--> Skip to main content

Keutamaan Membaca Sholawat Salah Satu Diantaranya Doa Langsung Terkabul

Bagi anda yang belum tahu, sholawat nabi memiliki keutamaan yang sangat besar. Meskipun terkesan simpel dan sederhana namun bukan berarti pahalanya tidak ada, atau mungkin ada yang menganggap membaca sholawat hanya membuang buang waktu saja. Tentu tidak, banyak sekali keutamaan membaca sholawat. Dalam setiap pun ada saatnya membaca sholawat nabi, yaitu ketika tahiyat baik itu tahiyat awal maupun tahiyat akhir.
keuatamaan membaca sholawat nabi

Dalam Hadist maupun Alquran sendiri diperintahkan membaca sholawat. Seperti dengan bacaan sholawat dengan text paling singkat sekalipun yaitu "Allohumma Solli'ala muhammad "anda sudah memperoleh pahala membaca sholawat. Dalam hadist nabi yang diriwatkan oleh Amr Bin Ash, salah satu sahabat nabi menjelaskan dengan hanya membaca sholawat nabi sebanyak sekali saja, Alloh akan memberi rahmat kepada orang yang membacanya sebanyak sepuluh. Apalagi jika dibaca berulang-ulang, pasti Alloh lebih banyak lagi memberikan rahmatnya.

Dalam hadist lain yang diriwatkan oleh Ibnu Majah dan Imam Tabrani, menjelaskan bahwa siapa saja orang yang bersholawat nabi maka para malaikat akan mendoakan keselamatan untuk orang tersebut baik jika orang tersebut membaca sholawat sedikit apalagi membaca banyak. Untuk itu, janganlah tinggalkan sholawat, mulailah untuk bersholawat, apalagi saat maulid nabi Muhammad, banyak-banyaklah membaca solawat.

Keutamaan Membaca Sholawat Nabi

1. Doa Terkabul

Adab dalam berdoa ada diawali dengan memuji Alloh dan bersholawat nabi. Tanpa diawali dengan memuji Alloh misal membaca Alhamdulillah dan sholawat, doa tidak terkabul. Padahal sholawat sangat pendek, hanya 11 suku kata jika tidak membacanya akan menyebabkan doa yang anda panjatkan menjadi terhalang. Yuk, mulailah banyak membaca sholawat, apalagi saat berdoa, insyaalloh Alloh akan mengabulkan doa-doa yang anda panjatkan.

2. Alloh akan merahmati

Kira-kira apa yang akan membuat kita masuk surga nanti? Apakah karena sholat kita atau sedekah kita atau karena tahajud kita atau karena amal yang lain? Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa tidak akan ada yang masuk surga dengan amal ibadah sekalipun itu adalah nabi Muhammad melainkan hanya dengan kasih sayang Alloh. Kasih sayang Alloh  berarti dengan rahmat Alloh. 

Dengan sholawat nabi yang sangat singkat ini "Allohumma solli'ala muhammad" Alloh akan langsung memberikan rahmatNya kepada orang yang membacanya sebanyak sepuluh kali. Ini salah satu keutamaan membaca sholawat yang sangat agung.

3. Memperoleh Ampunan Alloh

Keutamaan dan fadilah membaca solawat selanjutnya adalah anda akan memperoleh ampunan dari Alloh. Alloh memerintahkan. Bagi siapapun yang membaca sholawat, malaikat akan mendoakan mereka dan memintakan ampunan kepada Alloh untuk orang tersebut. Apalagi jika dibaca dengan sungguh-sungguh hingga hadir dalam hati, insyaalloh Alloh akan memberikan pahala yang besar.

4. Membukakan Pintu Rizki

Orang yang rajin membaca sholawat, tidak akan kesulitan dalam hal rizki. Alloh akan melapangkan rizkinya.

5. Rasulullah SAW pun bersholawat untuk orang yang membaca sholawat

Sesuai dengan hadist yang diriwayakan oleh Thabrani, apabila seseorang bersholawat, maka Rosululloh pun akan bersholawat untuk nya. Selain itu, alloh akan menambahkan 10 kebaikan untuknya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar