--> Skip to main content

Doa Munggahan Sebelum Bulan Puasa Ramadhan

Doa munggahan sebelum bulan puasa Ramadhan apakah ada doa khusus? Sebelum puasa ramadhan, orang orang mulai mempersiapkan diri agar bisa menjalankan puasa Ramadhan dengan baik dan benar. Menjalankan puasa ramadhan yang baik dan benar tidak hanya menahan lapar dan haus saja, tapi menahan segala sesuatu yang bisa membatalkan puasa termasuk menjaga pandangan, hati, pikiran perbuatan dari hal hal yang bisa mengurangi pahala puasa.

Bulan Ramadhan selalu dinanti kehadirannya oleh semua orang, bukan hanya mereka yang beragama islam tapi non muslim pun sama bahagianya. Jika umat Islam bahagia karena menyambut bulan suci yang penuh berkah dan ampunan serta dilipatgandakan segala amal kebajikan. Lain halnya non muslim juga turut kebagian bahagianya karena mereka dapat menambah rezekinya seperti dagangan yang semakin laris.
doa munggahan sebelum bulan ramadhan

Menyambut bulan ramadhan sejak zaman nabi tidaklah ada doa khusus yang dipanjatkan oleh nabi, hanya saja pada zaman sahabat, mereka selalu berdoa agar diberikan umur untuk sampai ke Bulan Ramadhan dan diampuni dosa-dosa selama sebelum bulan bulan Ramadhan.

Diantara doa para sahabat tersebut adalah

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

“Ya Allah ya robbi, hantarkanlah aku agar sampai di bulan Ramadhan, dan hantarkanlah bulan Ramadhan kepada ku, dan terima lah amal ibadahku di bulan Ramadhan.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264)

Memang bulan Ramadhan sangat pantas untuk di doakan agar sampai umur kita dibulan mubarak tersebut. Maka tak heran kalau para sahabat yang mulia pun penuh harap agar bisa menjumpai bulan Ramadhan di sisa umur mereka. Nah, apalagi kita yang hanya seorang awam biasa yang penuh dosa, sudah selayaknya meminta kepada Alloh agar bisa menjumpai Ramadhan, sebab disana Alloh mengobral ampunan yang sangat banyak.

Lantas bagaimana dengan doa munggahan untuk menyambut bulan ramadhan, apakah ada doa khusus munggahan? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tidak terdapat doa khusus untuk menyambut ramadhan yang diajarkan oleh nabi Muhammad. Berdoalah yang baik-baik dengan penuh harap dan mohon ampun kepada Alloh agar bisa menjumpai bulan Ramadhan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar