Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak dan Harus Dicoba

Kumpulan Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak dan Lezat. Bagi anda yang doyan makan, pasti mendambakan makanan khas paling favorit dan populer di suatu daerah, termasuk di Jawa Tengah. Jawa Tengah adalah sebuah Provinsi yang terdapat di Pulau Jawa di Bagian Tengah dengan 35 kabupaten dan kota didalamnya. Meskipun dalam satu provinsi, namun setiap kabupaten dan kota memiliki makanan khas tersendiri dan menjadi ikon atau ciri khas makanan di Jawa Tengah.

Anda pasti akan terkesima dengan berbagai sajian kuliner khas Jawa Tengah yang sangat berbeda dari daerah lainnya. Anda akan merasakan tidak hanya makanan dari zaman now tapi juga makanan tradisional Jawa Tengah yang telah ada dari beberapa tahun yang lalu hingga saat ini tetap terjaga kemurnian rasanya.
Apa sih ciri makanan khas Jawa Tengah? Bagi orang Jawa Tengah, rasa manis adalah paling penting, namun begitu bukan berarti rasa lain seperti asin, pedas bahkan pahit menjadi diabaikan. Tetap saja perpaduan rasa manis, asin, pedas bercampur menjadi satu sehingga menghasilkan perpaduan rasa yang nikmat. Apakah anda penasaran dengan makanan asli Jawa Tengah? yuk disimak ulasannya berikut ini.

Rekomendasi Makanan Khas Jawa Tengah Paling Enak

1. Banjarnegara

Kalau di Jawa Barat punya Kabupaten Banjar, kalau di Jawa Tengah ada Banjarnegara. Kabupaten yang terletak di sebelah timur Gunung Slamet ini punya beberapa makanan yang menjadi ikon makanan khas Jawa Tengah. Masakan khas Jawa Tengah asal Banjarnegara yang pertama yaitu buntil. Buntil dibuat dari daun talas yang diisi dengan parutan kelapa yang telah dicampur dengan bermacam bumbu khas Jawa Tengah lalu di kukus hingga matang. Ciri khas Buntil rasanya pedas dengan kombinasi rasa manis asin pedas. 
minuman khas jawa tengah dawet ayu

Makanan asli Banjarnegara lainnya yaitu dawet ayu. Kalau dari Purworejo namanya dawet hitam. Kalau orang bilang cendol, tapi nama sebenarnya adalah dawet ayu. Minuman khas Banjarnegara Jawa Tengah ini rasanya manis, segar dengan isian cendol yang berwarna hijau. Tidak perlu takut kalau makan cendol/ dawet ayu, sebab bahan pewarna yang digunakan adalah bahan pewarna alami.

2. Banyumas

Mungkin ada yang mengira Banyumas berbeda dengan Purwokerto, padahal aslinya sama. Kalau Banyumas itu nama kabupaten, sedangkan Purwokerto adalah Ibukotanya. Ada loh beberapa makanan khas Purwokerto Banyumas menjadi ikon makanan khas Jawa Tengah. Diantaranya adalah Mendoan asli Purwokerto. Mendoan dibuat dari tempe khusus yang tipis, kemudian dibaluri dengan tepung yang telah dibumbui, kemudian digoreng tidak sampai garing. Makan mendoan paling enak kalau dengan cabai rawit hijau atau dengan kecap khas.
mendoan tempe kemul banyumas jawa tengah enak

Makanan tradisional jawa Tengah yang berasal dari banyumas dan sering menjadi oleh-oleh khas adalah roti nopia. Kalau anda pernah ke Purwokerto pasti akan menemukan nopia di sepanjang pusat oleh oleh khas Banyumas Jawa Tengah.

3. Batang

masakan khas Jawa Tengah Lontong Lemprak asal pantura

Ini bukan nama bagian pohon, tapi nama sebuah kabupaten yaitu kabupaten Batang. Namanya juga kota dipesisir pantai dan dilalui jalur pantura, menjadi makanan khas Jawa Tengah dari daerah Batang memiliki ciri khas pantura. salah satunya adalah lontong lemprak. Namanya unik, menggunakan kata lemprak yang berarti duduk tanpa kursi, dan memang penjual lontong lemprak menjajakan makanannya tanpa menyediakan kursi untuk tamunya sehingga para tamu harus lemprak atau lesehan diwarung makan untuk makan seporsi lontong lemprak.

4. Blora

ungker blora makanan menjijikan

Ada yang pernah ke Blora? Dulu kabupaten Blora dikenal dengan daerahnya yang kaya akan pohon jati karena disana wilayahnya sebagaian berupa hutan jati. Makanan khas Jawa Tengah asal Blora bukan berasal dari Pohon jati tapi dari hewan yang hidup di pohon jati, nama makanan khas Blora ini adalah ungker atau entung. Asalnya dari ulat pohon jati yang menjadi kepompong. Kemudian kepompong diambil sebelum menjadi kupu2 dan digoreng menggunakan bumbu khusus. Ada yang berani mencoba?

5. Boyolali

tahu susu makanan asli jawa tengah

Boyolali terkenal sebagai daerah penghasil susu di Indonesia. Tidak heran makanan khas Jawa Tengah dari Boyolali menggunakan susu sebagai bahan dasarnya seperti tahu susu. Kalau di daerah lain, tahu dibuat dari kedelai, lain lagi dengan Boyolali yang lebih memilih susu sebagai bahan utamanya. Pasti mantab ini kalau bawa oleh oleh khas tahu susu.

6. Brebes

Telur Asin makanan tradisional jawa tengah khas brebes

Kabupaten Brebes terletak dipantai utara jawa dan merupakan daerah yang dikenal sebagai penghasil bawang merah. Di Brebes banyak sekali petani bawang merah, baik petani yang memiliki lahan sendiri maupun yang menggarap lahan orang lain. Tapi bukan bawang merah yang menjadi makanan khas Brebes. Adalah telor asin yang sudah sangat populer menjadi makanan khas Jawa Tengah asal Brebes. Saat ini telor asin menjadi menu favorit untuk banyak orang, apalagi pengolahan dan rasanya sudah banyak dimodifikasi sehingga semakin enak. Mau mencoba telor asin asli Brebes?

7. Cilacap

KERUPUK TENGIRI makanan ringan khas jawa tengah dari cilacap

Bagi yang sudah pernah ke Benteng pendem, bisa jadi pernah mencoba makanan asli Cilacap ini. Cilacap terletak di pantai selatan jawa dan berbatasan langsung dengan samudera hindia. Tidak salah kalau makanan khas Jawa Tengah dari Cilacap didominasi oleh makanan laut seperti kerupuk tengiri, ikan bandeng, ikan asin. Satu makanan kecil khas Jawa Tengah dari cilacap yaitu sale pisang.

8. Demak

garang asem makanan khas jawa tengah asal demak

Demak dikenal sebagai kota wali, karena di Demak adalah pusatnya para wali menyebarkan ajaran islam. Selain sebagai tempat untuk wisata religi, Demak memiliki makanan khas yaitu Nasi Garang Asem. Nasi garang asem sangat populer di Indonesia dan tergolong makanan yang cukup berkelas karena biasa disajikan di hotel berbintang, restoran terkenal. Makanya kalau anda mencicipi makanan asli Jawa Tengah ini di daerah asalnya, pasti menjadi kebahagiaan tersendiri. 

9. Jepara


Kota Jepara terletak di ujung utara Jawa Tengah. Jepara sangat terkenal dengan karya ukirannya yang sangat mendunia sehingga Jepara lebih dikenal dengan kota ukir. Kalau mau disebutkan satu persatu, makanan khas Jawa Tengah asal Jepara sangat lah banyak. Ada kacang-kacangan, seperti kacang jepara, kacang oven. Ada makanan berupa kue seperti carang madu, rondo royal. Ada minuman seperti es gempol, dawet rumput laut. Ada berupa masakan khas Jawa Tengah seperti soto jepara, sop udang, sayur asem jepara, horok horok, hoyok hoyok. Dan masih banyak lagi makanan khas Jepara.

10. Kebumen

sate ambal asal kebumen jawa tengah

Kebumen berdampingan dengan Cilacap dan sama-sama berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Namun bukan berarti makanan khas kedua daerah tersebut sama, ternyata tidak. Makanan khas Kebumen berbeda dengan Cilacap, seperti Sate Ambal, Soto kasaran, lanting, nasi penggel.

11. Kendal

Kendal sejak dulu dikenal sebagai kota pelabuhan yang menyimpan banyak cerita. Hingga kini kendal masih terus menggeliat dengan banyak aktivitas di pelabuhan. Berbicara makanan khas Jawa Tengah asal kendal, terdapat beberapa makanan yang cukup terkenal seperti momoh brongkos, kerupuk rambak, bandeng tanpa duri dan kerupuk petis.

12. Klaten

AYAM goreng kalasan kuliner khas jawa tengah dari klaten enak

Klaten berbatasan langsung dengan Yogyakarta dan Samudera Hindia. Kalau anda hendak ke Solo dari Jogja, rute paling mudah adalah dengan menggunakan jalan Solo Jogja. Jalan ini melewati kawasan Kalasan, yaitu daerah perbatasan antara Yogyakarta sebelah timur dengan Klaten. Dan ternyata ada salah satu makanan khas Klaten Jawa Tengah yang sangat mengindonesia yaitu Ayam Goreng Kalasan. Ayam goreng kalasan menjadi salah satu ikon makanan khas Jawa Tengah yang enak dengan bumbunya yang mantab. Selain ayam goreng kalasan, masakan asal klaten lainnya seperti bebek goreng dan emping melinjo.

13. Kudus


oleh oleh khas jawa tengah jenang kudus mubarok

Kudus dikenal sebagai kota kretek karena di kota Kudus berdiri banyak pabrik rokok baik pabrik rokok yang sudah populer maupun yang hanya rumahan. Selain rokok, ternyata Kudus mempunyai makanan kecil yang biasa dijadikan sebagai oleh oleh khas Jawa Tengah dari daerah Kudus yaitu jenang kudus. Jenang kudus, kekenyalannya mirip dengan dodol namun agak berbeda dari warnanya dan rasanya. Selain jenang kudus, terdapat pula lentog, dodol, sate kerbau dan soto ayam kdus.

14. Pati

Nasi-Gandul kuliner khas daerah pati jawa tengah

Pati adalah salah kabupaten di Jawa Tengah yang terdapat di sebelah timur dan berbatasan dengan provinsi Jawa Timur. Pati memiliki beberapa kuliner khas Jawa Tengah yang bisa anda rasakan saat berkunjung ke Pati seperti Nasi Gandul. Kalau anda pernah melihat gulai atau semur daging, nasi gandul hampir mirip dengan gulai atau semur daging. Selain itu pati juga masih memiliki makanan khas seperti soto kemiri dan sate ayam khas Pati Jawa Tengah.

15. Pekalongan

tauto makanan tradisional jawa tengah dari daerah pekalongan

Pekalongan terkenal dengan hasil kerajinan batik nya. Di Pekalongan, masyarakatnya mayoritas memiliki keahlian membatik. Dan memang batik sudah sangat memasyarakat di Pekalongan, sehingga hampir tiap rumah pasti memiliki anggota keluarga yang punya keahlian membatik. Selain membatik, masyarakat pekalongan juga sebagian menjadi nelayan dan petani. Berbicara makanan khas Jawa Tengah asal daerah Pekalongan, ada beberapa makanan asli Pekalongan yang cukup dikenal sperti tauto (soto tauco, nasi gandul dan nasi megono.
Facebook CommentsShowHide

0 comments