--> Skip to main content

Menghilangkan Insomnia Secara Cepat dan Tanpa Obat

Insomnia adalah suatu keadaan ketika seseorang mengalami kesusahan untuk tidur. Meskipun itu malam hari dan jam sudah menunjukan pukul 1 dini hari, seseorang yang mengalami insomnia tetap tidak akan bisa memejamkan mata meskipun hanya sekejap saja. Padahal mungkin orang tersebut sudah sangat kelelahan dan ingin segera beristirahat tidur sehingga besok harinya, dia bisa melakukan aktivitas seperti biasa kembali seperti sedia kala. Tapi ya dengan susah payah dicoba, tetap tidak bisa mencapai tidur yang hakiki atau tidur pulas.
cara mengatasi insomnia agar cepat tidur

Bukan tanpa sebab insomnia diderita oleh seseorang, banyak sebab yang bisa ditimbulkan sehingga orang mengalami insomnia. Beberapa di antaranya adalah:

Penyebab Umum Insomnia

1. Stress

Stress bisa menyerang siapa saja, bisa anak muda, orang tua, orang lanjut usia, bahkan anak-anak atau balitapun bisa mengalami insomnia. Orang mengalami stress akan terus menerus dilanda kesedihan/ kekhawatiran sehingga terganggu tidurnya. Oleh karena itu hindari stress agar tidak terkena insomnia

2. Takut

Jika seseorang besoknya akan menjalani sidang skripsi atau tesis, bisa jadi kalau tidak siap, orang tersebut akan mengalami insomnia. Mengapa demikian? Sebab orang tersebut terlalu memikirkan apa yang akan terjadi besok, jika tidak bisa menjawab apa yang ditanyakan oleh dosen penguji, mungkin skripsi ini tidak lulus. Atau apabila tidak bisa menjawab mungkin saya akan mengulang skripsi. Itulah contoh ketakukan yang bisa menyebabkan orang kesulitan tidur atau insomnia

3. Menderita sakit

Orang yang sedang menderita penyakit tertentu salah satu gejalanya adalah terkena insomnia. Dia akan sulit tidur di malam hari dimana orang lain tidur, dia akan terjaga sendiri.
Itulah beberapa penyebab mengapa seseorang bisa mengalami insomnia dalam hidupnya. Setelah tahu sebabnya, pasti ada hal yang bisa diakibatkan jika terus menerus mengalami insomnia. Hal yang paling jelas adalah kesehatan akan terganggu. Sebab malam hari adalah waktunya tidur bagi seseorang, sementara dia sendiri terjaga di malam hari maka secara otomatis keseimbangan hidup tidak seimbang dan rentan sekali mengalami masalah kesehatan.

Bagaimana Untuk Menghilangkan Insomnia agar tidak Berkepanjangan?

1. Menenangkan Diri

Agar anda bisa menyembuhkan insomnia, hal yang paling krusial adalah dengan menenangkan diri. Bagi anda yang beragama Islam, paling mudah untuk menenangkan diri adalah dengan berdzikir kepada Alloh. Lakukan sholat 5 waktu secara rutin, ditambah dengan sholat-sholat sunah lainnya.

2. Membaca

Aktivitas membaca memang cukup efektif untuk membawa seseorang menjadi lebih cepat untuk tidur. Bacalah apa saja yang menurut anda menarik ketika akan tidur. Meskipun membaca sambil tiduran tidak dianjurkan, namun untuk mengatasi insomnia, bisa anda lakukan.

3. Singkirkan HP

Bagi anda yang sangat ketagihan dengan handphone, usahakan untuk menyingkirkan sejenak menjelang waktu tidur anda yang namanya Handphone. Memang penting untuk mengetahui segera berita berita terbaru dari teman teman kita atau dari situs berita terkenal seperti detik.com. namun tidak adalah salahnya demi menyembuhkan penyakit insomnia anda, simpan sejenak hp anda di dalam lemari atau tas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar