--> Skip to main content

Cara Aman Bertransaksi Lewat ATM

ATM atau Anjungan Tunai Mandiri, atau auto transfer machine adalah salah satu cara yang sangat memudahkan seseorang untuk melakukan transaksi yang berhubungan dengan uang yang ada di bank. Dengan menggunakan ATM orang tidak perlu lagi menggunakan uang tunai untuk bertransaksi. Cukup dengan satu kartu ATM maka orang dengan mudah dapat membeli barang, mengirim uang ataupun membeli pulsa hanphone.
cara transaksi aman di atm

Namun setinggi-tingginya teknologi masih ada saja orang yang tidak bertanggung jawab yang memiliki maksud yang tidak baik yang berusaha ingin menguasai uang orang lain dengan segala cara. Salah satunya adalah dengan menguras isi tabungan orang lain dengan cara mengelabui sang pemilik tabungan agar mau mentransfer uang kepada mereka.
Baca juga: Cara Membeli Pulsa di ATM dengan Mudah
Berbagai macam modus dan cara dilakukan oleh mereka yang tidak punya niat baik kepada kita namun mereka seolah baik. Ada yang dengan cara melakukan telfon acak sehingga ada saja orang yang menerima telfon kemudian terperdaya dengan kata-kata mereka. Ada pula yang secara langsung menunggu disekitar mesin ATM, sehingga kalau ada orang yang kebingungan, mereka seolah akan menolong namun sebenarnya akan memperdaya yang ditolong.

Kita sebagai pengguna ada baiknya mengetahui cara bertransaksi aman agar terhindar dari berbagai macam akibat dari tindakan yang tidak bertanggung oleh seseorang.

Cara Aman Bertransaksi Dengan ATM

1. Cari ATM yang Ramai

Tidak sedikit tempat yang sepi akan mengundang orang untuk berlaku tidak baik. Makanya sebagai langkah pencegahan ada baiknya kita mencari lokasi atm yang ramai.

2. Simpan Call Center Bank Resmi

Simpan selalu nomor call center bank yang resmi dimana anda menyimpan uang anda. Kalau perlu, anda selalu mengingat-ingatnya. Sebab jika suatu saat ATM bermasalah sementara ATM sudah masuk ke mesin ATM, jangan sampai kartu anda malah bisa dimanfaatkan oleh lain. Segera hubungi Call Center resmi Bank,jangan pernah mencoba menghubungi nomor-nomor yang ada di dalam ruang ATM. 

3. Abaikan Panggilan Orang Tidak Dikenal

Kalau aman, jika ada panggilan dari nomor yang tidak anda kenal, sebaiknya anda abaikan saja. Sebab bisa jadi telfon tersebut adalah dari kelompok yang memang berusaha mencari target sasaran pengambilan uang anda. Kalau anda menerima, segera tutup dan abaikan.

4. Jangan Tergiur Dengan Hadiah Besar

Modus paling sering adalah iming hadiah besar yang menyasar pada nomor telefon setiap orang. Jika anda mendapatkannya, abaikan saja dan jangan pernah untuk percaya dengan hadiah besar yang ditawarkan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar