Keutamaan Bulan Rajab Dibanding Dengan Bulan Lainnya Dalam Islam

Sering kali kita diperdengarkan tentang keutamaan bulan Rajab namun apa salahnya apabila pada artikel kali ini kami mengetengahkan kembali keistimewaan bulan Rajab dalam Islam. Bulan Rajab adalah salah satu dari 12 bulan hijriah. Alloh memberi penegasan dari 12 bulan pada kalender hijriah, terdapat 4 bulan haram dimana saat memasuki ke empat bulan haram itu, dilarang untuk menganiaya diri sendiri seperti yang termaktub dalam Al Quran Surat At Taubah ayat 36.
keutamaan bulan rajab paling keren

Kapan waktu munculnya bulan Rajab? Bulan Rajab datang menjelang datangnya bulan Ramadhan, dia berada setelah Jumadil Akhir, sebelum Syaban. Bulan Rajab ini menjadi bulan yang ditunggu kedatangannya oleh umat Islam. Kehadiran bulan ini berarti akan semakin dekat dengan bulan Ramadhan. Makanya terdapat doa agar diberikan umur untuk sampai pada bulan Ramadhan. Doanya sebagai berikut:

اللهم بارك لنا فى رجب و شعبان وبلغنا رمضان

Allohumma bariklana firojaba wasya'bana wabalighna ramadhan
Artinya: Ya Allah, berikanlan keberkahan kepada kami di bulan Rajab dan Syaban, dan sampaikanlah / panjangkan umur kami hingga bertemu bulan Ramadhan.”

Doa diatas karena saking dekatna bulan Rajab dengan bulan Ramadhan yang agung sehingga sangat dianjurkan untuk berdoa agar bisa sampai umur di bulan Ramadhan. 

Keutamaan Bulan Rajab

Disamping sebagai salah satu bulan haram oleh Alloh, di bulan rajab memiliki banyak keistimewaan diantaranya Siapa saja yang memuliakan bulan Rajab, maka Alloh pun akan memuliakan orang tersebut. Bagaimana cara memuliakan bulan Rajab? Jangan melakukan maksiat atau hal yang dilarang oleh Alloh. Perintah Alloh di dalam Al Quran adalah jelas bahwa tidak boleh menganiaya diri sendiri di bulan haram.
baca juga: Kehebatan Doa Nabi Yunus
Dengan memaksa diri untuk tidak melakukan hal yang dilarang Alloh tentu akan menjadikan diri ini menjadi manusia yang lebih baik. Penggemblengan awal adalah di bulan Rajab. Ada juga yang menyebut bulan Rajab adalah masa untuk menanam kebaikan. Berbagai kebaikan dilakukan untuk mengganti hal-hal yang dilarang oleh Alloh.

Setelah selama sebulan secara terus menerus mulai membiasakan diri dengan perbuatan baik, diharapkan berbagai perbuatan jelek yang sebelum bulan Rajab dilakukan, menjadikan kita enggan untuk mengulanginya kembali.

Apalagi setelah masuk bulan Syaban,, dimana bulan Syaban ini adalah masa untuk memupuk atau membesarkan tanaman. Artinya berbagai kebaikan yang kita mulai lakukan di bulan Rajab terus dilkukan. Hingga saatnya nanti dipanen yaitu dibulan Ramadhan membuat hasil panen kita melimpah ruah dan berhasil.

Keutamaan atau keistimewaan bulan Rajab ini adalah saat yang tepat untuk memulai melakukan kebaikan untuk menggantikan berbagai perbuatan jelek yang sebelumnya menjadi kebiasaan kita.
Facebook CommentsShowHide

0 comments