dengan keadaan sekitar, walaupun dengan sedikit air dan oksigen. Aslinya, ikan cupang berasal dari rawa rawa yang hidup di daerah tropis. Makanya kalau dilakukan pengembangbiakan ikan cupang di Indonesia, sangat pas sekali.
jenis ikan hias air tawar paling keren cupang fish
Karena ikan ini sangat agresif dan akan bertarung jika dimasukan kedalam wadah yang sama dengan ikan cupang yang lain, sebaiknya penempatan ikan cupang dilakukan secara sendiri sendiri. Ikan cupang sendiri terdiri atas beberapa jenis seperti cupang halfmoon, cupang serit (crown tail), laga (plakat), cagak (double tail), giant (raksasa), cupang liar dan lain lain.

Ciri ciri ikan hias cupang adalah badannya ramping (full pressed body) namun kalau diperhatikan terdapat cekungan halus pada ujung badan sampai samping perut, dahinya mirip ikan arwana dan sisik kecil karena menyesuaikan dengan bentuk tubuhnya yang kecil juga. Ciri ikan cupang lainnya adalah ring bibir tebal, pada jari2 sirip ekor lebih halus dan rapat, kalau dilihat sekilas karakternya sepertinya cool tapi sebenarnya ganas.

5. Ikan Discus (Symphysodon discus)


Jenis ikan hias air tawar berikutnya yang kami rekomendasikan untuk anda pecinta ikan hias adalah ikan discus atau nama latinnay symphysodon discus. Ikan hias ini bukan ikan asli Indonesia tapi dapat hidup dengan baik di Indonesia karena asal dari daerah tropis yaitu Sungai Amazon. Memang banyak satwa yang unik dan menarik dari Sungai Amazon.
ikan hias discus asal sungai amazon amerika selatan
Ikan discus menjadi ikan hias populer yang diminati banyak orang karena tubuhnya memiliki warna yang menarik dengan corak dan kombinasi yang pas. Apalagi bentuknya pipih tipis lebar membuatnya tampil lebih elegan ketika dimasukan ke aquarium. Apalagi hampir diseluruh tubuhnya terdapat garis melintang dengan warna pas yang melintang dari ekor sampai kepala.

Ikan hias discus ini sangat rentan terhadap stress yang berakibat menjadi mudah terkena penyakit. Oleh karena itu ketika anda memilihara ikan hias di aquarium rumah, sebaiknya hindarkan perilaku yang dapat membuat ikan discus menjadi stress. Resiko terkena penyakit pada ikan discus akan semakin besar jika kebersihan aquarium kurang terjaga.Untuk itu selalu jaga kebersihan aquarium anda dan usahakan agar suhu air di aquarium tetap terjaga kondisinya sekitar 27 - 32 derajat celcius.

6. Ikan Komet


Ikan_Komet ikan hias air tawar yang indah 
Namanya keren, "ikan komet" seperti nama benda angkasa yang beterbangan bebas luar angkasa. Ikan hias ini juga memiliki nama latin Carassius auratus yang artinya ikan mas hias. Ya, memang ikan komet sebenarnya masih satu famili dengan ikan mas. Ada juga yang menggolongkannya dengan ikan mas koki. Ikan komet berasal dari Jepang, berbeda dengan nenek moyang nya ikan mas yang berasal dari China. Mungkin karena di Jepang teknologi perkembangbiakan ikan lebih maju dari China.

Jenis ikan hias air tawar ini sangat digemari di Indonesia, mungkin karena sudah banyak yang familier dengan bentuk ikan mas yang sangat mirip dengan ikan komet. Ikan komet memiliki tubuh ramping dan warna sisik putih perak serta mengkilap dan merah.

Ikan banyak dipelihara terutama untuk koleksi aquarium karena ikan komet punya warna sisik yang indah,bentuknya aduhai dan tampilan menarik jika dipajang dalam aquarium. Meskipun agak besar, tapi ikan ini lincah bergerak, mudah dipelihara dan tidak rewel/ manja. Ada juga yang menjadikan ikan komet sebagai penghuni kolam kolam ikan karena memang ikan ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan.

7. Ikan Lou Han (Flowerhorn)


Bagi masyarakat Tiong Hoa mereka mempercayai adanya hari baik dan hari buruk serta keberuntungan. Katanya dengan memelihara ikan lou han, akan membawa kepada keberuntungan. Ikan hias air tawar Lou Han ini sangat populer di Indonesia. Sempat pada masa awal milenium, lou han menjadi primadona ikan hias dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Apalagi jika memiliki corak tertentu yang unik dan menarik pasti akan semakin meningkatkan nilai jualnya.
lou han ikan hias air tawar pembawa keberuntungan katanya
Source: tropicwater.blogspot.com

Ciri khas yang paling unik dan menonjol dari ikan louhan ini adalah terdapat tonjolan di kepala seperti bola. Kalau diperhatikan, kadang mukanya seperti menyerupai muka manusia. Hal menarik lainnya dari ikan hias Lou Han adalah sisiknya berwarna warni, kadang jika pemilik beruntung, akan mendapati ikan Lou Han-nya mengeluarkan corak tulisan tertentu.

Ikan Lau Han banyak dibudidayakan oleh petani ikan di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan permintaan ikan lau han dari luar negeri seperti China dan Jepang. Siapa yang sudah memelihara jenis ikan hias air tawar yang satu ini?

8. Ikan Guppy

Bagi anda pecinta ikan hias pasti sudah tidak asing lagi dengan Ikan Guppy. Ikan hias Guppy berasal dari Amerika Tengah. Negara di kawasan Amerika Tengah dan selatan atau lebih dikenal dengan Suwadakar. Ikan hias air tawar ini begitu populer di Indonesia sebagai ikan hias Aquarium. Penyebaran di Indonesia sendiri sudah sangat lama, sekitar tahun 1920.
jenis ikan hias guppy lucu dan indah
Ada beberapa nama untuk ikan Gupi seperti ikan seribu, cere, atau suwadakar (Poecilia reticulata). Hal yang unik dari ikan guppy adalah ketika proses menarik pasangan, dia akan kelihatan sangat lucu dan menggemaskan. Makanya, meskipun ukurannya kecil, tapi jadi satu ikan hias favorit yang paling banyak diburu penggemar ikan hias air tawar.

Guppy fish atau ikan gupi memang sangat menawan dan cocok dijadikan sebagai ikan hias. Warnaya yang beraneka rupa serta sirip yang panjang dan seolah menari ketika bergerak membuat ikan guppy sangat cantik dan makin indah dipandang di aquarium. Bagi anda yang memelihara ikan gupi, anda tidak perlu khawatir karena perawatannya cukup mudah

9. Ikan Oskar

Selain piala Oscar, ada hal lain yang menarik dari nama oscar yaitu ikan Oskar. Jika anda seorang pecinta ikan hias pasti tahu ikan oskar ini. Kalau anda melihat sekilas, pasti akan mengira kalau ikan oskar ini adalah ikan mujair. Atau malah ada yang mengira jenis mujair nila. Padahal bukan, ikan oscar lebih indah karena memiliki sisik yang berwarna warni.
ikan hias di air tawar oskar
Ikan oscar ini adalah ikan yang berasal dari Amerika selatan, mungkin dari Sungai Amazon. Memang kawasan Amerika Selatan menyimpan ribuan flora dan fauna yang sangat eksotis. Ikan Oskar tergolong ikan predator karena makananya adalah ikan lain yang lebih kecil. Hidup secara kelompok dan ikan oscar sangat setia pada pasangannya, jadi jangan pernah mengganggu pasangannya ya.

Sebagian ikan predator memang memiliki sifat lebih tenang, terlihat tidak agresif dan cool padahal aslinya mereka bisa dengan cepat memangsa ikan ikan yang lebih kecil. Seperti ikan oskar ini, tenang.

10. Ikan Manfish

Ikan hias air tawar ini memiliki tubuh kecil dan pipih, namun hal yang membuatnya indah adalah corak warna sisiknya yang menyala dan umumnya terdiri lebih dari satu macam warna. Perilakunya pun sangat baik, ikan manfish akan melindungi keturunannya dari serangan musuh atau pun dari ikan manfish lain. Berbeda banget kan dengan ikan cupang yang hobinya bertarung.
ikan hias manfish
Sebutan lain untuk ikan manfish adalah angel fish (bidadari), bukan tanpa sebab menamainya denagn angel fish. Lihat saja keindahan tubuhnya, cocoklah jika dinamakan dengan angel fish. Ikan manfsih masih satu keluarga dengan Chiclidae. 

Bagi anda yang akan memelihara ikan manfish sebaiknya pilih ikan manfish yang berumur 7 bulan atau kira kira yang memiliki panjang 7,5 cm. Untuk urusan makanan, ikan manfish tergolong suka semua jenis makanan atau omnivora. Namun jika anda ingin memberikan gizi yg baik, rekomendasi kami adalah berikan makanan berupa jentik nyamuk atau cacing tubifex. Mungkin yang perlu diperhatikan adalah ketahanan ikan hias manfish terhadap serangan penyakit yang agak rendah sehingga perlu diberikan obat antara lain seperti Oxytetracycline dan juga garam.

11. Ikan Neon Tetra

Jenis ikan hias air tawar terakhir yang kami rekomendasikan untuk anda adalah ikan neon tetra. Nama latinnya adalah paracheirodon innesi dan sisik berwarna biru terang dan putih perak. Beberapa jenis ikan neon tetra adalah neon tetra,  neon api, neon tetra albino, neon blue eyes dan black neon. Meski asalnya bukan dari Indonesia tapi dari Amerika tepatnya dari Sungai Amazon, ikan neon tetra banyak dikembangbiakan di Indonesia untuk dijual ke luar negeri. 
ikan hias neon tetra hidup di air tawar aquarium dan kolam
Ikan hias Neon Tetra adalah ikan hias yang tahan terhadap serangan penyakit sehingga pemelihara tidak perlu susah memberikan obat anti penyakit ikan. Ikan ini senang berkelompok, makanya para pemelihara lebih senang memilihara dalam jumlah banyak sekaligus agar menyesuaikan dengan habitat aslinya di alam.

Mungkin itu saja beberapa jenis ikan hias air tawar yang cocok untuk hunian di aquarium rumah ataupun kolam hias di sekitar rumah anda. Di lain kesempatan akan kami update kembali informasi mengenai berbagai ikan hias di dunia.

Facebook CommentsShowHide

0 comments