Penting!! Tips Agar Tidak Cepat Pikun Atau Sering Lupa

Kepikunan itu keniscayaan, semakin tua umur seseorang maka kemampuan untuk mengingat menjadi berkurang, itulah pikun atau dimensia. Begitupun dengan sifat manusia yang memang sering salah dan lupa. Tapi apa jadinya kalau masih muda tapi sudah sering lupa alias pelupa bisa bisa pikun sebelum waktunya, bahaya kan. Disuruh beli bubur, yang di dapat malah mie ayam, kan tidak lucu. Makanya penting sekali mengetahui cara dan tips agar tidak cepat pikun atau lupa.
tips agar tidak cepat pikun dan sering lupa

Kemampuan mengingat sangat diimpikan oleh semua orang, apalagi bagi seorang pelajar, kemampuan mengingat merupakan hal yang harus terus diasah. Mengingat merupakan sebuah anugerah bagi manusia yang harus terus dijaga. Meskipun secara alami seiring dengan berjalannya waktu daya ingat seseorang akan semakin menurun. Pasti anda sering melihat kakek atau nenek kita untuk mengingat nama cicit atau bahkan anaknya saja lupa namanya. Nah, makanya penting sekali mengetahui cara dan tips agar tidak cepat pikun atau sering lupa.

Tips Agar Tidak Cepat Pikun atau Sering Lupa


  1. Penuhi kebutuhan air putih. Agar ingatan anda tidak cepat menurun, jangan pernah lupa untuk memenuhi kebutuhan air minum setiap harinya. Dan memang air sangat esensial dan penting bagi tubuh manusia, (baca juga artikel manfaat minum air putih di pagi hari). Penuhi kebutuhan minimal 8 gelas air sehari agar fungsi organ tubuh tetap berjalan baik dan optimal. Termasuk kerja otak menjadi terus optimal tanpa ada sel sel yang terganggu.
  2. Senam Otak. Agar ketahanan daya ingat terus terjaga dan tidak mudah lupa apalagi kalau sampai pikun, lakukan rutin senam otak. Cara melakukan senam otak dengan berusaha melatih otak kita untuk mengingat sesuatu. Contohnya anda menyebutkan 10 pemain sepakbola yang paling anda sukai. Atau bisa juga dengan mengingat salah satu lagu kesukaan.
  3. Istirahatkan Otak. Tips agar tidak cepat lupa atau pikun selanjutnya adalah dengan mengistirahatkan sejenak otak anda. Setelah anda bekerja seharian penuh memeras kerja otak akan membuat otak menjadi lelah, oleh karena itu sangat penting untuk merefresh kembali otak. Cara ini bisa sangat manjur untuk mengatasi sering lupa. Istirahat bisa dengan melihat pemandangan hijau di luar ruangan atau melihat kolam ikan atau tidur. Tidur  di siang hari dapat meremajakan sel sel otak kembali sehingga tidak menjadi pelupa atau pikun.
  4. Konsumsi Makanan Untuk Otak. Tips agar tidak cepat pikun atau pelupa adalah dengan mengkonsumsi makanan otak. Beberapa makanan yang memang sangat baik untuk otak seperti brokoli, pisang, buah bit, blueberry, dan bawang merah. Usahakan agar setiap hari paling tidak anda mengkonsumsi salah satu makanan tersebut agar anda tidak menjadi seorang pelupa.
  5. Rutin Mengasah Otak. Cara mengatasi cepat lupa atau pikun selanjutnya adalah dengan sering mengasah otak. Salah satu cara paling mudah adalah dengan mengisi kotak teka teki silang. Atau kalau anda suka, coba beli buku tes TPA, ujilah diri anda sendiri dengan mengisi tes tes TPA.
  6. Rilekskan Otak. Otak merupakan sumber utama pikiran, jika terus menerus digunakan untuk berpikir maka lama kelamaan bisa pusing dan stres. Cobalah untuk merilekan sejenak aktivitas otak sehingga ketegangan otak mereda.
  7. Berdoa. Berdoa terbukti bisa menenangkan hati dan pikiran. Sehingga otak menjadi lebih tenang dan dapat berpikir jernih. Ketika bisa berpikir jernih segala hal yang terlupa bisa diingat kembali.
Itu beberapa cara dan tips agar tidak cepat pikun atau sering lupa. Mudah-mudahan bisa menjadi pengetahuan untuk anda dan menambah referensi anda
Facebook CommentsShowHide

0 comments