Kuliner Khas Tegal Paling Enak dan Terkenal, Siapa Mau?

Ini dia kuliner khas Tegal paling enak dan lezat. Anda pasti mengira kalau makanan khas Tegal ya yang ada di warung Tegal. Padahal kalau anda lihat, masakan khas Tegal malah bukan yang berada di warung Tegal. Kalau mau mencoba makanan asli Tegal ya seperti harus ke Tegal dulu baru tahu deh apa saja kuliner asli Tegal.

Tegal adalah satu dari sekian Kabupaten yang ada di Jawa Tengah yang memiliki logat bicara super unik dan istimewa. Itulah bahasa ngapak, yang punya slogan ora ngapak ora kepenak. Selain bahasa, makanan khas Tegal juga unik, enak dan menarik, jangan sampai terlewat kalau anda berkunjung kesana dan menikmati kuliner khas Tegal.

Kuliner Khas Tegal Paling Diminati

1. Tahu Aci

tahu aci kuliner khas Tegal
Kalau anda pernah makan batagor, salah satu makanan khas Bandung, tahu aci Tegal hampir seperti batagor Bandung. Tahu Aci menjadi kuliner khas Tegal yang diminiati juga cocok untuk oleh oleh khas Tegal. Seperti namanya, tahu aci tegal dibuat dari tahu yang dicampur dengan aci. Bagi anda yang tidak tahu aci, nama lainnya adalah tepung sagu atau tepung kanji. cara memasaknya adalah dengan cara digoreng.
Baca juga: Makanan Khas Jombang Paling Enak

2. Nasi Pongol Setan

nasi ponggol setan makanan khas tegal enak
Kuliner khas Tegal selanjutnya adalah nasi pongol setan. Namanya menyeramkan, ada setan setannya, tapi tenang jangan takut dan tidak perlu ragu untuk mencoba makanan khas Tegal satu ini. Meskipun ada setannya, tapi kalau anda melihat komposisi isinya, nasi Pongol Setan terdiri dari tahu, tempe, ikan asin. Bumbunya sendiri menggunakan rempah rempah asli khas Indonesia dengan kombinasi dan komposisi yang pas sehingga menciptakan rasa yang enak. Kenapa dinamakan dengan nasi pongol atau sega pongol? Ternyata salah satu tumisan yang menjadi lauk nasinya adalah pongol setan, makanya dinamakan dengan nasi pongol setan. Karena pedas yang super pedas dan tidak ketulungan, makanya dinamakanlah pongol setan, tertarik mencoba masakan khas Tegal ini?

3. Sate Kambing

sate kambing masakan khas tegal
Pasti anda bertanya, kenapa sate kambing menjadi salah satu kuliner khas Tegal. Jangan salah, meskipun hampir di semua daerah di Indonesia memiliki makanan khas berupa sate kambing. Sate kambing Tegal tentu memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan sate kambing dari daerah lain. Bahkan sate kambing Tegal terkenal bukan hanya di Tegal, tapi sampai ke daerah lain. Ternyata sate kambing Tegal dibuat dari daging kambing yang masih sangat muda, biasa nya yang masih di bawah lima bulan umurnya,jadi tulang apalagi dagingnya pasti masih sangat empuk dan tidak alot. Aromanya pun sangat khas dan menambah semangat untuk makan. Pasti penasaran kan dengan makanan khas Tegal sate kambing ini?
Baca juga: Kuliner Khas Semarang Paling Enak

4. Teh Poci

Teh-Poci minuman asli tegal bumijawa
Beberapa daerah di Tegal merupakan dataran tinggi yang dimanfaatkan oleh penduduk sekitar dengan ditanami teh, seperti perkebunan teh Bumijawa Tegal. Makanya tidak heran kalau minuman favorit masyarakat Tegal adalah Teh, terutama teh poci. Kenapa dinamakan dengan teh poci, ternyata karena pembuatan minuman tehnya dilakukan dadalm poci. Kalau anda penggemar teh, jangan sampai terlewat untuk menikmati teh poci tegal

5. Kupat Blengong

kupat blengong tegal masakan tradisional tegal gan
Kuliner khas Tegal terakhir yang kami bagikan untuk anda adalah kupat blengong. Kalau orang Tegal menamakan ketupat atau lontong ya Kupat. Blengong sendiri merupakan unggas berjenis kelamin jantan hasil perkawinan antara bebek dengan mentok/ entok. Daging blengong sangat tebal dan enak, makanya cocok untuk dibuat aneka makanan. Kupat blengong disajikan bersama dengan daging blengong goreng, kerupuk dengan taburan bawang goreng. Pasti nikmat lah merasakan kelezatan makanan khas Tegal.
Facebook CommentsShowHide

0 comments