--> Skip to main content

Kandungan Buah Pisang Yang Kaya Gizi dan Nutrisi Untuk Semua Usia

Apa saja kandungan pisang baik gizi maupun nutrisi? Siapa yang tidak kenal dengan buah pisang? Buah yang berwarna hijau saat mentah dan berubah menjadi kuning saat matang. Selain itu bentuknya yang melengkung dengan ujungnya masing-masing meruncing tumpul, itulah buah pisang. Buah yang tumbuh dengan sangat baik di daerah tropis. Buah pisang memiliki daging buah yang sangat lunak dengan rasa manis sehingga sangat enak untuk dikonsumsi.

Ciri ciri pohon pisang memiliki batang yang lunak namun bisa menunjang untuk terus tumbuh ke atas. Disamping itu, daunnya sangat lebar sehingga sering digunakan untuk berbagai hal seperti membuat makanan, kerajinan, bahkan dapat digunakan sebagai penutup kepala saat hujan.
kandungan gizi dan nutrisi pisang

Buah pisang memiliki banyak varian atau jenis, dengan masing-masing jenis buah pisang memiliki ciri-ciri tersendiri seperti pisang ambon dengan ciri buahnya yang cukup besar dan buahnya yang enak dan sangat lunak sehingga anak kecil pun bisa mengkonsumsi buah pisang ambon. Selain pisang ambon, ada juga pisang raja dengan ciri buahnya yang lebih besar. Ada juga pisang mas yang kulit buahnya kuning seperti emas. Rasa pisang emas pun sangat enak dibandingkan dengan pisang jenis lainnya, sehingga harga pisang emas agak sedikit lebih mahal. Dan jenis buah pisang lainnya. 

Kandungan Pisang Yang Kaya Gizi dan Nutrisi

Kandungan buah pisang memang sangat banyak sehingga banyak direkomendasikan oleh banyak ahli kesehatan untuk dikonsumsi. Selain itu, para buah pisang juga menjadi buah yang biasa bahkan ada yang mewajibkan untuk mengkonsumsi buah pisang ini. Musa paradisiaca atau nama latin buah pisang memiliki kandung gizi seperti tabel berikut:

Pada tabel  kandungan buah pisang dibawah ini, satuan Ukuran yang digunakan berbeda menyesuaikan dengan jumlah untuk per 100 gram.

Kandungan Gizi
Nilai
Karbohidrat
Kalori
Vitamin A
Vitamin C
Air
25,60 %
99,00 Kalori
61,80 SI
4,00
72,10%


Selain gizi dan nutrisi pisang yang sudah kami sebutkan diatas, buah pisang juga mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalium.

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

1. Makanan Pengganti Yang Mudah Dicerna

Apakah anda pernah melihat pertandingan tenis lapangan? Jika pernah, apakah anda memperhatikan pemain tenis ketika istirahat atau jeda mengkonsumsi apa? Ya, ternyata atlet tenis ketika rehat sebentar, akan langsung mengkonsumsi buah pisang matang selain minum air. Mereka mengkonsumsi buah pisang untuk menjaga agar tubuh tetap berenergi. Hal ini disebabkan pisang sangat mudah dicerna oleh tubuh dalam metabolismenya sehingga akan langsung diserap oleh tubuh dan berubah menjadi energi.
Tips agar tidak cepat pikun

2. Mencegah Penyakit Jantung

Zat antioksidan yang terkandung pada buah pisang memiliki manfaat untuk menghindarkan seseorang dari penyakit jantung. Antioksidan bekerja dengan mencegah terjadinya oksidasi lemak. Selain itu, zat kalium yang terkandung dalam jumlah besar di buah pisang menjadi tonik yang baik untuk kesehatan jantung. Kolesterol jahat akan terkendali jumlah oleh serat pektin pisang.

3. Mencegah Infeksi

Manfaat Kandungan gizi pisang lainnya adalah untuk mencegah terjadinya infeksi yang dilakukan oleh vitamin A, B dan C pada buah pisang

4. Mencegah Hipertensi

Kalium tersedia dalam jumlah yang cukup banyak pada buah pisang. Bagi siapapun yang memakan pisang sangat bermanfaat untuk mengatur cairan dan elektrolit agar selalu seimbang. Selain itu, serat yang terdapat pada pisang membantu mencegah timbulnya plak di pembuluh darah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar