--> Skip to main content

Cara Mudah Mendapat Tempat PKL Magang di Instansi Pemerintah

Hallo apa kabar semua, bagi kalian yang sedang bingung mencari tempat pkl atau magang, artikel Cara Mudah mendapat tempat PKL Magang di iIPemerintah bisa membantu kalian yang ingin cepat mendapat tempat untuk simulasi kerja atau PKL/ Magang. PKL atau magang bukan barang baru bagi yang pernah mengenyam pendidikan terutama mereka yang bersekolah di kejuruan atau SMK maupun yang sudah kuliah di perguruan tinggi. 

PKL dan magang menjadi hal wajib yang harus dilakukan oleh mereka yang bersekolah di SMK dan perguruan tinggi. Biasanya untuk SMK waktu magang adalah kelas 3 atau kelas XII, jika kalian para mahasiswa untuk magang biasanya mulai semester 7. Mahasiswa maupun siswa yang magang sudah tentu akan disesuaikan jenis pendidikan yang ditempuh. Kalau SMK jurusan otomotif akan melakukan PKL atau praktek kerja lapangan di bengkel. Kalau SMK jurusan administrasi perkantoran akan memilih tempat PKL di kantor-kantor seperti kantor pemerintah.

Selain untuk mendapatkan nilai salah satu mata pelajaran / mata kuliah. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan magang para siswa dan mahasiswa. Mengikuti magang/ PKL berarti akan menambah nilai plus mereka dalam bekerja. Para siswa dan mahasiswa jadi punya bayangan nantinya setelah lulus akan bekerja di bidang apa. Selain itu mereka juga akan punya pengalaman seperti apa sih dunia kerja yang sesungguhnya.
Cara mudah mendapatkan tempat magang di instansi pemerintah

Namun sebelum para siswa dan mahasiswa magang, ada hal-hal yang harus mereka lalui hingga akhirnya bisa magang maupun praktek kerja lapangan. Mereka para siswa dan mahasiswa harus mencari tempat atau lokasi untuk mereka bisa magang terlebih dahulu. Meskipun kegiatan magang/ PKL adalah wajib dan para siswa/ mahasiswa ini rela untuk tidak mendapatkan uang saku dari tempat mereka magang/ pkl namun tetap saja mendapatkan tempat magang dan pkl adalah yang cukup sulit.

Sulitnya tempat untuk magang/ PKL seperti halnya sulitnya mencari kerja. Untuk itu pada artikel ini sengaja kami mengupas tentang langkah agar segera mendapatkan tempat magang/ PKL di instansi pemerintah.

Cara Paling Mudah Mendapatkan Tempat Magang/ PKL di Dinas/ Instansi Pemerintah

Cara ini tidak untuk kalian yang memiliki Bapak/ Ibu atau Saudara yang bekerja di Instansi Pemerintah. Sebab biasanya mereka yang punya link/ channel di Instansi pemerintah pasti akan lebih mudah mendapatkan tempat magang.

Pertama yang harus kalian lakukan adalah mendata terlebih dahulu instansi mana saja yang kalian anggap paling relevan dengan pendidikan yang kalian tempuh. Selanjutnya hubungi ke bagian tata usaha di tiap tujuan tempat kalian magang apakah membutuhkan mahasiswa atau siswa magang atau tidak. Jika membutuhkan maka langsung kalian menghubungi bagian umum atau administrasi di sekolah atau kampus untuk membuatkan surat permohonan magang. Dalam surat permohonan magang tersebut, sebutkan:
  1. Nama
  2. tempat tanggal lahir
  3. Tempat tinggal
  4. Latar belakang pendidikan
  5. Tujuan magang/ PKL
  6. Waktu apakah 1 bulan/ 2 bulan
Kalau sudah mendapatkan surat permintaan magang dari sekolah/ kampus, langsung dikirimkan ke tempat kalian akan magang sambil memastikan kapan bisa mulai magang/ pkl.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar