Ini Dia Penyebab Penyakit Diabetes Yang Harus Diwaspadai

Banyak sekali penyebab diabetes, namun apa sih yang menjadi penyebab utama timbulnya penyakit diabetes. Sebagaimana kita tahu penyakit diabetes adalah penyakit yang cukup mematikan, dimana orang yang terkena penyakit ini memiliki kadar gula darah yang sangat tinggi dan tidak dapat dikendalikan oleh hormon pengendali gula darah yaitu hormon insulin.

Untuk diketahui, diabetes atau sering disebut dengan diabetes melistus (DM) atau kencing manis merupakan salah masalah dunia. Indonesia sendiri menjadi urutan ke empat negara yang memiliki resiko tinggi dengan diabetes, oleh karena itu wajib bagi kita untuk tahu apa yang menjadi penyebab utama diabetes.
penyebab diabetes paling utama dan harus diwaspadai

Menurut data dari WHO, penderita diabetes di Indonesia diperkirakan akan meningkat tajam di tahun 2030 hingga mencapai 21,3 juta jiwa. Oleh karena itu penting sekali mengetahu penyebab diabetes  melistus supaya lebih waspada terhadap ancaman penyakit ini. Apa sih gejala atau ciri ciri diabetes melistus? Gejala yang paling umum dari diabetes melistus dikenal dengan 3 P yaitu Poliuri, Polifagi dan Polidpsi. Poliuri adalah sering buang air kecil, polifagi adalah sering merasa lapar sedangkan polidpsi adalah sering merasa haus. Anda mesti waspada jika punya tanda tanda seperti ini.

Penyebab Diabetes Paling Utama dan Harus Diketahui

1. Pola Makan

Sejumlah penelitian mengemukakan jika pola makan yang tidak sehat merupakan penyebab diabetes paling utama. Jika anda terlalu banyak makan karbohidrat tanpa diselingi dengan sayuran, anda bisa terancam kegemukan sekaligus terkena penyakit diabetes. Agar tidak berdampak terhadap kesehatan apalagi sampai ke penyakit diabetes, sebaiknya kontrol diri untuk tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan atau minuman manis. Begitupun dengan makanan yang mengandung kolesterol jahat tinggi seperti gorengan yang digoreng dengan minyak bekas menggoreng.
Baca juga: Manfaat dan Bahaya Buah Durian Untuk Kesehatan

2. Keturunan

Tidak bisa dipungkiri jika gen dapat menjadi penyebab penyakit diabetes, inilah faktor keturunan. Jika di keluarga anda ada yang memiliki riwayat penyakit diabetes, anda patut waspada dan hati hati dengan diabetes. Anda harus lebih menjaga makanan anda serta menjaga pola hidup sehat.

3. Kurang Istirahat

Istirahat yang tidak optimal bisa menjadi pemicu munculnya penyakit diabetes. Meskipun anda memiliki kesibukan yang sangat padat, cobalah untuk mencari waktu istirahat optimal agar hidup anda lebih sehat. Gunakan juga waktu istirahat di malam hari untuk benar benar beristirahat. Sebuah penelitian mengungkapkan jika seseorang kurang istirahat atau tidur selama tiga hari berturut turut, kemampuan tubuh untuk mengelola glukosa menjadi sangat menurun, hal ini bisa menjadi penyebab diabetes.

4. Kurang Olahraga

Aktivitas fisik dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit termasuk diabetes. Ini bukan tanpa alasan, WHO telah melakukan penelitian terhadap beberapa negara di kawasan asia. Dari hasil penelitiannya, 90 persen kasus diabetes akan meningkat dalam 20 tahun kedepan. Hal ini dikarenakan banyak sekali masyarakat asia termasuk Indonesia yang kurang dalam aktivitas fisik. Sebagai contoh, pergi kemana mana selalu menggunakan sepeda motor

5. Stress

Stres bisa menjangkiti siapa saja, tua, muda, kaya, miskin, pejabat, bukan pejabat, semua bisa mengalami stres. Nah, ancaman stres bisa membuat anda beresiko terkena diabetes. Jika seseorang stres ada hormon yang meningkat produksinya yaitu epinephrine dan kortisol. Keduanya akan menyebabkan gula darah naik, nah bagaimana selanjutnya kalau tiap hari stres dan gula darah terus menerus naik. Oleh karena itu kurangilah stres dan selalu menenangkan diri.

6. Rokok

Anda masih suka merokok? Atau baru coba coba merokok? Berhati hatilah karena penyebab diabetes lainnya yaitu kebiasaan merokok. Mereka yang perokok aktif memeliki resiko lebih besar 22 persen untuk terkena penyakit diabetes.

7. Soda

Pada sebuah penelitian oleh The Nurses Health Studi II kepada kurang lebih 51.603 wanita dengan rentang usia 22-44 tahun diperoleh hasil konsumsi soda membuat berat badan menjadi meningkat begitupun dengan resiko terkena penyakit diabetes. Setelah ditelusuri dalam minuman bersoda terdapat kandungan pemanis, karena kalorinya cair, orang akan lebih sering minum dan minum lagi karena tidak merasa kenyang.

Itulah beberapa penyebab diabetes yang kita waspadai bersama dan untuk kehatian hatian kita. Diabetes bukan hanya menjadi ancaman mereka yang memiliki keluarga diabetes, tapi semua orang di dunia, bukan di Indonesia saja.
Facebook CommentsShowHide

0 comments