--> Skip to main content

Bagaimana Mengatasi Gunjingan Agar Cepat Reda?

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa lepas dari manusia lainnya. Manusia akan selalu berhubungan dengan manusia lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Apakah mungkin seorang manusia tidak berhubungan atau tidak melakukan aktivitas sosial dengan manusia lainnya? Kalau manusia itu hidup di hutan sepertinya bisa saja terjadi namun orang tersebut harus tahu bahasa hewan karena yang ada di hutan hanyalah hewan dan tumbuhan.
cara mengatasi gunjingan agar cepat reda

Ada kalanya hubungan antar manusia akan baik-baik saja, harmonis dan tidak ada masalah. Namun ada kalanya juga hubungan yang tadinya harmonis berubah menjadi hubungan yang menegangkan dan penuh masalah. Salah satu penyebab hubungan antar manusia menjadi tidak harmonis lagi adalah karena gunjingan.

Arti Gunjingan

Gunjingan berasal dari kata dasar gunjing yang artinya umpat/ fitnah. Bergunjing yang berarti mengomong-ngomong atau ngomongin orang tentang sesuatu yang tidak baik dari orang diomongkan. Sedangkan gunjingan adalah apa yang diperomongkan orang-orang. Maka tindakan menggunjing merupakan tindakan yang sangat tidak mengenakan bagi seorang yang digunjing. Bahkan menjadi hal yang sangat menyakitkan bagi orang tersebut.

Mudahnya Menggunjing

Menggunjing memang suatu hal yang sangat mudah dilakukan dan menyenangkan. Sebab biasanya orang akan lebih mudah menemukan hal yang tidak baik dari seseorang daripada melihat dari sisi baik seseorang. Sekali orang menggunjing, mudah sekali menarik orang lain untuk ikut menggunjing. Maka setiap orang akan mengeluarkan setiap unek-unek yang ada dalam dirinya mengenari orang yang diomongkan.
Baca juga: Kota Di Kalimantan Calon Ibukota Negara RI
Memang sih tidak semua orang suka menggunjing, tapi ketika ada orang yang menggunjing pasti ada saja yang menanggapinya.

Akibat dan Bahaya Menggunjing

Segala hal yang berbau negatif pasti memiliki dampak yang negatif juga. Begitupun dengan gunjingan, akan ada akibat buruk dari gunjingan yang disebarkan. Antara lain adalah hilangnya martabat orang yang dipergunjingkan. Orang menjadi sangat meremehkan orang yang dipergunjingkan. Karena ketika melihat orang tersebut, maka secara tidak langsung yang terserap ke dalam memori adalah hal yang negatif dari orang yang dipergunjingkan. Seperti halnya noda hitam yang dengan mudah mengotori susu putih. Gunjingan bisa diibaratkan dengan noda hitam yang dsebarkan ke susu putih. Maka jadi hitamlah susu yang tadinya putih.

Hilangnya kepercaan orang kepada orang yang dipergunjingkan. Masalah yang sangat besar bagi orang yang dipergunjingkan adalah menjadi hilang kepercayaan orang lain padanya. Inilah yang membuat orang yang digunjing sering down, tidak percaya dan bisa memendam amarah kepada orang lain. Padahal gunjingan yang menyebar di masyarakat, belum tentu ada kebenarannya.

Bagi orang yang menggunjing, amat sangat membahayakan diri orang yang menggunjing. Sebab dia bisa diibaratkan telah terjangkit yang amat parah dan bisa menjadi penyakit yang akut. Penyakit suka menggunjing ini bisa menghancurkan bukan hanya menghancurkan orang yang digunjing, tapi juga akan menghancurkan orang yang menggunjing.

Cara Mengatasi Gunjingan

Bagi kita yang sadar akan bahaya gunjingan alangkah baiknya menghindari segala macam gunjingan meskipun gunjingan tersebut ditujukan kepada musuh terbesar kita. Mari kita simak cara mengatasi gunjingan berikut ini.

1. Sadar Bahwa Menggunjing Adalah Tindakan Buruk

Kita yang telah mengetahui bahaya dari menggunjing, alangkah baiknya ketika segera menghindar untuk tidak ikut menggunjing ketika ada orang lain yang sedang menggunjing. Kalau kita sedang berkumpul lalu membicarakan teman atau tetangga kita tentang keburukannya, jangan ikut menimpali dan menambah parah gunjingan, tapi justru segera mengalihkan agar orang mulai mencarikan solusinya. Karena seburuk-buruknya manusia pasti bisa berubah menjadi lebih baik.

2. Jangan Mencap Orang Lain Lebih Jelek Dari Kita

Sadar atau tidak seringkali kita merasa bangga dan menepuk dada ketika orang-orang membicarakan kejelekan orang lain dan kita merasa lebih baik dari orang yang dibicarakan oleh orang-orang. Padahal belum tentu kan orang yang sekarang kita anggap jelek, setelah sekian tahun, atau bahkan sekian bulan bisa menjadi orang yang lebih baik dari kita. Dengan memantapkan perasaan ini akan membuat kita menjadi lebih resisten untuk tidak ikut menggunjing. Dan kalau semua orang menerapkan ini, gunjingan pun akan segera reda.

3. Jangan Putus Asa dan Tetap Berusaha

Kalau anda orang yang sedang digunjing, tancapkan kedalam hati untuk tidak pernah berputus asa. Dan yakinkan bahwa meskipun ditempat anda berpijak sekarang banyak orang yang menggunjing, dibelahan bumi yang lain sangat mungkin orang akan menyanjung anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar