--> Skip to main content

Cara Agar Bisa Bangun Pagi Lebih Mudah, Ketahui Juga Manfaatnya

Bagi sebagian orang bangun pagi adalah hal yang biasa dan tidak ada masalah sama sekali. Namun sebagian dari kita, bangun pagi adalah hal yang sangat susah. Misal saja si A sudah merencanakan untuk bangun di hari minggu agar bisa ikut joging bersama teman-temannya di car free day, tapi lantaran jam 5 pagi tidak bangun akhirnya ditinggal temannya. Si A ternyata baru bisa bangun dari tidurnya jam 8 pagi. 

Penyebab Tidak Bisa Bangun Pagi

Mengapa seseorang tidak bisa bangun pagi? Kita perlu menelisik kebiasaan orang tersebut sebelum tidur. Kalau orang seringkali begadang yang artinya dia tidak pernah tidur lebih awal sekitar jam 8 atau jam 9 malam, maka bisa jadi itulah pangkal permasalahan kenapa seseorang tidak bisa bangun pagi.  Jika saja dia bisa tidur lebih awal, pasti untuk bangun pagi akan jauh lebih mudah.
cara agar bangun pagi lebih mudah

Insomnia adalah satu hal yang menyebabkan sering kali orang menjadi bangun lebih siang, anda juga lebih banyak tahu tentang insomnia di artikel kami tentang insomnia.

Ada lagi yang memiliki kebiasaan sudah bangun tapi malah tidur lagi, jadinya bangunnya menjadi lebih siang. 

Manfaat Bangun Pagi

Kalau anda memiliki kebiasaan bangun pagi dan tidak tidur lagi, hari-hari anda menjadi lebih bersemangat. Anda menjadi lebih giat untuk melakukan berbagai aktivitas hingga malam hari. Disamping itu, tubuh menjadi lebih segar, badan tidak pegal-pegal meskipun banyak aktivitas di hari iitu yang anda lakukan. Selain itu anda menjadi mudah mengingat dan tidak gampang lupa.

Bagi anda yang masih bersekolah, banyak sekali manfaat yang bisa anda peroleh dengan bangun pagi. Anda lebih berprestasi dengan bangun pagi. Hal ini karena kebiasan bangun pagi bagi seorang pelajar bisa meningkatkan daya ingat. Sehingga ketika di kelas, anda akan lebih mudah menyerap pelajaran maka prestasi pun akan mengikutinya.

Bagi kehidupan dalam rumah tanggapun akan jadi lebih terasa manfaat bangun pagi. Keluarga menjadi lebih harmonis karena segala kebutuhan menjadi lebih mudah terpenuhi. Suami menjadi lebih siap untuk bekerja di pagi hari. Suami juga bisa membantu istri dalam menyiapkan berbagai keperluan. Disamping itu, istri menjadi lebih menyayangi suami dengan mulai beraktivitas di pagi hari dimana masih banyak orang yang terlelap tidur.

Cara Agar Bisa Bangun Pagi Lebih Mudah

Hal utama yang paling penting agar bisa bangun pagi adalah dengan tidur lebih awal. Karena ketika anda tidur lebih awal, jam tidur anda akan terpenuhi lebih awal, sehingga secara otomatis anda bisa bangun lebih pagi. Kalau anda memiliki kebiasaan begadang, sebaiknya anda mulai hentikan kebiasaan itu, karena sangat tidak bermanfaat. Disamping tidak bisa bangun pagi, begadang membuat tubuh menjadi tidak sehat.

Tidur lebih awal nyatanya sangat efektif agar bangun menjadi lebih pagi. Anda tidur perlu stimulus untuk bangun seperti alarm. Anda akan secara otomatis bangun sesuai dengan keinginan anda. Alarm di tubuh anda sudah terbangun dengan sendiri melalui tidur lebih awal.

Berdoa sebelum tidur dan meniatkan untuk bangun lebih awal. Kalau anda sudah mensetting diri anda untuk bangun lebih pagi, sangat mungkin anda terbangun di jam yang anda inginkan. Namun sekali lagi anda harus komitmen untuk segera bangun dari tempat tidur, bukan malah mengambil selimut yang terjatuh dan melanjutkan tidur lagi.

Untuk bisa bangun pagi, anda bisa memasang alarm di hp anda. Memasang alarm bisa efektif membantu anda bangun lebih pagi. Namun akan tidak efektif jika anda sudah sangat lelah sehingga tidur anda menjadi sangat pulas sehingga sekeras apapun alarm berbunyi anda tidak akan mendengarnya.

Cara terakhir agar bisa bangun pagi adalah dengan meminta orang disekitar anda membangunkan anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar